PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 0 Menit 23 Detik 

Teknik Analisis Data Kuantitatif yang Populer Digunakan

Belajar Data Science di Rumah 14-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/033a8ed09b482109d2cf77276e2a1753_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data merupakan suatu cara yang digunakan untuk proses analisis data, dimana bertujuan untuk menentukan kesimpulan secara keseluruhan dari data yang digunakan dalam penelitian.


Berbagai contoh teknik analisis data sudah sering dijumpai dan digunakan dalam banyak penelitian. Penggunaan teknik analisis data tergantung dengan jenis data yang digunakan dalam penelitian serta rumusan masalah yang digunakan.


Teknik analisis data secara umum terbagi menjadi dua jenis, yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Teknik analisis data kuantitatif digunakan pada penelitian yang menggunakan data kuantitatif dan biasanya berfokus pada kuantitasnya.


Adapun teknik analisis data kualitatif digunakan pada penelitian yang menggunakan data kualitatif yang mana lebih berfokus pada kualitasnya, semakin lengkap penjelasanya maka data cenderung lebih bagus. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa contoh teknik analisis data kuantitatif. 


1. Analisis Deskriptif

Teknik analisis deskriptif merupakan teknik analisis data yang bertujuan untuk memberikan gambaran umum terkait data penelitian. Pada penelitian kuantitatif, analisis deskriptif ini seringkali digunakan untuk memberikan gambaran statistik yang memudahkan pembaca dalam memahami data.


Terdapat beberapa hal yang biasanya ditampilkan dalam analisis deskriptif kuantitatif yaitu mean median, frekuensi, modus, range, standar deviasi, skewness, dll.

teknik analisis data


Baca juga: Simak Tips Gampang Cara Implementasi Teknik Analisis Data


2. Analisis Inferensial

Teknik analisis data kuantitatif selanjutnya adalah teknik analisis inferensial. Teknik analisis data ini bertujuan untuk menarik kesimpulan kemudian hasilnya dapat digeneralisasikan ke seluruh populasi. Adapun data yang digunakan dalam proses analisis data adalah data sampel yang mewakili populasi.


Biasanya teknik analisis ini digunakan untuk menemukan hubungan antara beberapa variabel. Terdapat beberapa uji statistik yang sering digunakan dalam penelitian, antara lain uji-T, anova, analisis regresi, analisis korelasi, analisis faktor, dll.

teknik analisis data


3. Analisis Komparatif

Analisis komparatif merupakan salah satu teknik analisis data kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan atau tidak pada dua jenis data variabel, membuat generalisasi berdasarkan cara pandang atau pola pikir, menyelidiki hubungan sebab-akibat dengan berdasarkan pengamatan tertentu.


Terdapat beberapa bentuk teknik analisis komparatif yaitu perbandingan kontras secara individual (individualizing comparison contrasts), perbandingan universal (universalizing comparison), perbandingan penemuan variasi (variation finding comparison), dan perbandingan cakupan (encompassing comparison).

teknik analisis data


4. Analisis Diskriminan

Analisis diskriminan merupakan teknik analisis data kuantitatif yang digunakan pada hubungan antar variabel yang sudah bisa dibedakan antara variabel respon dan variabel penjelas. Teknik ini merupakan teknik yang akurat untuk memprediksi seseorang termasuk ke dalam kategori apa dengan catatan data yang dilibatkan juga terjamin akurasinya.


Terdapat lima tahapan dalam analisis diskriminan, yaitu merumuskan masalah, mengestimasi koefisien fungsi diskriminan, menginterpretasi hasil, uji signifikan dan validasi fungsi diskriminan.

teknik analisis data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


Penelitian kuantitatif ini merupakan jenis penelitian yang sering digunakan dalam kegiatan penelitian. Teknik analisis data kuantitatif yang digunakan pun beragam jenisnya, tergantung dengan permasalahan yang ingin diselesaikan. Ingin mengenal lebih lanjut terkait penggunaan teknik analisis data? Yuk, simak di DQLab!


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :