Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Simak Fitur AI Chat GPT untuk Permudah Proses Coding

Belajar Data Science di Rumah 11-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/63295fcd-da34-4248-b52c-0fad6499c718-2023-07-12-030700_x_Thumbnail800.jpeg

Saat ini terdapat berbagai teknologi yang semakin berkembang dari waktu ke waktu. Salah satunya adalah fitur chatbot. Pada teknologi artificial intelligence salah satu yang sedang viral adalah Chat GPT. Chat GPT adalah chatbot AI yang dapat digunakan untuk melakukan percakapan dalam teks. Chat GPT memiliki berbagai kegunaan seperti menjawab pertanyaan sulit, mengerjakan esai dan tugas matematika, mengerjakan coding, dan lainnya. Berbagai fitur AI Chat GPT juga dapat digunakan untuk coding di DQLab.


Artificial intelligence adalah teknologi kecerdasan buatan merupakan salah satu hal yang sering digunakan untuk membantu pekerjaan manusia dengan menggunakan mesin. Artificial intelligence ini juga memiliki beberapa penerapan seperti melihat peta dengan Google Maps, membuka smartphone dengan sidik jari atau pengenalan wajah, mempermudah sistem dalam perusahaan, adanya virtual assistant, dan masih banyak lainnya.


1. Manfaat ChatGPT

Saat ini penggunaan Chat GPT menjadi salah satu hal yang cukup menarik. Chat GPT ini merupakan salah satu fitur chatbot yang dikeluarkan oleh Open AI. Chat GPT kini sering digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari menjawab pertanyaan-pertanyaan singkat sampai bisa mengerjakan tugas tertentu. Bahkan, Chat GPT juga bisa memberikan arahan atau tutorial kepada penggunanya terkait pengerjaan sesuatu loh. Beberapa manfaat Chat GPT antara lain seperti dapat menulis surat lamaran dan resume, dapat membantu mengerjakan tugas esai, membantu programmer dalam menyelesaikan kode, dan dapat pula memberikan saran tentang kehidupan dan aspek lainnya.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Kelebihan dan Kekurangan Chat GPT

Setiap fitur kecanggihan teknologi masa kini tentu memberikan berbagai dampak kepada penggunanya baik itu berupa kelebihan maupun kekurangan. Sama halnya dengan Chat GPT, dengan kepopulerannya kini, Chat GPT dikenal memiliki kelebihan seperti peka terhadap penyesuaian kueri, gaya bahasa yang tidak kaku, cepat dalam menjawab, mudah digunakan, dan lainnya. Selain beberapa kelebihan di atas, Chat GPT juga memiliki beberapa kekurangan seperti dapat memberikan jawaban yang salah, memerlukan update terhadap isu masa kini, tidak memahami realita, dan tidak bisa menggeser pekerja kreatif.


3. Fitur Chat GPT

Chat GPT hampir sama seperti beberapa sistem kecanggihan teknologi artificial intelligence lainnya yaitu memiliki ciri khas dan berbagai fitur yang dapat digunakan. Untuk proses coding, beberapa fitur Chat GPT untuk coding antara lain seperti memiliki pemahaman bahasa alami yang canggih, termasuk ke dalam kecerdasan buatan tingkat lanjut, memiliki kemampuan generasi bahasa alami, tersedia selama 24 jam, memiliki kemampuan multi bahasa, skalabilitas yang tinggi dan terintegrasi dengan aplikasi serta layanan lainnya.


4. Cara Mudah Menggunakan Chat GPT

Setelah mengetahui beberapa seluk beluk terkait Chat GPT, sepatutnya kita mengerti pula bagaimana cara mudah menggunakan Chat GPT ini. Beberapa langkah mudah yang bisa kita ikuti antara lain:

  • mengunjungi situs Open AI dengan tautan chat.openai.com

  • log in atau sign up

  • verifikasi akun

  • menyetujui syarat dan ketentuan

  • Chat GPT dapat digunakan dan silahkan mengajukan pertanyaan.


Bcaa juga : Artificial Intelligence vs Machine Learning


Fitur Chat GPT beserta dengan kelebihan serta kekurangannya kini telah kita ketahui, Chat GPT ini berbasis artificial intelligence dimana hal itu dapat kita pelajari mulai dari sekarang dan dimana saja.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login