2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 12 Jam 50 Menit 34 Detik

Tanpa Sadar Ini 4 Contoh AI dalam Keseharian!

Belajar Data Science di Rumah 23-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-09-2024-04-23-175531_x_Thumbnail800.jpg

Sering berakhir checkout belanjaan padahal cuma ingin scroll e-commerce? Tanpa sadar rekomendasi-rekomendasi yang muncul ketika kalian scrolling ini merupakan contoh penggunaan artificial intelligence. Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi satu ini memang semakin banyak dimanfaatkan di kehidupan sehari-hari kita. Apalagi contoh lainnya? Langsung kita ulas pada pembahasan berikut ini!


1. Asisten Virtual

Artificial Intelligence

Asisten virtual merupakan contoh yang sangat umum dari penggunaan AI dalam kehidupan sehari-hari. Mereka adalah aplikasi atau sistem komputer yang menggunakan teknologi pemrosesan bahasa alami dan pembelajaran mesin untuk berinteraksi dengan pengguna dan menjalankan berbagai tugas.


Misalnya, Google Assistant, Siri, dan Alexa tidak hanya mampu menjawab pertanyaan kalian, tetapi juga mampu mengeksekusi perintah, seperti mengatur pengingat, membuat catatan, menemukan informasi online, atau memutar musik, semuanya hanya dengan berbicara. Asisten virtual ini terus berkembang dengan kemampuan baru dan semakin terintegrasi dengan perangkat dan layanan lain.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Pengenal Wajah

Artificial Intelligence

Pengenal wajah adalah teknologi AI yang digunakan untuk mengidentifikasi individu berdasarkan ciri-ciri unik dari wajah mereka. Ini menjadi semakin umum dalam kehidupan sehari-hari, digunakan dalam berbagai konteks seperti keamanan perangkat, pengaturan privasi, dan identifikasi otomatis. Misalnya, fitur Face ID di iPhone menggunakan pengenal wajah untuk membuka kunci perangkat, mengamankan data pribadi, dan melakukan pembelian dengan verifikasi identitas yang cepat.


Di tempat umum, seperti bandara atau gedung perkantoran, sistem pengenal wajah digunakan untuk mengawasi akses dan memantau kehadiran, meningkatkan keamanan dan efisiensi. Namun, penggunaan teknologi pengenal wajah juga menimbulkan berbagai pertanyaan etis dan privasi, dan diperlukan regulasi yang cermat untuk memastikan penggunaannya aman bagi masyarakat.


3. Rekomendasi Produk

Artificial Intelligence

Rekomendasi produk adalah salah satu aplikasi yang sangat terkenal dari kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari. Layanan e-commerce seperti Amazon, platform streaming seperti Netflix, dan layanan musik seperti Spotify menggunakan algoritma AI untuk menganalisis pola pembelian atau pemutaran pengguna, serta preferensi mereka, guna memberikan rekomendasi yang relevan.


Misalnya, saat kalian berbelanja online, sistem rekomendasi produk dapat menyarankan item yang sering dibeli oleh pengguna lain dengan preferensi serupa, atau item yang sesuai dengan riwayat penelusuran dan pembelian kalian sebelumnya. Hal serupa terjadi dalam platform hiburan seperti Netflix, di mana AI menganalisis film atau acara yang kalian tonton untuk merekomendasikan konten serupa yang mungkin kalian nikmati.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Mobil Otonom

Artificial Intelligence

Mobil otonom, sebuah perwujudan nyata dari kecerdasan buatan, telah mengubah cara kerja transportasi dengan memungkinkan kendaraan untuk beroperasi tanpa perlu intervensi manusia secara langsung. Teknologi AI diintegrasikan ke dalam mobil otonom untuk memungkinkan kendaraan mengenali lingkungan sekitarnya, mengambil keputusan, dan mengarahkan kendaraan dengan aman dan efisien.


Misalnya, mobil otonom yang dikembangkan oleh perusahaan seperti Tesla, Google, dan Uber menggunakan berbagai sensor seperti lidar, radar, dan kamera, yang bekerja bersama-sama dengan algoritma machine learning untuk mengidentifikasi dan merespons kondisi jalan, kendaraan lain, pejalan kaki, dan rintangan lainnya.


Yuk, eksplorasi lebih jauh lagi contoh penggunaan AI bersama DQLab. Modul ajar di platform ini dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Jadi, tidak terbatas seperti contoh di atas, nih. DQLab juga mengintegrasikan modul dan ChatGPT , sehingga:

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail rumus yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan rumus yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada rumus

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login