3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 29 Menit 11 Detik

Tips Belajar Python & Machine Learning dalam 6 Bulan

Belajar Data Science di Rumah 30-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-01-2023-11-30-150541_x_Thumbnail800.jpg

Data science merupakan ilmu yang mempelajari proses pengekstrakan data agar dapat disaring untuk mendapatkan data yang benar dan menghasilkan informasi yang berguna. Di era big data saat ini, data science merupakan bidang ilmu yang sedang banyak dicari oleh perusahaan. Oleh karena itu banyak orang mulai melirik dan tertarik untuk mempelajari ilmu tersebut.


Menariknya, ilmu data science tidak memerlukan background pendidikan khusus, sehingga semua orang dapat belajar data science. Ada beragam teknik belajar data science dan sebagian besar orang lebih memilih mengikuti bootcamp agar bisa belajar lebih terstruktur dan dapat mengaplikasikan berbagai skill seperti Python, machine learning, deep learning dan lain sebagainya secara langsung dengan supervisi mentor berpengalaman.


Di sebuah perusahaan, konsep data science dapat diterapkan pada machine learning, contohnya untuk membuat analisis real time dalam pembelajaran data. Machine learning sendiri adalah bagian dari artificial intelligence atau kecerdasan buatan yang dikembangkan agar program atau mesin dapat belajar sendiri tanpa harus di setting terus-menerus oleh manusia. Bootcamp biasanya menawarkan paket belajar data science yang sudah termasuk belajar machine learning dan tools yang sering digunakan seperti Python


Proses belajar machine learning beragam, tergantung intensitas waktu belajar dan teknik belajar yang digunakan. Apakah mungkin seseorang dapat belajar machine learning hanya dalam waktu 6 bulan? Jawabannya adalah mungkin! Tak ada yang tak mungkin di dunia ini, betul? Selama kita bersungguh-sungguh dan fokus belajar, pasti bisa!


Pada artikel kali ini, DQLab akan memberi kisi-kisi pembelajaran yang akan kita dapatkan dalam sebuah bootcamp data science selama enam bulan. Penasaran? Simak artikelnya sampai selesai ya!


1. Konsep Dasar Machine Learning

Python


Secara umum, machine learning adalah cabang dari kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang dikembangkan agar mesin dapat bekerja sendiri dengan cara menganalisis data dalam jumlah besar tanpa harus diprogram ulang. Dalam machine learning, ada empat pokok yang harus dipahami yaitu unsupervised learning, supervised learning, semi supervised learning, dan reinforcement learning.


Tidak semua bootcamp mempelajari keempat jenis machine learning ini. Karena pembahasannya cukup kompleks, biasanya akan dibagi menjadi beberapa batch tergantung fokus yang ingin kita ambil. Jadi, sebelum mengikuti bootcamp pastikan kamu sudah tau jenis-jenis machine learning apa saja yang akan kamu pelajari, ya!


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Skill Statistika & Matematika

Python

Ada tiga ilmu yang menjadi dasar machine learning yaitu ilmu matematika, statistika, dan pemrograman. Sebelum memulai belajar machine learning, dalam beberapa bootcamp kita akan dikenalkan dasar-dasar matematika. Contoh materi matematika yang digunakan dalam machine learning adalah teori vektor dan matriks.


Materi ini akan kamu gunakan dalam machine learning untuk membuat algoritma klasifikasi dan clustering. Dalam proses coding, kamu pun akan menggunakan konsep matematika seperti menghitung jarak euclid. Tidak hanya vektor dan matriks, kamu juga akan mulai belajar kalkulus sebelum mempelajari machine learning.


Hal penting yang harus kamu pahami dalam kalkulus adalah perhitungan turunan untuk menentukan nilai optimal dari model. Oleh karena itu, beberapa bootcamp akan mengenalkan basic matematika dan statistika, khususnya bagi peserta yang masih awam dengan dua ilmu ini.


3. Skill Bahasa Pemrograman

Di dunia ini ada banyak sekali bahasa pemrograman. Namun, bahasa pemrograman yang saat ini sedang populer dan banyak dikenalkan dalam bootcamp adalah bahasa pemrograman python dan R. dalam bahasa pemrograman python dan R, hal penting yang akan kamu pelajari dalam bootcamp adalah memahami fungsi library-nya.


Ada banyak library dari dua bahasa pemrograman ini yang akan membantu berbagai project data science, mulai dari library untuk manipulasi data, visualisasi data, pengolahan data, dan library-library lainnya.

Python


4. Praktik Langsung

Python

Setelah mempelajari tiga ilmu diatas, dalam bootcamp kita akan mulai menerapkan ilmu tersebut menggunakan data. Ingat, guru terbaik adalah pengalaman. jadi, semakin banyak kamu praktik maka pengalaman machine learning-mu akan semakin meningkat dan secara tidak langsung, ilmu yang kamu pelajari pun semakin bertambah.


Kita akan diminta untuk mengerjakan proyek sederhana. Hal ini bertujuan agar kita dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam proses pengolahan data. Ilmu coding dan bahasa pemrograman yang telah kamu pelajari sebelumnya dapat kamu terapkan di kesempatan ini. Kamu akan diminta untuk memilih algoritma yang tepat berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dan mempresentasikannya. 


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Tidak memiliki background IT? Jangan khawatir! Yuk kuasai Ilmu Data Science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0 dengan membangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industri! 


DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula.


Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :