SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 5 Jam 8 Menit 19 Detik

Tips Cara Gunakan ChatGPT dengan Simpel

Belajar Data Science di Rumah 06-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/65dc7786-2b7b-4404-9388-894f92b63bf1-2023-07-06-201046_x_Thumbnail800.jpeg

ChatGPT merupakan salah satu teknologi berbasis artificial intelligence yang dikembangkan oleh OpenAI. ChatGPT ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti memberikan teks sesuai perintah, dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan sulit, dan dapat menyelesaikan permasalahan dalam pengkodean. Setelah mengetahui pengertian ChatGPT secara singkat, kita akan mencari tahu bagaimana cara menggunakan ChatGPT dengan mudah.


Kecanggihan teknologi yang tersedia saat ini sangat membantu manusia dalam mengerjakan suatu kegiatan. Salah satu yang populer saat ini adalah artificial intelligence yang memiliki berbagai contoh seperti machine learning, penggunaan ChatGPT, adanya virtual assistant, dan lainnya. Penerapan AI ini tentunya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang masing-masing dapat dipertimbangkan oleh pengguna. Pada artikel kali ini kita akan membahas secara singkat terkait cara penggunaan ChatGPT. Yuk, simak bersama-sama!


1. Kunjungi Situs Open AI

Langkah awal menggunakan ChatGPT adalah dengan mengunjungi tautan chat.openai.com.

Jika belum memiliki akun, pengguna dapat sign up bisa dengan menggunakan akun Google atau akun Microsoft.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Verifikasi Akun

Setelah log in atau sign up menggunakan akun Google maupun Microsoft, pengguna akan diminta untuk memasukkan tanggal lahir lalu nama profil. Selanjutnya, pengguna akan diminta untuk verifikasi akun dengan menggunakan nomor telepon. Setelah itu akan muncul pesan atau notifikasi yang berisi kode OTP ke nomor telepon yang diinput untuk dapat masuk ke situs ChatGPT. 


3. Setujui Syarat dan Ketentuan

Setelah pengguna selesai mengetikkan kode OTP yang telah masuk di nomor telepon yang diinput, maka akan muncul beberapa tulisan yang berisikan syarat dan ketentuan yang perlu dipahami dan disetujui oleh pengguna.


4. Masukkan Pertanyaan

Setelah melakukan beberapa langkah di atas, Pengguna dapat mengetikkan pertanyaan dengan memilih button New Chat. Setelah mengetikkan pertanyaan, maka ChatGPT akan menjawab pertanyaan yang diberikan. Lalu jika menginginkan jawaban yang berbeda pengguna dapat memilih button Try again.


Bcaa juga : Artificial Intelligence vs Machine Learning


Saat ini berbagai penggunaan teknologi AI dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, salah satunya adalah fitur ChatGPT. Pengguna dapa mengajukan pertanyaan di situs tersebut lalu akan diberi jawaban yang diproses dengan AI.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with Excel sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login