[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 23 Menit 55 Detik 

Tips Jitu Dapat Beasiswa Data Science untuk Pemula Data

Belajar Data Science di Rumah 19-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/a91ab4dca2e5bab30d05ac5b8cdb2060_x_Thumbnail800.jpg

Belajar data science sampai bisa dapat beasiswa? Siapa sih yang tidak tertarik. Dengan beasiswa, calon talent baik pemula hingga profesional yang ingin beralih profesi bisa belajar data science bersama mentor yang ahli di bidangnya. 


Di akhir pembelajaran kebanyakan pelatihan beasiswa akan diberikan sertifikat yang menunjukkan bahwa peserta telah berhasil mengikuti seluruh pembelajaran yang diberikan. Nah, sertifikat ini bisa banget loh kamu upload ke media sosial profesionalmu untuk menambah nilai jual kemampuanmu di mata rekruter. Selain itu kamu juga jadi dapat memperluas networking dengan talent-talent data lainnya. 


Beasiswa data science tidak hanya diincar oleh pemula data namun juga yang sudah profesional di bidang IT. Salah satu sebabnya karena profesi di bidang data yang sedang naik daun dan karir yang menjanjikan di masa mendatang. Bahkan tidak sedikit juga yang memilih untuk switch karir menjadi praktisi data. Jadi, untuk dapat beasiswa data science tentu harus punya strategi dong. Nah, kali ini kita akan bahas tips-tips untuk dapat beasiswa data science dan contoh beasiswa data science yang bisa diikuti pemula data. Yuk, simak artikel ini sampai akhir, ya!


1. Mulailah Aktif Mencari Informasi di Berbagai Platform 

Data Science

Jika ingin mendapat beasiswa data science, hal pertama yang sangat penting adalah kamu harus aktif mencari informasi. Dengan kemajuan teknologi sekarang memudahkan kita untuk memperoleh informasi yang diinginkan. Kita tinggal tuliskan keyword dan mesin pencari akan memberikan berbagai pilihan dari informasi yang dibutuhkan. Teman-teman tentu punya dong akun media sosial. 


Yup, media sosial menjadi salah satu sarana informasi termasuk beasiswa data science. Kamu bisa menelusuri akun-akun yang memberikan informasi beasiswa data science seperti kursus data science, komunitas data science, dan lain sebagainya. Tak jarang juga kamu bisa menemukan job opportunity disana, loh. Cek secara rutin akun-akun tersebut dan perhatikan jadwal pendaftarannya. Catat tanggalnya dan jangan sampai kelewatan, ya!


Baca juga : Pelajari Algoritma Data Science, Bekal Penting Calon Praktisi Data


2. Persiapkan Diri dengan Memahami Dasar Data Science

Data Science

Beasiswa data science tidak serta merta kamu mendaftarkan diri kemudian langsung mendapatkan beasiswanya. Tentu akan ada beberapa prosedur yang harus dilalui terlebih dahulu. Biasanya akan ada tes yang mengukur sampai mana kemampuan data science yang kamu miliki. Jadi, kamu bisa mulai mempersiapkan diri minimal dengan memahami dasar-dasar data science. Ini bisa dipelajari dari buku atau internet.


Apa saja dasar-dasar data science? Kamu bisa memulai dengan memahami pengertian data science, jenis-jenis data, metode pengolahan data serta tools yang sering digunakan, library bahasa pemrograman data science, dan contoh-contoh coding untuk data science. Pengetahuan ini akan menjadi bekal kamu dalam tahap tes untuk mendapatkan beasiswa data science.


3. Digital Talent Scholarship dari Kominfo

Data Science

Beasiswa data science yang banyak diincar salah satunya adalah Digital Talent Scholarshop. Mulai tahun 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengadakan program digital talent yang memberikan berbagai pelatihan terkait teknologi bagi lulusan baru hingga profesional. 


Beberapa program yang ada yaitu antara lain Fresh Graduate Academy, Professional Academy, Thematic Academy, dan Digital Entrepreneurship Academy. Masing-masing program terdapat berbagai pelatihan yang bisa kamu pilih sesuai keinginanmu. 


DQLab merupakan lembaga yang menjadi partner pelatihan digitalent Kominfo untuk pelatihan Data Engineer, Data Scientist, dan Data Analyst. Pelatihan ini tidak dipungut biaya alias gratis dan diakhir pelatihan akan mendapatkan sertifikat completion sebagai bukti bahwa kamu telah berhasil menyelesaikan pelatihan dengan modul-modul yang diberikan. 


Pelatihan data science dengan DQLab diadakan selama satu bulan yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam seminggu bersama para mentor data. Ini bisa menjadi langkah awalmu untuk menggapai kariri menjadi praktisi data yang handal, loh. Kamu bisa mengakses digitalent.kominfo.go.id untuk informasi lengkapnya yaitu jadwal pendaftaran, pelatihan apa saja yang sedang diadakan, serta syarat dan ketentuan peserta. Stay tuned juga di akun media sosialnya karena biasanya mereka juga menginformasikannya melalui media sosial. 


4. Bootcamp Data Science

Data Science

Beasiswa data science juga bisa kamu dapatkan dengan mengikuti bootcamp data science. Bootcamp diselenggarakan oleh lembaga kursus itu sendiri atau bekerja sama dengan kampus-kampus di Indonesia. Umumnya bootcamp memiliki jadwal tetap dalam pengerjaannya. Jadi, akan mentor atau instruktur yang memberikan materi secara bertahap sesuai dengan topik bootcamp kepada peserta. 


Peserta akan mengerjakan tugas-tugas praktek hingga project secara mandiri. Bootcamp sekarang ini lebih banyak diadakan secara online karena masih di masa pandemi. Namun keuntungannya bootcamp bisa diikuti oleh peserta dari mana saja di Indonesia. DQLab merupakan salah satu lembaga kursus yang bekerja sama dengan beberapa kampus dan mengadakan bootcamp data science untuk kurun waktu tertentu. Di akhir pelatihan nantinya akan memperoleh sertifikat completion. 


Baca juga : Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


5. Investasi Ilmu Data Bareng DQLab, Yuk!

Sudah tahu kan caranya supaya dapat beasiswa data science? So, jangan tunda lagi untuk mempersiapkan diri dengan meningkatkan kemampuan datamu. Tips lainnya yaitu dengan mengikuti kursus data science. 


Masih ragu dan ingin coba-coba dulu? Dapatkan akses free module dengan mendaftar di DQLab.id sekarang. Kamu bisa belajar module Python dan R untuk data science secara gratis. Selesaikan modulnya dan dapatkan sertifikat completion dari DQLab. 


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!