Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Tugas Data Scientist untuk Maksimalkan Bisnis

Belajar Data Science di Rumah 11-April-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/177b82f23c360a364ed606ba46833882_x_Thumbnail800.jpeg

Data Scientist sehari-harinya menggunakan data sebagai makanan sehari-hari. Salah ambil data sedikit saja, Data Scientist bisa salah kaprah dalam mengambil keputusan. Jadi, sebisa mungkin bagi seorang Data Scientist untuk meminimalisir ruang kesalahan (room for error) apabila ada kesalahan dalam pengambilan data.


Dengan data yang dimiliki oleh bisnis ataupun organisasi maka Data Scientist dapat menghasilkan rekomendasi yang tepat dan akurat. Bentuk datanya juga bermacam-macam. Bisa dari tim terkait ataupun sistem informasi yang telah disediakan oleh perusahaan.


Secara umum, Data Scientist diibaratkan sebagai seorang peneliti untuk bisa mengumpulkan dan menganalisis banyaknya data yang masih acak-acakan melalui teknologi dan bantuan algoritma tertentu. Pastinya tugas sehari-hari Data Scientist tidak akan jauh-jauh dari yang namanya data. 


Makanya, buat kalian nih jangan salah sangka ya. Kinerja Data Scientist patut kita apresiasi karena dengan keberadaan mereka yang bisa menghasilkan rekomendasi kebijakan berlandaskan data. Apalagi dalam bisnis, banyak sekali permasalahan yang bisa ditelusuri.


1. Membuat Pertanyaan untuk Membingkai Masalah Bisnis

Menjadi seorang Data Scientist menuntut kita untuk lebih peka dan terbuka terhadap berbagai permasalahan yang ada dalam bisnis. Cepat ataupun lambat, perubahan akan selalu ada. Salah satu tugas yang sehari-harinya dilakukan oleh Data Scientist adalah membuat pertanyaan berdasarkan masalah yang terjadi di dalam sebuah bisnis. 


Caranya gimana? Kamu ambil suatu fenomena yang terjadi tentang masalah apa sih yang akhir-akhir ini sedang dirasakan. Kalau sudah menemukan masalahnya, silakan ajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya untuk mencoba mencari solusinya apa sih dari masalah tersebut. Gampangnya, kayak kita membuat pertanyaan yang ada di rumusan masalah pada penelitian.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Memahami masalah Bisnis

Data Scientist memiliki peran yang sangat penting dalam memahami masalah bisnis. Mereka bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan menganalisis data untuk membantu perusahaan dalam membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan fakta.


Dalam memahami masalah bisnis, Data Scientist perlu berkomunikasi dengan stakeholder dan tim bisnis untuk mengetahui tujuan bisnis, masalah yang dihadapi, serta kebutuhan analisis data yang dibutuhkan. Mereka juga perlu memahami secara mendalam bagaimana bisnis berjalan dan bagaimana data dapat digunakan untuk mengoptimalkan kinerja bisnis.


3. Mengumpulkan Data untuk Relevan untuk Masalah Bisnis

Data Scientist akan membantu bisnis untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk sumber internal dan eksternal. Data yang dikumpulkan akan membantu bisnis memahami masalah yang mereka hadapi dan bagaimana data dapat membantu mereka dalam mengambil keputusan.


Dalam rangka memahami masalah bisnis, Data Scientist juga perlu memastikan bahwa analisis yang dilakukan berdasarkan pada pertanyaan yang relevan dan tujuan yang jelas.


4. Menganalisis Data untuk Bisnis

Selanjutnya, Data Scientist dapat menganalisis data tersebut menggunakan teknik statistik dan Machine Learning untuk mengidentifikasi pola, tren, dan insight yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan bisnis.


Data Scientist dapat menggunakan teknik Machine Learning untuk membuat model prediktif yang dapat digunakan untuk memprediksi perilaku atau kejadian masa depan yang relevan dengan bisnis. Model prediktif dapat digunakan untuk mengoptimalkan operasi bisnis atau untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif.


5. Mengkomunikasikan Hasil Analisis Bisnis

Data Scientist memiliki peran penting dalam mengkomunikasikan hasil analisis data untuk bisnis. Berikut adalah beberapa peran utama Data Scientist dalam mengkomunikasikan hasil analisis data untuk bisnis:

  • Menyesuaikan bahasa: Data Scientist harus mampu menyesuaikan bahasa yang digunakan dalam komunikasi dengan stakeholder dan tim bisnis. Bahasa yang digunakan harus mudah dipahami oleh semua pihak yang terlibat dalam pengambilan keputusan bisnis.

  • Membuat presentasi: Data Scientist harus mampu membuat presentasi yang jelas dan mudah dipahami untuk menjelaskan hasil analisis data. Presentasi dapat berupa grafik, tabel, atau diagram yang memperlihatkan hasil analisis dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.

  • Menggambarkan hasil analisis dengan insight yang relevan: Data Scientist harus mampu menjelaskan hasil analisis data dengan insight yang relevan dengan tujuan bisnis. Insight tersebut dapat membantu dalam mengoptimalkan operasi bisnis atau dalam pengambilan keputusan yang lebih efektif.

  • Memberikan rekomendasi: Data Scientist harus mampu memberikan rekomendasi berdasarkan hasil analisis data. Rekomendasi tersebut harus memperlihatkan langkah-langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan performa bisnis atau untuk mengoptimalkan strategi bisnis.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Dalam keseluruhan, tugas Data Scientist dalam sebuah bisnis adalah untuk membantu bisnis memahami dan menggunakan data untuk membuat keputusan yang lebih baik dan lebih informasi.


Ingin berkarir di bidang data namun bingung harus mulai dari mana dan tidak punya basic data sama sekali? Jangan khawatir! Yuk skill up Data Science kamu bersama DQLab! Platform belajar online ini berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python.


Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai Data Science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal Data Science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login