JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 1 Jam 41 Menit 16 Detik

Terobosan Baru Belajar Coding Lewat AI, Mau Coba?

Belajar Data Science di Rumah 14-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bd748d51968833fa596c7d2ac50aa3fd_x_Thumbnail800.jpeg

Belakangan ini data science merupakan salah satu bidang yang semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Data science menggunakan teknik statistik dan komputasi untuk mengolah dan menganalisis data dalam jumlah yang besar. Apalagi sekarang kita bisa mempelajari data saya sih dengan menggunakan bantuan AI lho! 


Belajar data science melalui AI dapat membantu peserta untuk meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan. Dalam beberapa situasi khususnya di industri, data science sangat penting dalam mengambil keputusan berdasarkan data maupun fakta. 


Dengan menggunakan AI, data science dapat membantu pengguna dalam mengambil keputusan dengan cepat dan akurat. Dalam data saya juga terdapat masalah yang memerlukan keterampilan sehingga dengan menggunakan AI harapannya dapat meningkatkan keterampilan pengguna dalam memecahkan suatu masalah melalui penggunaan algoritma.


DQLab merupakan salah satu platform berbasis AI Powered Learning memungkinkan pengguna untuk belajar data science secara langsung melalui AI. Disini DQLab dalam proses pembelajarannya telah mengintegrasikan artificial intelligence dalam bentuk chatbot untuk membantu peserta dalam menjelaskan praktik dan kesalahan yang dilakukan oleh peserta itu sendiri selama proses pembelajarannya. Nah, kira-kira seseru apa sih belajarnya? Langsung aja kita bahas selengkapnya melalui artikel ini yuk sahabat DQ!


1. Dilengkapi Modul dengan Metode HERO

DQLab menyediakan berbagai kursus maupun latihan di bidang data sayang dengan menggunakan metode HERO dalam penyajian modul maupun materi pembelajaran. Metode HERO sendiri memiliki tiga prinsip utama:


Hands On

Hands on atau praktek langsung merupakan prinsip utama dalam metode HERO di DQLab. Dimana untuk setiap modul yang diakses oleh peserta harapannya bisa langsung dipraktekkan terkait dengan proses pembelajaran yang sudah didapatkan selama belajar online. Adapun fokus pada praktek langsung mencapai 80% dari pembelajaran sehingga membuat peserta menjadi lebih siap dalam menerapkan keterampilan di dunia kerja. Apalagi dengan belajar menggunakan bantuan AI pastinya akan bermanfaat dalam mengembangkan keterampilannya baik dalam bidang data science yang diintegrasikan melalui AI.


Experiential Learning

DQLab juga mendukung pesertanya untuk membagikan pengalaman belajarnya dengan menggunakan fitur Live Code Editor. Disini pengguna bisa langsung mempraktekkan code code yang sudah disiapkan. 


Bilamana ada kendala selama proses pembelajaran misalnya ada error dan code tidak muncul, peserta bisa langsung memanfaatkan fitur Ask AI Chatbot pada user interface belajar online di DQLab. Dengan metode semacam ini tentunya akan memberikan banyak sekali pengalaman belajar yang didapatkan oleh pengguna untuk meningkatkan keterampilan pada bidang data science.


Outcome Based

Setiap modul yang diberikan untuk peserta bertujuan untuk menghasilkan sesuatu setelah peserta itu menyelesaikannya seperti visualisasi data maupun model machine learning yang dapat diterapkan di dunia kerja salah satunya di dunia e-commerce. 


2. Fitur Ask AI Chatbot

Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan oleh peserta ketika belajar di DQLab adalah Fitur Ask AI Chatbot. Fitur ini sangat membantu peserta ketika ada kendala selama proses pembelajaran. Mungkin kalian merasa bahwa code yang kamu ketikkan sudah benar atau merasa tidak ada yang terlewat namun sistem mendeteksi bahwa terjadi kesalahan dalam melakukan penginputan code yang telah dituliskan. Nah kamu bisa memanfaatkan fitur ini lebih lanjut.


3. Belajar Error Secara Langsung

Dalam proses pembelajaran tidak selamanya kita mendapatkan sesuatu yang instan. Pertama kali belajar tentunya tidak melulu langsung benar. Pasti ada saatnya kita melakukan kesalahan. Apalagi ketika kita belajar data science pastinya error selalu terjadi di tengah tengah kita. 


Mengalami error ketika belajar sebenarnya merupakan pengalaman yang sangat berharga karena kita tidak akan pernah tahu bahwa error yang kita dapatkan itu bisa saja menjadi suatu penyemangat agar kita bisa meningkatkan keterampilan lebih lagi. 


Mengutip suatu pepatah yaitu practice makes perfect maka kita juga seringkali mengalami kesalahan maka dari itu dengan adanya kesalahan atau error kita bisa meminta bantuan kepada AI untuk menjelaskan kesalahan apa yang kita lakukan sehingga kita dapat memperbaikinya dengan bantuan chatbot tersebut.


4. Menghasilkan Visualisasi Data dengan AI

Setiap kode yang kita ketik dan tentunya akan memiliki dampak untuk kita sendiri sebagai pembelajar. Di DQLab sendiri disediakan khusus untuk memunculkan grafik terkait kode yang kita tuliskan. Tempatnya dimana? Ada di bagian Graphic. Dengan adanya kemampuan untuk menampilkan grafik atas kode-kode yang sudah kita ketikan tadi maka dapat menunjang kebutuhan peserta untuk mengalami langsung proses pembelajaran yang unik menarik dan menyenangkan.


Yuk eksplorasi penggunaan ChatGPT untuk membuat berbagai rumus excel bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b  berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Reyvan Maulid


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login