PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 5 Jam 20 Menit 3 Detik 

Teknik Analisis Data: Pengertian, Macam dan Tahapannya

Belajar Data Science di Rumah 13-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e79b3311b472d5c0f5b5aadfa0812212_x_Thumbnail800.jpg

Pada era digitalisasi ini tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan data pun semakin cepat dan dalam volume yang besar pula. Hal ini menjadi salah satu pemicu penerapan teknik analisis data di berbagai sektor. Namun saat ini pun masih ada yang belum mengerti apa pengertian teknik analisis data. Secara umum, teknik analisis data merupakan metode yang digunakan untuk mengolah data baik data kualitatif maupun kuantitatif untuk menghasilkan informasi. 


Teknik analisis data terbagi menjadi dua, yaitu teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif merupakan metode yang digunakan untuk mengolah data kuantitatif yaitu data yang dapat disajikan dalam bentuk angka atau bilangan. Sedangkan teknik analisis data kualitatif merupakan metode yang digunakan untuk mengolah data kualitatif yaitu data yang tidak dapat disajikan dalam bentuk angka atau bilangan, melainkan dalam bentuk verbal baik melalui lisan atau kata-kata.


1. Pengertian Teknik Analisis Data Menurut Para Ahli

Pengertian teknik analisis data menurut John Tukey, seorang ahli matematika dari Amerika Serikat menjelaskan bahwa teknik analisis data merupakan prosedur untuk menganalisis data yang mencakup penafsiran data yang sudah dianalisa. Teknik analisis data harus dipilih dengan tepat sesuai dengan jenis data dan tujuan penelitian, tujuannya agar hasil yang didapatkan lebih akurat dan dapat diterapkan pada proses analisis jenis data apapun. 

Teknik Analisis Data


Baca juga : Teknik Analisis Data yang Pemula Wajib Coba


2. Teknik Analisis Data Kuantitatif

Pada bagian sebelumnya telah diberi sedikit pengertian mengenai teknik analisis data kuantitatif. teknik ini dapat digunakan untuk mengolah data seperti data hasil survei, data statistik, dll. Teknik analisis data kuantitatif sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu analisis data deskriptif dan analisis data inferensial. Secara singkat, analisis data deskriptif bertujuan untuk menilai karakteristik dari data. Adapun analisis data inferensial bertujuan untuk menghasilkan kesimpulan atau output yang dapat berlaku secara umum.


3. Teknik Analisis Data Kualitatif

Jika pada teknik analisis data kuantitatif yang dianalisis yang dianalisis adalah data berupa angka, maka pada teknik analisis data kualitatif data yang dianalisis berbentuk verbal atau kata-kata. Data ini dapat diperoleh melalui proses wawancara, menyebarkan kuesioner, majalah, buku, survei online dll. Adapun beberapa contoh teknik analisis yang sering digunakan antara lain seperti analisis konten, analisis wacana, analisis naratif, studi pustaka, studi dokumen, dll.


4. Tahapan Teknik Analisis Data

Penggunaan teknik analisis data perlu melalui beberapa tahapan yang harus dilalui, yaitu:

  • pengolahan data, proses mengolah data yang didapatkan dengan tujuan untuk membuat data yang lebih sederhana. Proses pengolahan data terdiri menjadi tiga yaitu editing dan coding

  • penganalisisan data, proses menemukan data dan menentukan hipotesis yang perlu diuji

  • penafsiran, bertujuan untuk menemukan kesimpulan dari penelitian yang dilakukan. Hasil penafsiran dapat disajikan dalam bentuk visual yang menarik dan mudah dipahami.

Teknik Analisis Data


Baca juga : Step Teknik Analisis Data Penelitian Deskriptif Kualitatif


5. Kenali Dasar Teknik Analisis Data bersama DQLab!

Teknik analisis data merupakan langkah penting dalam kegiatan penelitian, terdapat beberapa teknik analisis data yang dapat digunakan sesuai dengan jenis data. Untuk mengenali dasar-dasar teknik analisis data kita bisa sama-sama belajar di DQLab. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Cara bergabungnya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :