GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 1 Jam 31 Menit 34 Detik 

Tips Jitu Cara Jadi Data Scientist untuk Pemula Data

Belajar Data Science di Rumah 08-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1ef782c429450d6620b0688735b3dc7f_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist adalah profesi data yang sedang naik daun saat ini. Tidak hanya menarik orang-orang berlatar belakang IT, namun juga dari non IT. Ini menunjukkan bahwa siapa saja bisa menjadi Data Scientist asalkan mau terus berlatih. Seorang Data Scientist memiliki beberapa tugas utama yaitu memastikan infrastruktur data yang baik agar data tersimpan rapi dan mudah diakses saat dibutuhkan, melakukan analisis big data, eksperimen model untuk analisis data, serta membangun machine learning. 


Profesi Data Scientist cukup banyak dibutuhkan oleh perusahaan dari berbagai bidang seperti kesehatan, transportasi, edukasi, dan lain sebagainya. Jenjang karir serta gaji yang ditawarkan juga menjanjikan. Jika ingin menjadi Data Scientist, maka kamu harus menguasai skill-skill yang dibutuhkan. Apalagi untuk pemula, mungkin akan butuh lebih banyak waktu untuk belajar dan menguasai skill tersebut. Bagaimana cara menjadi Data Scientist? Kita akan bahas di artikel kali ini. Yuk, simak bersama sampai akhir!


1. Pelajari Ilmu Matematika dan Statistika

data scientist

Data Scientist akan selalu berkaitan dengan yang namanya data. Untuk mengolah data, Data Scientist akan menggunakan ilmu data science. Apa itu data science? Data science merupakan bidang ilmu yang terdiri dari tiga pilar ilmu yaitu matematika, statistika, dan komputer (programming). Oleh karena itu, matematika dan statistika menjadi skill wajib seorang Data Scientist. 


Ilmu statistika juga harus lebih dipelajari lebih dalam karena banyak digunakan ketika menganalisis data. Kamu bisa memulai dengan mempelajari jenis-jenis data statistik, metode pengolahan yang sering digunakan data scientist untuk analisis, dan bagaimana menyajikan hasil analisis menggunakan grafik yang tepat. Ini bisa kamu dapatkan dari buku-buku, artikel-artikel online, atau mengikuti kursus data science. Kemudian perlahan cobalah melakukan analisis dengan menggunakan dataset sederhana. Terapkan metode statistik yang sesuai dan buat kesimpulan dari hasil analisis yang kamu lakukan. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Pahami Jenis-Jenis Data 

data scientist

Dalam data science ada berbagai jenis data yang sering digunakan. Seorang Data Scientist, wajib memahami jenis data yang digunakan ketika memproses suatu kumpulan data. Dengan begitu Data Scientist akan terhindar dari penerapan metode analisis yang kurang tepat. Karena akan membuat hasil analisis nantinya kurang optimal. 


Beberapa jenis data yang sering digunakan dalam data science adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah data yang disajikan dalam bentuk non numerik. Sedangkan data kuantitatif adalah data yang dinyatakan dalam angka atau numerik. Beda jenis data maka beda pula penanganannya. Oleh karena itu pahami dengan benar jenis data yang akan digunakan ketika analisis.  


3. Kuasai Skill Pemrograman

data scientist

Selain statistik, ada skill lain yang tidak kalah penting yaitu pemrograman. Data science merupakan ilmu yang terdiri dari ilmu matematika, statistik, dan pemrograman yang berkolaborasi untuk memudahkan proses pengolahan data lebih efektif. Mempelajari pemrograman bisa dimulai dengan memahami library yang digunakan, bagaimana sintaks yang diterapkan, dan istilah-istilah pada bagian-bagian dalam suatu coding. 


Beberapa bahasa pemrograman yang sering digunakan Data Scientist untuk mengolah data adalah R, Python, dan SQL. Ketiganya berperan membangun infrastruktur manajemen data, pengolahan data, visualisasi data, hingga membangun teknologi machine learning. Pemrograman bisa dipelajari secara otodidak dari video tutorial, buku, kursus, hingga pelatihan atau workshop.


4. Perdalam Pengetahuan Tentang Teknologi Machine Learning

data scientist

Satu lagi skill yang wajib dikuasai oleh Data Scientist adalah machine learning. Apa itu machine learning? Machine learning merupakan algoritma yang memungkinkan mesin untuk dapat belajar dengan sendirinya. Mesin akan belajar dari data input dan memberikan respon atau output yang sesuai. Data scientist selain mengolah data juga bertugas membangun machine learning. 


Machine learning dapat mempermudah pengolahan data, memberikan pengalaman bagi konsumen, mendeteksi penyakit, prediksi trend, dan lain sebagainya tergantung pada apa tujuan perusahaan sehingga perlu membangun machine learning. Nah, kamu bisa belajar membuat algoritma machine learning sederhana melalui tutorial video atau mengikuti webinar gratis yang membahas machine learning. Jadi kamu bisa mempelajari dasar-dasar machine learning terlebih dahulu, baru coba mempraktikkannya di perangkatmu. Python bisa digunakan untuk membangun machine learning. 


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Selain mempelajari skill-skill yang dibutuhkan, sekarang saatnya kamu mencoba menerapkannya. Bagi pemula kamu bisa mengikuti kursus data science. Carilah kursus data science yang dapat meningkatkan skill datamu dengan menangani dataset serta kasus yang sering ditemui di industri. 


DQLab merupakan kursus data science yang menyediakan modul terstruktur dan project-project data yang disusun oleh ahli data. Sehingga akan mempermudah proses belajarmu. Mau belajar gratis? Yuk, daftar di DQLab.id dan dapatkan akses langsung modul gratis Python dan R!


Penulis: DIta Kurniasari

Editor: Annissa Widya




Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!