#OCTOFEST 70% + 85% OFF!
Belajar Data Online 6 Bulan Anti Ribet cuma Rp. 150K!
0 Hari 0 Jam 58 Menit 38 Detik

Tips Chat GPT untuk Membuat CV Profesi Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 31-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/efb3089c96971c4fbf28b6f4294ae7e9_x_Thumbnail800.jpeg

AI atau bisa disebut dengan Artificial Intelligence adalah sebuah cabang ilmu komputer untuk pengembangan kecerdasan buatan. AI ini bisa menciptakan sebuah mesin maupun program yang dapat belajar, mengambil sebuah keputusan, dan juga berpikir selayaknya manusia. Salah satu bentuk produk dari AI ini adalah chat gpt. Chat GPT ini bisa dikatakan mirip dengan chatbot maupun asisten virtual seperti siri milik apple dan juga google assistant. 


Chat GPT ini cukup populer karena bisa mencari berbagai macam informasi dengan cara memberikan suatu pertanyaan dan langsung dijawab oleh AI, chat gpt ini juga bisa memberikan jawaban yang lebih spesifik dan detail tentang pertanyaan yang kita buat. Ini juga menjadi salah satu poin lebih jika dibandingkan dengan search engine yang biasa kita pakai yang seringkali kurang memahami bahasa manusia. Chat gpt juga memiliki banyak manfaat untuk membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan, contohnya seperti memberikan rekomendasi tempat wisata atau film, rekomendasi barang, sampai bisa membantu kita dalam membuat CV atau Curriculum Vitae. Jika kalian masih bingung membuat sebuah CV, maka kalian bisa memanfaatkan chat gpt ini untuk membantu kalian. Nah, penasaran bagaimana cara membuat CV praktisi data dengan chat gpt ini? Mari kita simak artikel dibawah ini untuk lebih jelasnya.


1. Pengertian dari CV

Curriculum Vitae atau sering disebut dengan CV adalah suatu dokumen yang biasa digunakan untuk memberikan sebuah ringkasan lengkap mengenai latar belakang pendidikan kita, pengalaman kerja yang pernah dikerjakan, skill, dan juga pencapaian seseorang, seperti perekrut dalam proses penyeleksian kerja. CV ini bertujuan untuk membantu kita para pencari pekerjaan untuk memberikan sebuah gambaran yang singkat mengenai diri kita, tetapi juga komprehensif, mengenai profil dan juga kualifikasi kita sebagai pelamar pekerjaan kepada perekrut yang membaca CV milik kita.

Artificial Intelligence


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


2. Membuat CV yang Menarik

Pastinya setiap hari para perekrut kerja menerima banyak sekali CV yang masuk, ini membuat sangatlah penting bagi kita semua untuk membuat sebuah CV yang singkat, padat, jelas, dan menarik. Alasan yang paling utama adalah dapat memikat recruiter atau perekrut kerja, jadi ketika kita membuat CV yang menarik perhatian mereka ada kemungkinan CV kita akan lolos untuk lanjut ke tahap berikutnya. Selain hal tersebut CV yang menarik akan meningkatkan kesempatan lebih untuk mendapatkan pekerjaan, karena CV yang efektif akan membantu menyakinkan recuiter bahwa kalian memiliki sebuah kualifikasi dan juga potensi yang diperlukan untuk posisi yang dilamar.

Artificial Intelligence



3. Cara Membuat CV dengan Menggunakan Chat GPT

Jika kalian mengalami kesulitan dalam membuat sebuah CV, kalian bisa memanfaatkan teknologi AI yang sedang populer saat ini yaitu Chat GPT. Chat GPT ini bisa memberikan solusi bagi kalian yang mengalami kesulitan dalam membuat CV. Caranya bisa kalian lihat di bawah ini!

  • Hal pertama adalah kalian membuat website chat.openai.com dan jika kalian sudah memiliki akun kalian akan langsung masuk ke halaman utamanya seperti berikut ini:

Artificial Intelligence

  • Selanjutnya kalian bisa mengetik “cara membuat cv seorang praktisi data” nantinya pertanyaan kalian akan diproses oleh AI dan akan muncul jawaban tentang bagaimana cara untuk membuat CV tersebut.

Artificial Intelligence


Bcaa juga : Artificial Intelligence vs Machine Learning


4. Contoh kerangka CV Praktisi Data

Dengan adanya Chat GPT ini kalian bisa membuat maupun melihat bagaimana contoh kerangka CV yang singkat, padat, dan jelas. kalian juga bisa mencari informasi-informasi lainnya dengan cara bertanya kepada Chat GPT ini tentang apa posisi yang akan kalian lamar nanti. Mungkin sebaiknya kalian tidak hanya mengandalkan AI ini saja, tetapi kalian juga haruslah aktif mencari informasi terbaru dari media-media lainnya agar informasi yang kalian dapatkan menjadi lebih update, lengkap, dan juga lebih menarik tentu saja.

Artificial Intelligence


Chat GPT merupakan salah satu contoh penerapan artificial intelligence,gimana sahabat DQ? Yuk, buat sistem yang serupa dengan chat GPT dan gali pengalaman kamu tentang machine learning dengan mulai membangun pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!





Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :