PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 4 Jam 33 Menit 51 Detik

Tutorial Belajar Coding AI Chat GPT Hingga Mahir

Belajar Data Science di Rumah 19-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/aa5ba36adda43c6b6a1b47dc9e63e67a_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan teknologi khususnya teknologi digital membuat banyak hal yang dulunya terasa tidak mungkin terjadi menjadi terealisasi dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Chat GPT merupakan salah satu produk dari teknologi Artificial Intelligence, dimana Chat GPT dapat memberikan jawaban dan saran terhadap pertanyaan yang diajukan oleh manusia. Hal ini disebabkan karena teknologi Chat GPT ini mengadopsi bahasa manusia sehari-hari.


ChatGPT menjadi pilihan banyak orang untuk bertanya, karena meskipun kita bertanya dengan bahasa yang tidak formal sekalipun tetap bisa mendapatkan jawaban yang tepat. Meskipun begitu, Chat GPT memang belum bisa digunakan untuk menggantikan peran manusia, melainkan bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan manusia. Misalnya saja jika ingin belajar coding secara otodidak. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai langkah-langkah yang bisa digunakan untuk belajar coding melalui chat GPT hingga mahir. Yuk, simak pembahasannya!


1.Tentukan Bahasa Pemrograman yang Ingin Dikuasai

Artificial Intelligence

Sebagai praktisi data, kita akan dihadapkan pada berbagai tugas dan tantangan dalam analisis data, pemrosesan data, dan pengembangan model prediktif. Dalam mengerjakan tugas-tugas tersebut, kita bisa menggunakan bahasa pemrograman untuk proses pengolahan data yang lebih cepat dan efektif. Beberapa contoh bahasa pemrograman yang sering digunakan misalnya Python, R, SQL, Scala, Matlab, Julia, dan masih banyak lagi. Nah jika kamu tertarik untuk belajar coding, maka kamu perlu memilih mana yang ingin dipelajari lebih dulu.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Cari Road Map untuk Menguasai Coding dengan Bahasa yang Diinginkan

Artificial Intelligence

Setelah mendapatkan bahasa pemrograman yang akan dipelajari, kita harus tau roadmap belajar bahasa pemrograman tersebut. Belajar dengan menggunakan Chat GPT termasuk sebagai sebagai proses pembelajaran yang dilakukan secara otodidak. Sehingga kita tidak akan memiliki kurikulum yang terstruktur. Nah, kita juga bisa memanfaatkan ChatGPT untuk menanyakan roadmap belajar yang bisa dicoba agak proses belajar kita menjadi lebih mudah dan terstruktur.


3. Pelajari dari Hal Basic

Artificial Intelligence

Dalam proses belajar coding, antara materi yang awal dengan materi yang selanjutnya akan dibuat saling berhubungan. Sehingga bagi pemula akan sangat dianjurkan jika memulai materi tersebut dari hal-hal yang sifatnya fundamental. Jika kamu bingung materi apa saja yang menjadi materi fundamental, kamu juga bisa menanyakan hal ini kepada Chat GPT. Namun jawaban yang diberikan oleh Chat GPT tidak bisa kamu telan mentah-mentah, kamu tetap harus mencari tahu dari sumber lainnya. 


4. Tanyakan Tentang Coding yang Signifikan

Artificial Intelligence

Selain meminta saran materi ataupun road map, Chat GPT sangat mampu untuk menjawab pertanyaan jika kamu kebingungan menggunakan coding tertentu. Kamu bisa menanyakan coding tertentu untuk case yang signifikan, misalnya mencari coding untuk menghitung umur di Python. Selain itu, kamu juga bisa memahami coding yang ada dengan meminta penjelasan dari coding tersebut dengan menggunakan Chat GPT.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Perkembangan teknologi, khususnya teknologi digital adalah hal yang pasti terjadi. Untuk bertahan di tengah teknologi yang semakin canggih, kita harus beradaptasi dengan cara mengupgrade ilmu yang kita miliki. 


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman https://dqlab.id/live-class untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login