PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 44 Menit 7 Detik

Tugas Data Scientist & Teknologi pada Industri 4.0

Belajar Data Science di Rumah 14-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5d866d00-a01d-4050-974e-8e44bf8afca8-2023-06-15-024713_x_Thumbnail800.jpeg

Terdapat hubungan yang erat antara Revolusi Industri 4.0 dengan Big Data. Era Revolusi Industri 4.0 telah menghasilkan jumlah data yang sangat besar dan kompleks dari berbagai sumber, seperti sensor, perangkat mobile, media sosial, dan aplikasi. Banyaknya jumlah data yang dihasilkan oleh manusia dan perangkat terus mendorong perkembangan teknologi yang dapat mewadahi kebutuhan untuk mengatur dan memproses informasi yang terus bertambah. Data Scientist atau ilmu data pun semakin marak digunakan di berbagai industri untuk mewadahi kebutuhan tersebut.


Istilah Industri 4.0 mengacu pada revolusi industri keempat yang ditandai dengan tumbuhnya tren di bidang otomasi, Internet of Things (IoT), Big Data, dan teknologi Cloud Computing. Seperti halnya tenaga uap, listrik, dan komputer versi awal di masa lalu, integrasi antara teknologi tersebut akan mengubah industri di masa depan menjadi industri yang lebih cerdas.


Untuk melakukan hal tersebut, industri membutuhkan Data Scientist. Kini, Data Scientist memainkan peranan yang sangat penting untuk memahami bagaimana hal bekerja dalam sebuah perusahaan. Seorang Data Scientist bertanggung jawab dalam mengolah data besar menjadi informasi yang bermanfaat bagi perusahaan. Keseharian tugas seorang Data Scientist dapat bervariasi tergantung pada jenis industri dan perusahaan yang ia kerjakan.


Namun, banyak yang masih belum memahami secara detail apa sebenarnya tugas sehari-hari seorang Data Scientist. Dalam artikel ini, kita akan membahas keseharian tugas seorang Data Scientist. Simak artikel selengkapnya berikut ini yuk sahabat DQLab!


1. Pengumpulan dan Persiapan Data

Data Scientist bertanggung jawab untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber yang berbeda, baik itu data internal perusahaan maupun data eksternal seperti data pelanggan, data pasar, atau data sensor dari Internet of Things (IoT). Mereka juga harus membersihkan, menganalisis, dan mempersiapkan data sehingga siap untuk dianalisis.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Analisis Data

Tugas utama seorang Data Scientist adalah menganalisis data untuk mendapatkan wawasan bisnis yang berharga. Mereka menggunakan berbagai teknik dan algoritma analisis data, seperti machine learning, statistik, data mining, dan visualisasi data untuk mengidentifikasi pola, tren, dan hubungan yang tersembunyi dalam data.


3. Pengembangan Model Prediktif

Data Scientist bertanggung jawab untuk mengembangkan model prediktif yang menggunakan data historis untuk membuat prediksi tentang peristiwa atau perilaku di masa depan. Model prediktif ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan operasi bisnis, mengidentifikasi peluang baru, mengurangi risiko, dan meningkatkan pengambilan keputusan.


4. Pengembangan Solusi Berbasis AI

Data Scientist di industri 4.0 sering bekerja pada pengembangan solusi berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) untuk mengotomatisasi proses bisnis. Mereka merancang dan mengimplementasikan algoritma AI, seperti machine learning dan deep learning, untuk membangun sistem yang dapat belajar dan beradaptasi secara otomatis.


5. Pengoptimalan Proses Bisnis

Data Scientist menggunakan data untuk mengidentifikasi peluang pengoptimalan dalam proses bisnis. Mereka menganalisis kinerja operasional, mengidentifikasi bottleneck, dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas.


6. Keamanan dan Privasi Data

Dalam era industri 4.0, keamanan dan privasi data sangat penting. Seorang Data Scientist harus memastikan bahwa data yang digunakan dan diproses terlindungi dengan baik dari ancaman keamanan dan bahwa penggunaan data sesuai dengan peraturan privasi yang berlaku, seperti General Data Protection Regulation (GDPR).


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Ingin terjun ke dunia data dan berprofesi sebagai Data Scientist? Yuk perkuat skillset kamu bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python.


Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali.


Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b berikut untuk informasi lebih lengkapnya! Ingin akses semua modul DQLab? Yuk signup sekarang!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login