Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Tugas Algoritma Data Scientist di Bidang Insurance

Belajar Data Science di Rumah 03-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-02-2023-10-03-180312_x_Thumbnail800.jpg

Transformasi digital menjadi salah satu fokus utama berbagai perusahaan di era teknologi modern, tak terkecuali perusahaan insurance, baik life insurance maupun harta benda lainnya. Dengan transformasi digital asuransi, informasi dapat tersedia dengan lebih luas dan mudah diakses sehingga produksi data juga kian meningkat.


Data scientist adalah salah satu role yang bertugas untuk membantu perusahaan asuransi menggunakan big data secara efisien guna mendorong kegiatan perusahaan yang lebih efektif dan efisien serta menyempurnakan penawaran produk yang mereka miliki.


Data scientist bertugas untuk mengolah data yang outputnya digunakan oleh perusahaan insurance untuk mengembangkan strategi yang efektif untuk mendapatkan client baru, mengembangkan produk yang dipersonalisasi, menganalisis risiko, membantu penjamin emisi, menerapkan sistem deteksi penipuan, dan masih banyak lagi.


Semua tugas ini bisa dikerjakan dengan membangun algoritma data science. Ada berbagai tugas data scientist di bidang ini. Apa saja tugas tersebut? Yuk kita simak bersama!


1. Customer Segmentation

Dalam pekerjaan satu ini, data scientist perlu mengelompokkan pelanggan agen asuransi berdasarkan aset keuangan, usia, lokasi, dan demografi lainnya.


Perusahaan asuransi dapat mengembangkan produk yang menarik dan bermanfaat bagi setiap kelompok dengan cara mengklasifikasikan customer ke kelompok yang berbeda setelah mengidentifikasi kesamaan dalam sikap, preferensi, perilaku atau informasi pribadi mereka.


Dengan demikian, peluang agen asuransi untuk mendapatkan calon client berdasarkan produk yang paling dibutuhkan lebih besar.

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Risk Assessment

Penilaian risiko secara signifikan dapat mengurangi kerugian dalam asuransi. Underwriting asuransi adalah salah satu area di mana solusi penilaian risiko dapat diterapkan untuk mengurangi kerugian.


Data scientist bertugas untuk mengembangkan sistem artificial intelligence dan analisis kognitif yang dapat menganalisis dokumen polis client dan mengidentifikasi jumlah premi optimal serta jumlah pertanggungan yang dapat diusulkan untuk polis tersebut.


Dengan demikian, efisiensi penjamin emisi dapat meningkat secara signifikan dan kebijakan risiko rendah dapat cepat diproses.

Data Scientist


3. Deteksi Penipuan

Penipuan asuransi menyebabkan kerugian finansial yang besar bagi perusahaan asuransi. Tugas data scientist adalah mendeteksi pola perilaku client maupun calon client untuk mendeteksi penipuan.


Biasanya, perusahaan asuransi memberi ‘makan’ algoritma pendeteksi penipuan menggunakan model statistik dengan mengandalkan kasus aktivitas penipuan yang pernah terjadi sebelumnya.


Teknik pemodelan prediktif dapat diimplementasikan untuk mengidentifikasi kasus penipuan dengan menganalisis hubungan antara aktivitas yang mencurigakan dan mengenali skema penipuan yang tidak diketahui sebelumnya.

Data Scientist


4. Mengidentifikasi Klaim Outlier

Analisis prediktif dalam asuransi dapat membantu proses identifikasi klaim yang secara tidak terduga yang juga dikenal sebagai klaim outlier. Perusahaan asuransi dapat menggunakan teknologi analisis untuk memeriksa klaim sebelumnya dan memberikan pemberitahuan kepada spesialis klaim secara otomatis.


Pemberitahuan sebelumnya mengenai potensi kerugian atau kesulitan dapat membantu perusahaan asuransi dalam mengurangi klaim outlier ini. Analisis prediktif untuk klaim outlier tidak hanya digunakan setelah klaim diajukan, data scientist juga dapat memanfaatkan data klaim outlier untuk membuat rencana untuk menangani klaim serupa di masa mendatang.


Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Data science tidak hanya digunakan di bidang asuransi atau finance, tetapi bisa digunakan hampir di semua lini industri. Tak heran jika ilmu yang satu ini banyak dilirik karena peluang kerja yang cukup menjanjikan di era otomatisasi.


Yuk persiapkan dirimu untuk berkarir di bidang data science bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali.


Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K





Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login