TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 2 Jam 29 Menit 59 Detik

Tuntas Kemajuan Terbaru dalam Tipe Machine Learning

Belajar Data Science di Rumah 15-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-07-2023-12-15-133149_x_Thumbnail800.jpg

Sahabat DQ pasti sudah tidak asing dengan istilah Machine learning. Seiring dengan populernya Data Science, Machine learning juga menjadi topik hangat di bidang data. Goals dari Data Science adalah untuk menemukan pola serta kesimpulan di balik suatu dataset yang tersedia agar bisa lebih berguna.


Dalam dunia yang terus berubah, Machine learning menjadi pendorong utama inovasi di berbagai sektor. Tidak hanya sebagai teknologi masa depan, tetapi machine learning juga terus mengalami kemajuan yang mengesankan. Machine Learning memiliki beberapa tipe algoritmanya. Beda algoritmanya, beda pula jenis-jenisnya.


Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi kemajuan terbaru dalam tipe machine learning, termasuk model-model baru yang inovatif, teknik-teknik canggih, dan melihat ke arah masa depan untuk memahami tren yang diantisipasi.


Mari kita bersama-sama menyelami dunia yang semakin canggih dari machine learning.


1. Model Berbasis Transformer

Machine Learning


Salah satu kemajuan signifikan dalam machine learning adalah perkembangan model berbasis transformer. Transformer, yang pertama kali diperkenalkan untuk pemrosesan bahasa alami, kini diadopsi dalam berbagai konteks.


Model ini menggunakan self-attention mechanism, memungkinkan mereka untuk memproses informasi secara paralel dan mengatasi keterbatasan model-model sebelumnya. Dengan ini, tipe machine learning semakin mampu memahami hubungan kompleks dalam data.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Transfer Learning

Machine Learning

Transfer learning adalah teknik yang semakin banyak digunakan dalam machine learning. Ide dasarnya adalah menggunakan pengetahuan yang diperoleh dari satu tugas untuk meningkatkan kinerja pada tugas lain.


Dengan kata lain, model yang telah belajar dari satu domain dapat "mentransfer" pengetahuannya ke domain lain. Ini memungkinkan kita untuk menggunakan model yang sudah ada dan mengoptimalkan kembali untuk tugas khusus kita.


3. Explainable AI (XAI)

Machine Learning

Meningkatnya kompleksitas model machine learning membawa tantangan baru, terutama dalam memahami keputusan yang diambil oleh model. Explainable AI (XAI) adalah bidang penelitian yang fokus pada membuat model machine learning menjadi lebih terbaca dan dapat dijelaskan oleh manusia. Ini penting untuk meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap model dan memastikan keadilan dalam pengambilan keputusan.


4. Generative Adversarial Networks (GANs)

Machine Learning

GANs telah menjadi pusat perhatian dalam machine learning. GANs menggunakan dua model neural networks, yaitu generator dan discriminator, untuk menghasilkan data yang sangat realistis. Dalam konteks ini, GANs digunakan dalam pembuatan konten visual seperti gambar, video, dan bahkan dalam menghasilkan data sintetis untuk pelatihan model.


5. Masa Depan Quantum Machine Learning

Meskipun masih dalam tahap eksperimental, quantum machine learning menjadi topik yang semakin menarik. Quantum computing menawarkan potensi untuk memproses informasi dengan kecepatan yang jauh melampaui komputer klasik saat ini. Jika berhasil diintegrasikan dengan machine learning, kita dapat mengharapkan percepatan besar dalam pemrosesan data dan pemecahan masalah yang lebih kompleks.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Untuk mendalami pemahaman tentang kemajuan terbaru dalam tipe machine learning dan meraih keunggulan dalam dunia data science, mari bergabung dengan kursus-kursus di DQLab.


DQLab adalah platform belajar online yang memiliki metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula.


Menariknya lagi, DQLab juga mengintegrasikan modulnya dengan fitur ChatGPT nih! Fungsinya untuk apa?

  • Membantumu mendapatkan penjelasan dari code yang sedang dipelajari.

  • Membantumu menemukan code yang salah atau tidak sesuai. 

  • Memberikan alternatif solusi dari problem/error yang kalian temukan.


Jadi, tunggu apalagi? Nikmati pengalaman belajar praktis dan menyenangkan di DQLab dengan Sign Up segera di sini atau ikuti Bootcamp Machine Learning & AI for Beginner!


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :