2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 12 Jam 53 Menit 13 Detik

Tutorial Belajar Data Science Otodidak Mudah dari Nol

Belajar Data Science di Rumah 15-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-05-2024-05-15-164751_x_Thumbnail800.jpg

Data science adalah suatu bidang ilmu yang bisa dipelajari oleh siapapun. Sata ini telah banyak tempat untuk belajar data science dengan cara yang mudah diakses. Seseorang yang menerapkan ilmu data science disebut dengan data scientist. Dengan demikian siapa saja bisa belajar menjadi data scientist dengan cara otodidak. Pada artikel kali ini khususnya kita akan mencari tahu cara belajarnya dan apa saja yang perlu disiapkan. Yuk, simak bersama-sama!


Data scientist adalah sebuah profesi yang berkaitan dengan bidang data. Seorang data scientist tentu diperlukan untuk bisa menguasai berbagai skill yang diperlukan dalam berbagai hal terutama untuk menunjang proses dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya.


Seorang data scientist nantinya juga akan bekerja sama dengan profesi lainnya seperti data analyst data engineer, data entry, dan lain-lain. Oleh karena itu selain diperlukan penguasaan terhadap dasar-dasar data science, memiliki soft skill seperti bekerja sama dan berkomunikasi yang baik juga penting ya.


1. Pahami Profesi

Beberapa tahun belakangan ini telah banyak profesi yang berkaitan dengan bidang data menjadi banyak incaran berbagai kalangan. Pada masa kini telah banyak profesi yang berkaitan seperti data analyst, data engineer, data scientist, business analyst, web developer, dll. Untuk menjadi seorang data scientist, kita perlu tahu apa itu data scientist, mengetahui peran dan tugas data scientist, apa saja yang dibutuhkan dan dikerjakan, dan lainnya.

Data Science

Sumber: ITBOX


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Kuasai Ilmu Dasar

Seseorang yang ingin menekuni suatu profesi tertentu perlu menguasai dasar-dasar ilmu yang berkaitan. Sebagai contoh untuk menjadi data scientist diperlukan pemahaman ilmu data science dari dasar. Hal ini terdiri dari  beberapa ilmu seperti matematika, aljabar linear, machine learning, statistik, kalkulus, sistem informasi, pemahaman bisnis, dan lain-lain. Dengan menguasai dasar ilmunya maka akan mempermudah proses belajar sebagai pondasi utama yang kuat.

Data Science

Sumber: Biztech Academy


3. Mengikuti Pelatihan atau Bootcamp

Pada beberapa bagian sebelumnya kita telah mengetahui beberapa tips belajar data science otodidak, yaitu seperti memahami profesi terkait dan belajar dasar ilmunya. Mempelajari dasar ilmu ini bisa dipermudah dengan mengikuti kegiatan pelatihan data scientist maupun bootcamp data scientist. peserta bisa memilih program yang sesuai dengan materi yang diinginkan serta bisa dilihat dari fleksibilitas dan waktu pelaksanaannya. Dengan mengikuti pelatihan maupun bootcamp maka proses belajar akan lebih terstruktur.

Data Science

Sumber: Belajarlagi


4. Rajin Berlatih

Setelah seseorang mengetahui dasar ilmu data scientist, mengikuti pelatihan atau bootcamp data scientist, maka perjalanan proses belajar tidak sampai situ saja, melainkan masih ada tahapan selanjutnya. Hal itu adalah dengan rajin berlatih. Materi yang telah dipelajari, didapatkan dan dipraktekkan perlu terus dilatih dan dikembangkan agar skill menganalisis data lebih terasah. bahkan peserta juga bisa mengkombinasikan dengan dataset atau teknik pengolahan data yang belum dicoba dan terus dievaluasi.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Seseorang yang ingin berprofesi menjadi data scientist perlu menguasai beberapa hal dari dasar sampai dengan tingkat lanjut. belajar data scientist juga bisa dilakukan secara otodidak maupun mengikuti pelatihan atau bootcamp data scientist.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login