SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 1 Jam 22 Menit 10 Detik

Tutorial Dapati Sertifikat Pelatihan DQLab AI

Belajar Data Science di Rumah 28-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-09-2024-01-26-195439_x_Thumbnail800.jpg

Belajar coding menggunakan bantuan AI memang sungguh mengasyikkan. Betapa tidak, AI membawa pengalaman belajar yang interaktif dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing peserta. Dengan teknologi pengenalan pola pembelajaran, platform ini mampu menilai tingkat pemahaman setiap individu dan menyajikan materi-materi pelajaran yang selaras dengan real-case industry.


Setelah peserta menikmati seluruh materi yang telah dipelajari pada setiap part dalam satu modul, peserta akan mendapatkan sertifikat berupa certificate of completion. Hal ini bisa kamu peroleh apabila telah menyelesaikan setiap materi baik yang berbentuk Live Module (code-based) maupun Live-Project (result-based). Sertifikat tersebut tidak hanya menjadi bukti pencapaian pribadi masing-masing peserta, tetapi juga dapat meningkatkan kredibilitas dan peluang karir di bidang terkait.


Selain itu, setelah mendapatkan sertifikat, peserta juga akan tetap memiliki akses ke materi-materi kursus serta sumber daya pendukung untuk jangka waktu tertentu. Biasanya peserta yang mengikuti kursus belajar di DQLab masih tetap dapat menikmati seluruh materi lain dan bisa diulang-ulang selagi masa subscribersnya  masih berlaku.


Hal ini bertujuan untuk memberikan dukungan tambahan dan memungkinkan peserta terus memperdalam pengetahuan dan keterampilan mereka setelah menyelesaikan kursus ini. Nah, bagi kamu yang masih bertanya-tanya bagaimana cara memperoleh sertifikat pelatihan dari DQLab, pokoknya jangan skip artikel ini ya! Simak yuk!


1. Syarat Memperoleh Sertifikat Pelatihan DQLab

Ketika kamu sudah menyelesaikan keseluruhan materi yang telah disampaikan baik yang sifatnya berbentuk Live Module (code-based) maupun Live-Project (result-based), setiap peserta berhak untuk mendapatkan sertifikat. Sertifikat tersebut dilengkapi dengan logo Universitas Multimedia Nusantara yang menunjukkan bahwa adanya kredibilitas atau pengakuan atas kedua lembaga (UMN dan XERATIC) dalam mendukung proses pembelajaran masing-masing peserta.


Sertifikat ini bisa kamu pergunakan dengan sebaik-baiknya di berbagai kesempatan. Mulai dari attach CV, mengunggah bukti sertifikat dengan memasukkan nomor credentials ke media sosial Linkedin, dan juga melamar pekerjaan di industri data.


DQLab juga bekerjasama dengan Pemerintah untuk menyediakan sertifikat khusus seperti Program Prakerja dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan Digital Talent Scholarship (DTS) dari Kominfo. Adapun syarat perolehan dari tiap sertifikat adalah menyelesaikan seluruh materi dengan memenuhi sistem penilaian yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun, untuk program kerjasama dengan pemerintah, terdapat tambahan persyaratan yaitu jumlah kehadiran di sesi live/zoom.


Artificial Intelligence


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Cara Mengakses Sertifikat Melalui Akun DQLab

Setelah menyelesaikan seluruh pelatihan di DQLab, peserta bisa langsung mengakses sertifikat melalui akun masing-masing. Sistem sudah merekam seluruh aktivitas pembelajaran melalui tanda checklist pada masing-masing sub materi. JIka ada yang kurang dan belum selesai proses belajarnya maka sistem akan memberikan notifikasi bahwa peserta tersebut belum menyelesaikan pelatihannya sehingga sertifikat tidak bisa keluar. 

Artificial Intelligence

Cara mengaksesnya sangat mudah sekali. Kamu tinggal buka saja Academy DQLab. Kemudian akan muncul daftar sertifikat seperti pada screenshot di bawah ini, daftar sertifikat yang terlihat mungkin akan berbeda dengan yang kamu miliki. Terlihat tiap sertifikat memiliki nomor sertifikat (1) dan nama modul atau project yang sudah kamu selesaikan (2).

Artificial Intelligence


Kemudian klik Unduh untuk mendapatkan sertifikat pelatihan kamu.

Artificial Intelligence


3. Cara Mengunggah Sertifikat ke Media Sosial

Pada halaman daftar sertifikat, selain tombol "Unduh" juga tersedia tombol "Share" yang bisa digunakan untuk membagikan sertifikat kamu ke sosial media, terutama LinkedIn yang merupakan sosial media untuk profesional. 

Artificial Intelligence

Masih pada halaman sertifikat klik tombol "Share" pada sertifikat yang ingin kamu bagikan. Setelah itu, akan muncul daftar tombol media sosial yang dapat kamu gunakan untuk membagikan sertifikat pelatihanmu. Selain itu, kamu juga dapat menekan tombol "Copy" untuk menyalin URL sertifikat dan membagikannya secara manual.

Artificial Intelligence


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Pentingnya Memperoleh Sertifikat Pelatihan sebagai Penunjang Karir

Memperoleh sertifikat pelatihan memiliki banyak manfaat sebagai penunjang karir, dan berikut adalah beberapa alasan mengapa sertifikat tersebut penting:


Validasi Keterampilan:

Sertifikat pelatihan memberikan validasi resmi terhadap keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki seseorang dalam suatu bidang tertentu. Ini adalah bukti konkret yang dapat diakui oleh atasan, rekruter, atau pemberi pekerjaan potensial.


Peningkatan Kredibilitas:

Sertifikat mencerminkan komitmen dan dedikasi seseorang terhadap pengembangan diri dan pemahaman mendalam dalam bidangnya. Ini dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan atasan, rekan kerja, dan klien terhadap kemampuan individu.


Daya Saing di Pasar Kerja:

Di tengah persaingan ketat di pasar kerja, memiliki sertifikat pelatihan dapat menjadi faktor penentu dalam membedakan diri dari pesaing. Perusahaan sering mencari kandidat yang tidak hanya memiliki pendidikan formal, tetapi juga keterampilan praktis yang diakui melalui sertifikat.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login