GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 1 Jam 38 Menit 7 Detik 

Tidak Memiliki Background IT, Hilman Pantang Menyerah dan Kini Berhasil Berkarir di Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 31-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6b9f698b9962e7ff75e57f145660a04d_x_Thumbnail800.jpg

Berkarir di dunia data adalah kesempatan semua orang. Meskipun data science erat kaitannya dengan sejumlah ilmu eksak, tidak menutup kemungkinan siapa pun dengan ragam bakcground pendidikan bisa memiliki kesempatan yang sama. Hilman Islahuddin misalnya, pria yang mengambil jurusan teknik peternakan saat duduk di bangku perkuliahan ini mengaku dirinya tertarik dengan dunia data science, walaupun tidak memiliki bekal ilmu IT sebelumnya.


“Walaupun saya mengambil jurusan teknik peternakan, saya yakin saya tetap memiliki peluang. Tidak memiliki background IT tidak menjadi halangan bagi saya untuk berkarir di bidang data,” kata Hilman.


Berkat tekadnya yang tinggi dalam menggapai impian sebagai seorang praktisi data, kini Hilman tengah menikmati karirnya sebagai data entry di Jabar Digital Service. Tentu, banyak rintangan yang ia hadapi untuk bisa mencapai kesuksesannya sekarang Namun dengan semangat yang dimiliki, Hilman mampu melewati itu semua. Menurutnya, apa yang kini telah ia raih bisa menjadi langkah awal yang baik untuk karir selanjutnya.


“Saya percaya, posisi ini akan menjadi batu loncatan bagi saya untuk mempersiapkan karir sebagai seorang Data Analyst,” terangnya.


Kali ini, Hilman akan berbagi cerita dan pengalamannya seputar perjuangannya meraih karir di industri data. Simak cerita selengkapnya yuk!


1. Menjadi Peserta DTS, Ini Kompetensi yang Diimplementasikan dalam Kesehariannya!

Selain mempelajari data science secara teori, rupanya Hilman juga turut aktif dalam sejumlah kegiatan yang ada. Salah satunya dengan turut aktif dalam program beasiswa hasil kolaborasi DQLab bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Digital Talent Scholarship (DTS).  Dari pengalamannya tersebut, Hilman mengaku cara pandangnya terhadap data science menjadi semakin terarah. Ia pun menjadi lebih paham dengan tugasnya sebagai data entry. Tidak hanya soal cara pandang, selama mengikuti program DTS Hilman juga mendapatkan pelatihan untuk terbiasa berpikir kritis dan berani mempelajari hal-hal baru.


Baca juga : Pelatihan DTS Pro Data Scientist Batch 1, Adi Aufarachman Belajar Data Science untuk Membaca Data Satelit Indonesia


2. Pemahaman Excel menjadi Nilai Plus

Bagi Hilman, kehadiran Microsoft Excel dalam dunia data tidak bisa disepelekan. Sebab, software yang satu ini menjadi nilai lebih untuk memulai karir di ranah industri. Hilman mengaku dirinya sangat terbantu dengan adanya Excel dalam mempelajari proses pengolahan data. Beragam fitur dan tampilan yang sederhana membuat Excel menjadi tools yang mudah dipahami. Oleh sebab itu, software ini adalah pilihan tepat bagi kamu yang baru mau memulai perjalan karir di dunia data.


“Walaupun saya lulusan teknik peternakan, saya memiliki bekal Excel yang cukup untuk proses pengolahan data di perusahaan. Bermodal SPSS saya yakin bahwa saya bisa berkarya untuk proses pengolahan data,” pengakuan Hilman.


3. Tips Mempelajari Data untuk Pemula Versi Hilman

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kamu baru memulai pembelajaran data science. Yang pertama adalah mengasah kemampuan risetmu dengan mengenal sejumlah tools data science seperti Python, SQL, dan Tableau. Kemudian, barulah mulai pelajari kompetensi dan skill tersebut satu-persatu. Kamu bisa mempelajarinya melalui video pembelajaran maupun artikel yang bisa kamu temui di dunia maya. Terakhir yang perlu kamu lakukan adalah dengan memaksimalkan belajarmu dengan mengikuti kursus online. Hal ini penting untuk memperdalam kompetensi dan skill yang sedang kamu pelajari. Intinya, jangan pernah puas dan berhenti untuk belajar ya!


Baca juga : Mengenal Excel : Modal Dasar Seorang Data Scientist, Profesi Populer Masa Kini


4. Yuk, Ikuti Kursus Online Data Science di DQLab!

Menjalani aktivitas di tengah masa pandemi seperti ini memang bukan hal yang mudah. Sebab, kamu tidak bisa melakukannya di sembarang tempat, terlebih di ruang publik. Untuk itu, kursus online adalah solusi terbaik bagi kamu yang ingin memperdalam ilmu pengatahuan tanpa mewajibkanmu untuk bepergian. Di DQLab, belajar data science menjadi lebih mudah dan praktis. Metode pembelajaran yang aplikatif dan fleksibel memudahkan kamu untuk bisa belajar dimana saja dan kapan pun. Kamu bisa mengakses sejumlah modul yang berisi materi pembelajaran secara gratis di sini. Jika ada kendala saat belajar, kamu bisa langsung bertanya dengan para mentor atau rekan sesama member di DQLab. Belajar data science di rumah saja, mudah kan?


Penulis : Sandi Sabar Rahman

Editor : Annissa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!