BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE SELAMA 6 BULAN START FROM Rp179,400! 
atau kamu bisa coba buat Akun DQLab, dan akses kelas R & Python GRATIS DAFTAR DISINI

Tidak Memiliki Background IT, Shella Buktikan Berhasil Berkarir menjadi Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 21-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/76d504b1bb03d5128b0984385c9ff924_x_Thumbnail800.jpg

Menjadi seorang praktisi data tanpa latar belakang pendidikan di bidang IT bukan jadi halangan. Shella Theresya Pandingan sukses membuktikan, jika siapa pun bisa berkarir di dunia data, meski tanpa bekal ilmu IT sebelumnya. Perempuan yang kini berkarir di Astra Heavy Equipment Group sebagai data scientist mengatakan, selain tekadnya yang kuat untuk mempelajari data science, rupanya DQLab juga memiliki peran penting dalam kesuksesan karirnya kini. “DQLab sangat berperan penting dalam karir saya. Berkat DQLab saya dapat mempelajari inti data science yaitu mengelola data cleansing dan project-project yang ada,” katanya.


Keseriusan dan semangat belajarnya yang tinggilah yang mengantarkan ia di titik kesuksesan. Selain mempelajari teorinya, membangun project data juga menjadi kunci sukses berkarir di industri data. Shella mengungkapkan, portofolio data yang ia buat dari sejumlah project DQLab sangat berguna untuk kemudian ia sematkan dalam CV. Hal itu menjadi nilai lebih ketika ia sedang menjalani proses interview dengan user. 


Di tengah kesibukannya sebagai data scientist, kali ini Shella akan menceritakan kisah di balik kesuksesannya kini. Mau tahu selengkapnya? Simak informasinya yuk, Sobat Data!


1. Tidak Memiliki Background IT Bukan Suatu Halangan untuk Shella

Bagi Shella, tidak ada yang bisa menghalanginya untuk mempelajari data science, selain semangatnya dalam belajar. Menurutnya, belajar bersama DQLab sangat membantunya dalam meningkatkan kompetensi data, salah satunya melalui module introduction to data science with Python. Tidak hanya melalui sejumlah modul, ia mengaku juga banyak belajar tentang tahapan maupun tips pembelajaran data science melalui artikel DQLab. Shella menambahkan, kemampuannya di bidang data juga berkat pengalamannya semasa kuliah. “Kompetensi data science saya terasah berkat pengalaman belajar bahasa pemrograman saat kuliah jurusan Teknik Fisika,” ujar Shella.


Baca juga : Belajar Data Science, Jihar Lulusan Ekonomi Banting Stir Berkarir di Dunia Data


2. Kompetensi DQLab yang Saat Ini Digunakan dalam Keseharian Shella sebagai Data Scientist

Tak sia-sia, ada banyak ilmu yang ia terapkan dalam pekerjaannya sebagai data scientist. Salah satu modul DQLab yang kini ia implementasikan adalah analysis market. Menurutnya, analysis market menjadi bekal kompetensi yang sangat bermanfaat. Selain itu, modul “Statistic using R for Data Science dan Data Science in Marketing: Customer Segmentation” juga ia terapkan dalam kesehariannya. Hal ini lantaran ia seringkali menggunakan bahasa pemrograman R. Tak ketinggalan, paham algoritma dan prosesnya juga salah satu bekal dari DQLab yang juga memiliki peran penting dalam karirnya saat ini.


3. Menjadi Asisten Mentor Digital Talent Scholarship DQLab, Poin Plus Proses Rekruitmen

Salah satu momen yang berkesan bagi Shella selama belajar di DQLab adalah ketika ia menjadi asisten mentor dalam program kolaborasi DQLab dengan Kominfo, Digital Talent Scholarship (DTS) DQLab. Ia sangat senang bisa berbagi ilmu dengan member DQLab lainnya. Ilmu yang dipelajarinya, tidak hanya untuk dirinya, tetapi juga bermanfaat bagi orang banyak. Selain berkesan, pengalamannya tersebut juga menjadi salah satu pertimbangan user pada saat interview. “Menjadi poin plus, karena portofolio saya lebih lengkap dengan pengalaman ini,” tutur Shella menjelaskan.


Baca juga : Siapkan Diri sebagai Praktisi Data, Pahami Python Bersama DQLab secara GRATIS!


4. Tertarik seperti Shella? Yuk, Belajar Data Science di DQLab!

Berkarir di industri data adalah kesempatan semua orang, tanpa background pendidikan tertentu. Walaupun umumnya data science didominasi oleh mereka yang memiliki bekal ilmu sains, teknologi, teknik, dan matematika. Melihat kondisi pandemi yang terjadi, pembatasan aktivitas di ruang publik pun semakin diperketat. Oleh sebab itu, kini kamu bisa belajar data science di rumah saja dengan bergabung bersama DQLab.


Nantinya, kamu akan mendapatkan sejumlah modul yang bisa kamu akses secara gratis. Ketika mengerjakan modul, kamu akan dibantu oleh fitur Live Code Editor yang akan mengarahkanmu untuk menyelesaikan modul-modul tersebut. Dengan belajar di sini kamu juga berkesempatan memperbanyak relasi dengan rekan-rekan member dan para pakar data. Kamu bisa bertanya seputar materi pembelajaran atau sharing pengalaman kerja di industri data. Yuk mulai gabung sekarang!


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!