Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Tutorial AI ChatGPT: Bagaimana Buat Rumus Excel?

Belajar Data Science di Rumah 23-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-09-2024-04-23-175914_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft excel adalah basic tools yang menjadi standar dalam dunia pengolahan data. Namun, tidak semua orang ahli dalam mengoperasikan tools ini.. Hal ini karena excel memiliki banyak sekali fitur dan juga ribuan rumus yang bisa dipakai di dalamnya. Tetapi di dunia digital ini, hal tersebut sudah tidak menjadi sebuah masalah karena muncul teknologi bernama artificial intelligence yang mampu membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya salah satunya adalah membuat rumus excel.


Teknologi AI ini adalah Chat GPT. Chat GPT adalah alat AI baru yang dikembangkan oleh perusahaan AI yaitu Open AI. Dengan adanya bantuan teknologi ini, kalian akan bisa mengerjakan tugas excel menjadi lebih cepat dalam mencari rumus excel yang dibutuhkan. Nah, pada artikel kali ini kita akan melihat bagaimana caranya Chat GPT ini membuat rumus excel. Penasaran? Mari kita simak dengan seksama!


1. Siapkan File Excel dan Web Chat GPT

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka file excel dan juga membuka web Chat GPT dengan menggunakan link chat.openai.com. Nah, ketika kalian masuk dengan link tersebut, kalian akan disambut dengan halaman login, jika kalian sudah memiliki akun maka kalian bisa langsung masuk dengan menggunakan akun kalian.


Tetapi jika kalian belum memiliki akun Chat GPT, maka kalian bisa membuatnya terlebih dahulu dengan menggunakan alamat email ataupun dengan metode login lainnya. Setelah masuk, kalian akan langsung diarahkan ke dalam halaman chat dari Chat GPT ini. Untuk membuat chat baru kalian bisa klik menu ‘new chat’ pada bagian kiri atas.


Artificial Intelligence

Artificial Intelligence


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Ajukan Pertanyaan Kepada Chat GPT

Setelah kalian membuka web Chat PT dan juga membuka file excel. Langkah selanjutnya adalah mengajukan pertanyaan kepada Chat GPT ini. Kalian bisa mengetikkan pertanyaan kalian di dalam box send message di bagian bawah layar obrolan.


Kemudian tekan enter pada keryboard. Nah, pada contoh kali ini, misal kita ingin mengetahui berapa total dari jumlah pengeluaran setiap minggu pada 5 bulan terakhir. Kalian bisa menuliskan pertanyaan “rumus excel untuk menghitung total nilai”.

Artificial Intelligence


3. Mengcopy Rumus Ke Excel

Setelah jawaban muncul, kalian bisa langsung menyalin rumus tersebut dari Chat GPT dan taruh di dalam excel kalian. Kalian juga bisa melakukan pengeditan jika diperlukan. Walaupun Chat GPT ini bisa dikatakan cukup pintar, tetapi kita tetap harus melakukan pengecekan lebih agar hasil dari perhitungannya sudah sesuai.

Artificial Intelligence


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Mengisi Semua Kolom Total

Langkah terakhir adalah kalian bisa mengisi semua total pada kolom F. Caranya cukup mudah, setelah rumus yang tadi kalian copy, posisikan kursor pada bawah cell F3 sampai membentuk tanda +. Setelah itu, tariklah kursor tersebut sampai dengan bagian akhir dan tekan enter.

Artificial Intelligence


Pertajam skill data kamu dengan mengikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner untuk kuasai AI agar lebih mahir di bidang Excel. Self learning menyenangkan tanpa khawatir overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login