SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 2 Jam 32 Menit 22 Detik

Tools Data Scientist yang Bisa Dipelajari di DQLab

Belajar Data Science di Rumah 06-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-02-2023-10-07-100519_x_Thumbnail800.jpg

Tools data scientist merupakan senjata yang harus dipelajari oleh calon data scientist. Profesi yang mendapatkan julukan ‘The Sexiest Job in 21st Century’ ini semakin banyak dibutuhkan di era digital yang memproduksi data semakin besar, bahkan produksinya terus meningkat dari waktu ke waktu.


Fenomena ini terjadi karena internet yang merupakan salah satu sumber data terbesar digunakan semakin masif. Internet menghasilkan berbagai tipe data, mulai dari data terstruktur seperti transaksi jual beli, hingga data tidak terstruktur seperti teks, video, audio, bahkan gambar. Produksi data yang begitu besar membuka mata industri untuk mulai memanfaatkannya. 


Saat ini, berbagai industri mulai sadar akan pentingnya data untuk kehidupan produksi, distribusi, dan pemasaran. Namun, untuk dapat menghasilkan insight yang bermanfaat data harus diolah oleh tenaga ahli.


Oleh karena itu, rekrutmen ahli pengolah data seperti data scientist dan data analyst meningkat pesat. Profesi di bidang data diprediksi akan memiliki karir yang menjanjikan karena di masa mendatang produksi data diproyeksi akan terus meningkat. Hal ini menyebabkan banyak orang mulai serius untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan data science.


Tools data scientist menjadi fokus utama setiap orang ketika mempelajari data science. Hal ini karena data scientist memerlukan tools yang powerfull untuk menunjang kinerjanya.


Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa tools yang akan kita pelajari bersama DQLab, salah satu platform belajar data science online yang banyak direkomendasikan oleh praktisi data. Apa saja tools data scientist tersebut? Yuk kita simak bersama!


1. Bahasa Pemrograman Python


Data Scientist


Python adalah bahasa pemrograman general purpose dan termasuk dalam kategori bahasa pemrograman high level. Yang dimaksud dengan general purpose adalah bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk berbagai macam permasalahan, sedangkan bahasa pemrograman high level maksudnya bahasa pemrograman ini mudah dibaca dan dituliskan oleh manusia.


Saat ini DQLab memiliki puluhan modul python untuk data science. Modul-modul ini disusun secara terstruktur mulai dari kelas persiapan, fundamental, hingga penerapan di dunia industri. Dengan begitu, proses belajar kita akan lebih terarah mulai dari basic hingga praktik menyelesaikan masalah.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Bahasa Pemrograman R


Data Scientist


R adalah bahasa pemrograman untuk pengolahan dan visualisasi data. Beberapa alasan mengapa data scientist banyak menggunakan R dalam menyelesaikan tugasnya adalah karena R kaya akan fitur seperti fungsi membuat grafik dan machine learning.


Selain itu, bahasa pemrograman ini mudah dipelajari dan bersifat open source. Saat kita belajar bersama DQLab, kita akan mempelajari fitur R yang banyak digunakan dalam project data science.


Saat ini, DQLab memiliki belasan modul R dengan berbagai materi, seperti basic R, visualisasi data menggunakan R, dan penerapan data science dalam berbagai industri. 


3. SQL

Data Scientist

Salah satu database yang banyak digunakan dalam bidang data science adalah SQL. Structured Query Language atau biasa dikenal dengan SQL ini masuk ke dalam sistem database relasional atau Relational Database Management System (RDBMS).


Bersama DQLab kita tidak hanya belajar R dan python, tetapi juga belajar bagaimana cara mengelola dan mengakses database yang baik. Saat ini DQLab memiliki berbagai modul SQL dengan bermacam-macam materi, seperti SELECT statement, FUNCTION dan GROUP BY, INNER JOIN dan UNION, serta GROUP BY dan HAVING, dan lain sebagainya.


4. Excel

Data Scientist


Selain ketiga tools data science di atas, bersama DQLab kita juga akan belajar excel untuk mengolah data. Hingga saat ini excel masih menjadi primadona untuk olah data karena memiliki berbagai fitur operasi matematika hingga visualisasi data yang kompleks.


DQLab memiliki berbagai modul excel untuk meningkatkan kemampuan penggunaan excel di berbagai bidang industri plus menggunakan data yang pastinya mencerminkan data di dunia industri.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Saat ini semua orang dari semua latar belakang pendidikan bisa mempelajari data science bahkan berkarir di dunia data. Bahkan data science dapat dipelajari oleh orang-orang yang tidak memiliki background IT dan tidak paham bahasa pemrograman sama sekali. Yuk belajar basic data science bersama DQLab! 


DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali.


Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login