FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 18 Menit 39 Detik 

Sumber Data Sekunder dan Primer? Intip Versi DQLab Yuk

Belajar Data Science di Rumah 09-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9bf125a2ae69c0136381e581f5c8aabc_x_Thumbnail800.jpg

Tahukah kamu, bahwa sumber data primer dan data sekunder menjadi hal yang sangat akrab bagi para peneliti. Pasalnya, untuk melakukan suatu penelitian, tentu akan membutuhkan data sehingga bisa menghasilkan kesimpulan dan insight bagi para peneliti. Jika sumber data dikelompokkan berdasarkan teknik pengumpulannya, maka data ini memang terbagi menjadi dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. 


Data primer dapat digunakan dalam jenis penelitian kualitatif maupun kuantitatif, begitu juga dengan data sekunder. Namun dalam beberapa penelitian, kedua data ini akan digunakan secara bersamaan. Biasanya data sekunder digunakan sebagai pelengkap data primer yang kurang mampu menjawab permasalahan yang ada.


Sumber data primer merupakan data yang dikumpulkan secara langsung oleh peneliti dengan cara terjun langsung ke lapangan. Sehingga peneliti bisa memastikan keakuratan dari data yang akan digunakan dalam penelitian. Sementara sumber data sekunder merupakan data yang telah dikumpulkan oleh orang atau pihak lain sebelumnya. Biasanya data ini sudah digunakan dalam penelitian terdahulu atau digunakan untuk kepentingan lainnya. 


Namun tahukah kamu secara detail mengenai sumber data primer dan sekunder yang sering digunakan dalam penelitian? Yuk, cari tahu bareng DQLab!


1. Apa Itu Sumber Data?

data sekunder

Sumber data adalah subjek di mana data bisa diperoleh. Sumber data bisa berbentuk manusia individu maupun kelompok, wilayah, benda dan sebagainya. Jika dikelompokkan berdasarkan metode pengumpulan sumber data, terdapat dua macam sumber data, yakni sumber data primer dan sumber data sekunder.


Jika sebuah penelitian ketika pengambilan datanya memakai wawancara atau kuesioner, maka sumber datanya dinamakan responden. Artinya adalah seorang yang menjawab atau merespon sebuah pertanyaan yang dilontarkan oleh peneliti, dimana pertanyaan bisa berupa lisan atau tulisan. Jawaban-jawaban dari responden tersebutlah nantinya yang akan menjadi sebuah data atau informasi, dimana disebut dengan data primer. Sedangkan apabila pengambilan datanya menggunakan cara observasi, maka jenis sumber data yang bisa diperoleh merupakan benda atau aktivitas proses suatu hal. 


Baca juga : Teknik Pengumpulan Data Sekunder, Apa Saja Sumber Data yang Bisa Digunakan?


2. Sumber Data Primer

data sekunder

Sumber data primer merupakan sekumpulan informasi tentang suatu peristiwa atau objek yang dimana proses pengumpulan datanya akan melibatkan beberapa orang yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian tersebut.  Sebagian besar proses pengumpulan data dilakukan dengan berbagai cara, seperti melalui kegiatan survey, observasi langsung mengenai keadaan di lapangan, menyebarkan kuesioner, melakukan wawancara langsung ke narasumber, serta dengan menggunakan media-media lainnya.


Selain itu kebanyakan orang yang mengumpulkan data primer adalah lembaga resmi pemerintah, penelitian, lembaga swasta berbasis penelitian, dan lain lain.


3. Sumber Data Sekunder

data sekunder

Sumber data sekunder adalah data yang didapatkan tanpa perlu melakukan wawancara, survey, observasi dan teknik pengumpulan data tertentu lainnya. Tidak jarang data sekunder digunakan dalam sebuah penelitian sebagai data pelengkap jika data primernya tidak mampu menjawab permasalahan yang ada hingga tuntas. Karena jika harus mengambil data primer lagi, tentu akan memakan waktu yang lebih lama dan biaya yang lebih banyak. 


Jika dibandingkan dengan data primer, data sekunder memiliki sumber yang jauh lebih banyak karena proses pengumpulan data sekunder hanya mengumpulkan data yang telah ada sebelumnya.  Peneliti bisa memanfaatkan berbagai sumber untuk mendapatkan data sekunder, seperti artikel jurnal, situs publikasi pemerintah, buku, catatan internal sebuah perusahaan/organisasi, serta sumber lainnya. Kemajuan teknologi saat ini membuat banyak data sekunder yang tersedia di internet. Hal ini akan membuat proses pengumpulan data menjadi jauh lebih cepat.


4. Metode Pengumpulan Data

  • Survey Kuesioner

    Survey merupakan salah satu metode pengumpulan data yang sering digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data primer. Dengan menggunakan survey, setiap orang yang telah dipilih untuk menjadi sampel penelitian akan diberikan pertanyaan/percobaan yang bertuju kepada rumusan masalah dalam penelitian. Kemudian jawaban yang didapat akan dicatat, diolah, serta dilakukan analisis lebih lanjut. Orang yang dipilih menjadi sampel adalah orang yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan atau terlibat dalam peristiwa/kejadian tertentu. Survey biasanya akan digunakan untuk mengumpulkan data dari tempat yang alamiah.


  • Wawancara

    Wawancara merupakan metode pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung antara pencari data maupun peneliti terhadap narasumber atau sumber data. Wawancara pada penelitian sampel besar biasanya hanya dilakukan sebagai studi pendahuluan karena tidak mungkin menggunakan wawancara pada 1000 responden, sedangkan pada sampel kecil teknik wawancara dapat diterapkan sebagai metode pengumpulan data. Teknik wawancara umumnya digunakan untuk jenis tipe kualitatif.


  • Media Cetak dan Elektronik

    Sumber dari data sekunder dapat diperoleh melalui media cetak dan elektronik. Seperti yang telah disebutkan bahwa data sekunder berasal dari pihak ketiga dimana data tidak dikumpulkan langsung oleh peneliti. Data sekunder dari media cetak bisa didapatkan dari koran, majalah, artikel, dan lain sebagainya. Sedangkan data sekunder dari media elektronik bisa didapatkan dari siaran televisi, radio, sosial media, dan lain sebagainya. Seiring perkembangan zaman, data sekunder dapat dengan mudah diperoleh dari media elektronik. Mengingat hampir semua aktivitas menggunakan teknologi di era digital ini.


  • Data Resmi dari Perusahaan atau Instansi

    Salah satu sumber data sekunder lainnya yang bisa dimanfaatkan adalah data yang berasal dari perusahaan atau instansi tertentu. Di perusahaan biasanya akan selalu ada yang dicatat secara internal yang berhubungan dengan performa perusahaan. Umumnya data sekunder yang bersumber dari perusahaan biasanya digunakan oleh mahasiswa yang sedang melakukan praktek kerja lapangan di perusahaan tersebut.


Baca juga : Metode Pengumpulan Data Sekunder, Bisa Menggunakan Apa Saja Sih?


5. Belajar Mengolah Data Bareng DQLab, Yuk!

Sudah tahu kan sumber-sumber data primer dan sekunder? Jika sudah memahaminya, sekarang kamu bisa melanjutkan belajar mengolah data. Kamu bisa menggunakan data dari sumber-sumber tersebut dan mengolahnya dengan berbagai metode yang sesuai. Bingung mulai dari mana?


Yuk, mulai bareng DQLab dengan daftar di DQLab.id! Kamu bisa dapat akses gratis untuk belajar bahasa pemrograman R dan Python yang berisi materi pengenalan dan pengolahan data dengan bahasa pemrograman tersebut. Bersama mentor data profesional dan member-member data lainnya akan membuat pengalaman belajarmu jadi lebih seru!

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :