3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 24 Menit 30 Detik

Tugas Data Scientist: Kolaborasi Cerdas di Balik Data

Belajar Data Science di Rumah 22-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-02-2023-12-18-214419_x_Thumbnail800.jpg

Ada 3 profesi utama dalam Data Science, yaitu Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer. Data Analyst berperan untuk menghasilkan report dan visualisasi data, Data Scientist berperan untuk menghasilkan prediksi, dan Data Engineer berperan untuk mengembangkan data warehouse, dan memastikan data dapat digunakan oleh Data Scientist dan Data Analyst.


Selain menghasilkan model prediksi dan visualisasi data, seorang Data Scientist dan Data Analyst wajib memiliki skill data cleansing untuk memastikan akurasi dari data yang diolah, mengingat 70% pekerjaan Data adalah membersihkan data.


Dalam era di mana data menjadi tulang punggung keputusan bisnis, peran Data Scientist menjadi semakin penting. Namun, apa sebenarnya yang dilakukan oleh seorang Data Scientist, dan bagaimana mereka berkolaborasi dengan tim lainnya?


Artikel ini akan membahas hubungan yang erat antara seorang Data Scientist dan anggota tim lain dalam suatu organisasi. Mari kita lihat bagaimana kolaborasi cerdas ini membentuk fondasi untuk pengambilan keputusan yang tepat.


Penasaran? Yuk cari tahu kolaborasinya!


1. Kolaborasi dengan Data Engineers

Data Scientist

Data Engineers memiliki peran penting dalam memastikan ketersediaan dan aksesibilitas data yang diperlukan oleh Data Scientist. Seorang Data Scientist bekerja sama dengan Data Engineers untuk memahami struktur data, mengidentifikasi sumber data yang dibutuhkan, dan memastikan data siap digunakan. Kerjasama ini memastikan bahwa Data Scientist dapat fokus pada analisis tanpa terkendala oleh kendala teknis.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Interaksi dengan Data Analyst

Data Scientist

Data Analysts dan Data Scientists memiliki tanggung jawab yang saling melengkapi. Sementara Data Scientist lebih fokus pada pemodelan dan prediksi, Data Analysts bekerja pada analisis deskriptif dan penyajian data. Interaksi ini menciptakan gambaran yang komprehensif dari data, membantu organisasi untuk tidak hanya memahami apa yang terjadi, tetapi juga mengapa itu terjadi.


3. Hubungan dengan Stakeholder Bisnis

Data Scientist

Seorang Data Scientist tidak hanya bekerja dengan data, tetapi juga dengan orang. Hubungan yang efektif dengan stakeholder bisnis sangat penting. Data Scientist perlu memahami kebutuhan bisnis, menerjemahkan pertanyaan bisnis menjadi pertanyaan analitis, dan menyampaikan hasil analisis dengan cara yang dapat dipahami oleh orang non-teknis. Komunikasi yang efektif adalah kunci untuk memastikan bahwa hasil analisis memiliki dampak yang maksimal pada pengambilan keputusan.


4. Kemampuan untuk Menyampaikan Temuan dengan Jelas

Selain memahami data, seorang Data Scientist juga perlu memiliki kemampuan untuk menyampaikan temuan mereka dengan jelas. Ini melibatkan penggunaan visualisasi data yang efektif, narasi yang mudah dipahami, dan kemampuan untuk menjawab pertanyaan dengan jelas. Kemampuan ini sangat penting agar temuan data dapat digunakan sebagai panduan dalam mengambil keputusan.


5. Fleksibilitas dan Responsif terhadap Perubahan

Dunia data selalu berubah, dan seorang Data Scientist perlu memiliki fleksibilitas untuk beradaptasi dengan perubahan. Ini termasuk perubahan dalam kebutuhan bisnis, sumber data yang baru, atau bahkan perkembangan baru dalam teknologi analitik. Kemampuan untuk berkolaborasi dan beradaptasi dengan cepat menjadi modal berharga dalam dunia Data Science.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Dalam dunia yang semakin didorong oleh data, peran data scientist sangat penting. Untuk bisa menjadi Data Scientist, setidaknya kamu harus bisa memiliki pemahaman akan ilmu Data Science. Nah, tidak perlu bingung harus belajar dimana, karena DQLab menyediakan banyak modul yang berkaitan dengan Data Science. 


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :