PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 3 Jam 21 Menit 24 Detik

Tips Pilih Bootcamp Data Scientist Anti Zonk untuk Pemula!

Belajar Data Science di Rumah 05-Juli-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-02-2024-07-05-200447_x_Thumbnail800.jpg

Memulai karier sebagai Data Scientist adalah sebuah langkah dan keputusan yang penuh dengan tantangan sekaligus potensi. Namun, dengan untuk memulai karier di bidang ini perlu persiapan yang matang. Salah satunya adalah melalui pendidikan formal ataupun non-formal seperti bootcamp.


Banyaknya pilihan bootcamp yang tersedia, menjadikan tantangan tersendiri terutama bagi pemula untuk memilih mana yang paling tepat. Bootcamp yang baik dapat memberikan lkamusan yang kuat dan mempercepat karier kamu, sedangkan pilihan yang salah bisa membuang waktu dan biaya tanpa hasil yang memuaskan. 


Penasaran gimana caranya memilih bootcamp Data Scientist anti zonk untuk pemula? Yuk, pelajari tips selengkapnya berikut ini!

1. Kenali Reputasi Lembaga Penyelenggara Bootcamp

Langkah pertama dalam memilih bootcamp adalah memeriksa akreditasi atau reputasi lembaga penyelenggara. Cari tahu apakah bootcamp tersebut telah diakui oleh lembaga pendidikan atau industri terkait. Baca ulasan dan testimoni dari alumni untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana pengalaman mereka. Bootcamp dengan reputasi baik biasanya memiliki rekam jejak yang kuat dalam membantu peserta mencapai tujuan karier mereka.

Data Scientist


2. Kurikulum yang Komprehensif

Pastikan bootcamp yang kamu pilih menawarkan kurikulum yang komprehensif dan relevan dengan kebutuhan industri saat ini. Kurikulum yang baik harus mencakup dasar-dasar data science seperti statistik, pemrograman (khususnya Python dan R), manipulasi data, hingga machine learning. Selain itu, periksa apakah mereka menyediakan pelatihan praktis dan studi kasus nyata yang dapat membantu kamu mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dalam situasi dunia nyata.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


3. Fasilitas dan Dukungan Pembelajaran

Fasilitas dan dukungan pembelajaran adalah aspek penting dalam memilih bootcamp. Pilihlah bootcamp yang menawarkan akses ke alat dan software terbaru yang digunakan dalam industri data science. Dukungan dari mentor atau instruktur yang berpengalaman juga sangat penting. Mereka dapat membantu menjawab pertanyaan, memberikan bimbingan, dan membantu kamu mengatasi tantangan yang mungkin kamu hadapi selama belajar.


4. Fleksibilitas dalam Pembelajaran

Bagi banyak orang, fleksibilitas dalam pembelajaran adalah faktor kunci. Pilih bootcamp yang menawarkan opsi pembelajaran online atau hybrid yang memungkinkan kamu belajar sesuai jadwal kamu. Fleksibilitas ini sangat penting terutama jika kamu memiliki komitmen lain seperti pekerjaan, keluarga, atau pendidikan formal. Pastikan bootcamp tersebut juga menyediakan sumber daya yang dapat diakses kapan saja, sehingga kamu dapat belajar dengan ritme kamu sendiri.


5. Metode Pembelajaran yang Efektif

Bootcamp yang efektif biasanya mengadopsi metode pembelajaran yang hands-on dan berbasis proyek. Metode ini memungkinkan kamu untuk belajar dengan cara yang lebih interaktif dan praktis. Cari tahu apakah bootcamp tersebut menyediakan proyek-proyek nyata yang dapat kamu kerjakan sebagai bagian dari pelatihan. Metode pembelajaran HERO (Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based) adalah salah satu pendekatan yang terbukti efektif dalam mempersiapkan peserta untuk karier di bidang data science.

Data Scientist

Sumber: onlinedegrees.sandiego.edu


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


6. Biaya dan Nilai

Pertimbangkan biaya bootcamp dan nilai yang ditawarkan. Bootcamp yang lebih mahal tidak selalu berarti memiliki kualitas lebih baik dibandingkan dengan bootcamp yang murah. Evaluasi apakah investasi yang kamu keluarkan sepadan dengan manfaat yang akan kamu dapatkan.


Beberapa bootcamp menawarkan opsi pembiayaan, beasiswa, atau pembayaran berbasis hasil (Income Share Agreement), yang dapat membantu mengurangi beban finansial.

Data Scientist

Sumber: Bibit


7. Peluang Karier dan Jaringan

Bootcamp yang baik harus memiliki jaringan industri yang kuat dan menawarkan bantuan penempatan kerja bagi lulusannya. Cari tahu apakah bootcamp tersebut memiliki hubungan dengan perusahaan-perusahaan terkemuka di industri dan apakah mereka menyediakan layanan karier seperti workshop, sesi mock interview, dan bimbingan karier. Jaringan yang kuat dan dukungan karier dapat meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan bootcamp.


Memilih bootcamp Data Scientist yang tepat adalah langkah penting untuk memulai karier di bidang data science. Dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kamu.Nah, jika kamu mencari bootcamp Data Scientist yang memenuhi semua kriteria di atas, Bootcamp Data Scientist dari DQLab adalah pilihan yang tepat.


DQLab menawarkan kurikulum komprehensif, dukungan pembelajaran yang luar biasa, fleksibilitas belajar, dan metode pembelajaran HERO yang efektif. Dilengkapi dengan studi kasus nyata dan dukungan karier yang kuat, DQLab siap membantu kamu mencapai sukses dalam karier data science. Jadi, tunggu apa lagi? Daftar sekarang dan mulai perjalanan kamu menjadi Data Scientist profesional dengan Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner dari DQLab!


Penulis: Lisya Zuliasyari

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login