3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 14 Menit 41 Detik

Tutorial Coding Python Sederhana untuk Berbagai Project

Belajar Data Science di Rumah 28-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-01-2023-11-28-130939_x_Thumbnail800.jpg

Coding Python sangat menyenangkan, baik coding sederhana sesederhana mengimport library maupun coding yang lebih kompleks dan panjang. Dengan coding, kita bisa mendapatkan solusi dari berbagai permasalahan yang berkaitan dengan data. Namun sayangnya, sebelum melakukan coding menggunakan Python, kita harus menguasai skill khusus karena ada beberapa package yang harus digunakan.


Meskipun demikian, proses belajar coding python tidak membutuhkan waktu yang lama, asalkan kita konsisten dan terus mencoba. Agar coding python dapat dirun dengan baik, kita harus melakukan improvement pada beberapa aspek untuk memperbaiki kualitas coding, membuat coding menjadi readable, mengurangi ruang dan waktu untuk running, dan aspek krusial lainnya.


Seiring berjalannya waktu, Python lebih sering digunakan. Hal ini karena lebih banyaknya perusahaan yang mengadopsi data science, artificial intelligence, Internet of Things, dan teknologi modern lainnya. Keahlian coding sangat dibutuhkan untuk menghasilkan output yang baik. Seperti pepatah ‘banyak jalan menuju Roma’, coding python bisa ditulis dengan banyak cara dan uniknya bisa menghasilkan output yang sama.


Kita bisa memilih cara yang mudah dengan menggunakan looping atau cara yang panjang. Kedua cara tersebut menghasilkan output yang sama, hanya saja jalan yang harus dilewati berbeda, ada jalan yang cepat dan ada jalan yang panjang dan berkelok-kelok. 


Pada artikel kali ini, DQLab akan membahas beberapa cara yang bisa digunakan untuk mempermudah project kita dengan Python. Penasaran? Let’s get started!


1. Library Math untuk Operasi Matematika

Beberapa coding python membutuhkan skill matematika dasar. Sebenarnya kita bisa menulis dan membangun code python kita sendiri untuk menyelesaikan operasi matematika. Hanya saja, kita memerlukan waktu yang cukup panjang.


Alternatif lain yang bisa kita lakukan adalah menggunakan library python yang sudah dirancang untuk operasi matematika. Coba perhatikan contoh di bawah ini! Ada dua cara untuk mengerjakan operasi matematika dasar, kamu bisa pilih mau menggunakan cara panjang atau cara yang lebih singkat.

Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Menggunakan Beberapa File Python

Saat mengerjakan project yang besar, kita membutuhkan banyak baris coding, bahkan total baris bisa mencapai ratusan hingga ribuan. Saat kondisi ini terjadi, akan lebih baik jika kita membagi sintaks atau code menjadi beberapa file terpisah untuk meningkatkan efisiensi saat kita running code.


Contohnya, ketika kita sedang membuat project game, akan lebih baik jika kita menggunakan beberapa file python yang bisa dipisah berdasarkan kegunaan, aset, atau fungsi lain sehingga ketika nanti ada error saat proses running kita akan lebih mudah untuk mengidentifikasi dimana penyebabnya dan tidak mengganggu struktur code yang lain.


3. Manfaatkan F-String

Salah satu fitur paling berguna dan penting yang dimiliki oleh python adalah adanya F-String. F-String pada python ditulis dengan %s. Fitur ini memudahkan proses penggabungan string dengan sintaks yang sederhana. Dengan F-String kita dengan mudah bisa menggabungkan variabel dan karakter string secara bersamaan.


Agar lebih mudah dipahami, yuk simak contoh berikut ini!

Python


4. Menggunakan List

List adalah salah satu struktur data terpenting dalam python karena dapat diubah dan dapat digunakan untuk mempermudah proses running. Dengan bantuan list, kita bisa menyederhanakan code dengan satu loop. Pengaplikasian paling umum adalah membuat list baru dimana setiap elemen merupakan hasil dari beberapa operasi dan setiap elemen memenuhi kondisi tertentu.


Coba perhatikan contoh berikut, yang dimaksud looping adalah code ‘for x in…’.

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Masih asing saat menulis code di python? Atau ingin membiasakan diri dengan environment python? Yuk biasakan diri kamu menulis dan membangun code python dengan modul dari DQLab! Modul DQLab dilengkapi dengan live code editor sehingga kita bisa mencoba menulis code python secara langsung dengan berbagai case yang banyak dikerjakan di berbagai bidang industri. 


DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali.


Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :