DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 36 Menit 21 Detik 

Teknik Analisis Data Deskriptif dan Inferensial

Belajar Data Science di Rumah 10-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/287c4d0247e2316526dfff0e0ae3c475_x_Thumbnail800.jpg

Analisis data merupakan salah satu tahapan penting dalam proses penelitian. Proses analisis data ini memerlukan penggunaan teknik analisis data yang sesuai dengan jenis data serta tujuan penelitian. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ada dua, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Pada data kualitatif dimana data tersebut tidak dapat disajikan dalam bentuk bilangan atau angka, melainkan dalam bentuk verbal (lisan atau kata) menggunakan teknik analisis data kualitatif. Adapun pada data kuantitatif dimana data dapat disajikan dalam bentuk angka atau bilangan menggunakan data kuantitatif. Adapun beberapa contoh teknik analisis data akan dijelaskan pada artikel berikut ini.


Penelitian kuantitatif merupakan penelitian ilmiah yang bertujuan mengembangkan model-model matematis atau teori maupun hipotesis yang berkaitan dengan fenomena yang akan diteliti. Sesuai dengan jenis penelitiannya, maka penelitian kuantitatif pun menggunakan data kuantitatif serta teknik analisis data kuantitatif. Teknik analisis data kuantitatif biasanya meliputi rumus-rumus statistik di dalamnya, beberapa diantaranya yaitu analisis regresi, analisis korelasi, analisis deskriptif, analisis komparatif, dan lainnya. 


1. Teknik Analisis Data Kuantitatif

Teknik analisis data kuantitatif teknik yang digunakan untuk menganalisis data kuantitatif, yaitu data yang berbasis angka baik itu data kategorik maupun data numerik. Teknik ini dapat digunakan untuk mengolah data statistik, data hasil survei, atau lainnya. Teknik analisis data ini terbagi menjadi dua, yaitu analisis data kuantitatif deskriptif dan analisis data kuantitatif inferensial. Adapun pemilihan teknik yang tepat dapat disesuaikan dengan tipe data serta tujuan penelitian.


Baca juga : Teknik Analisis Data yang Pemula Wajib Coba


2. Tahapan Pengolahan Data

Setelah mengetahui pengertian terkait analisis data dan teknik analisis data, maka selanjutnya kita perlu mengetahui apa saja tahapan yang perlu dilaksanakan di awal analisis data yang secara umum terbagi menjadi tiga, yaitu

  1. penyuntingan, memeriksa data dan menyunting data yang diperlukan

  2. pengkodean, memberikan simbol atau tanda terhadap data penelitian, atau dapat pula menggunakan algoritma tertentu menggunakan bantuan aplikasi

  3. tabulasi, menyusun dan menghitung hasil pengkodean yang akan disajikan dalam bentuk tabel

Teknik Analisis Data


3. Analisis Data Deskriptif


Analisis data deskriptif adalah salah satu teknik analisis data kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau memberikan gambaran data yang telah dikumpulkan oleh peneliti tanpa tujuan membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum. Pada penelitian kuantitatif, analisis data deskriptif digunakan untuk mengetahui karakteristik data yang meliputi perhitungan nilai rata-rata, nilai tengah, nilai variansi, nilai maksimum dan nilai minimum, standar error, nilai rentang, kecekungan, kutorsis, dan lainnya.

Teknik Analisis Data


4. Analisis Data Inferensial

Analisis data inferensial juga merupakan salah satu teknik analisis data kuantitatif yang digunakan untuk menganalisis data sampel. Jika pada analisis data deskriptif tidak dapat mengambil kesimpulan yang berlaku untuk umum, maka pada analisis data inferensial bisa diambil kesimpulan dari sampel data yang berlaku untuk populasi. Pada analisis data inferensial ini biasanya menggunakan rumus statistik yang lebih mendalam dan lebih rumit. 

Adapun contoh dari statistik inferensial antara lain seperti analisis regresi, uji hipotesis, analisis komparasi, dan lain-lain.


Baca juga : Step Teknik Analisis Data Penelitian Deskriptif Kualitatif


5. Kenali Dasar Teknik Analisis Data bersama DQLab!

Teknik analisis data merupakan langkah penting dalam kegiatan penelitian, terdapat beberapa teknik analisis data yang dapat digunakan sesuai dengan jenis data. Untuk mengenali dasar-dasar teknik analisis data kita bisa sama-sama belajar di DQLab. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Cara bergabungnya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!