Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Tutorial AI Chat GPT untuk Membuat Rumus Excel Mudah

Belajar Data Science di Rumah 13-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-09-2024-03-16-113914_x_Thumbnail800.jpg

Beberapa tahun belakangan ini sebagian besar dari kita mungkin mulai mengenali berbagai istilah baru yang berkaitan dengan teknologi, seperti artificial intelligence, machine learning, data science, big data, data analyst software engineer, dan masih banyak lainnya. Artificial intelligence termasuk kecanggihan teknologi yang banyak digunakan di masa kini. Salah satu bentuk penerapan dari artificial intelligence adalah Chat GPT. Chat GPT ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya adalah Chat GPT untuk membuat rumus excel.


Chat GPT (Generative Pre-training) merupakan sebuah bentuk artificial intelligence yang  cara kerjanya menggunakan format percakapan. Jika kalian pernah melihat chatbot, kurang lebih cara penggunaan Chat GPT adalah seperti itu. Hanya saja Chat GPT memiliki lebih banyak fungsi dan kegunaan. Chat GPT ini bisa menjawab pertanyaan seperti cara manusia. Kabar gembiranya, Chat GPT ini bisa digunakan secara gratis oleh siapapun loh.


Lalu selanjutnya apa saja yang perlu kita ketahui terkait Chat GPT? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Chat GPT

Teknologi AI memberikan berbagai macam contoh penerapan yang bisa digunakan, salah satunya adalah ChatGPT. Chat GPT ini merupakan salah satu teknologi AI berupa chatbot yang dikembangkan oleh OpenAI. ChatGPT ini dapat melakukan percakapan dengan pengguna.


Beberapa kegunaan ChatGPT antara lain menjawab pertanyaan sulit dengan analogi yang sesuai, dapat mengerjakan coding, dapat mengerjakan esai dan matematika, serta masih banyak kegunaan lainnya.

Artificial Intelligence

Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Microsoft Excel

Pada zaman sekarang mayoritas orang tentu sudah mengetahui microsoft excel? Ya, aplikasi pengolah data ini memiliki berbagai manfaat yang dapat digunakan dan ditrapkan oleh siapapun. Software yang dibuat oleh MIcrosoft Corporation ini pun memiliki banyak rumus yang bisa digunakan untuk perhitungan aritmatika,menganalisis data, membuat pembukuan keuangan, visualisasi dalam, membuat grafik dan diagram dan berbagai manfaat lainnya. 

Artificial Intelligence


3. Manfaat Chat GPT

Setiap bentuk kecanggihan teknologi tentu memiliki fungsi maupun manfaat masing-masing. Hal itu berlaku pula dengan Chat GPT. Chat GPT ini dikenal memiliki berbagai manfaat serta kelebihan dan kekurangannya. Chat GPT memiliki beberapa manfaat seperti untuk penyedia informasi kepada pengguna yang telah disetting dengan topik khusus maupun umum, pemberi saran atau rekomendasi yang baik, serta dapat meningkatkan produktivitas dikarenakan pekerjaan dapat menjadi lebih efisien.


4. Cara Membuat Rumus Excel dengan ChatGPT

Seperti yang telah diketahui bahwa ChatGPT bisa digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah untuk membuat rumus excel. Berikut ini beberapa langkah yang dapat diterapkan untuk bisa membuat rumus excel dengan ChatGPT:

  • Mempersiapkan excel 

  • membuka laman dari ChatGPT lalu login dengan akun agar dapat masuk ke dalam ChatGPT

  • Memasukkan pertanyaan pada ChatGPT dengan membuka laman ChatGPT lalu masuk ke akun OpenAI dan mengetikkan pertanyaan di box send message

  • Mengcopy formula ke lembar excel

  • Mengisi semua kolom

Artificial Intelligence



Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Penggunaan Chat GPT saat ini telah diterapkan oleh banyak orang dan bisa membantu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien. Kam bisa belajar hal-hal yang berkaitan dengan Chat GPT atau mencobanya secara langsung.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login