PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 21 Jam 30 Menit 20 Detik 

Tutorial Grafik Memukau Simpel dengan Excel

Belajar Data Science di Rumah 23-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3ef7256b3286b821336071eaed856c57_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengolah sebuah data dengan otomatis melalui berbagai bentuk seperti rumus, perhitungan dasar, pengolahan data, pembuatan tabel, pembuatan grafik hingga manajemen data. Microsoft Excel ini berupa lembaran kerja atau spreadsheet yang mempunyai fitur-fitur kalkulasi yang baik dalam membantu kita semua untuk kebutuhan pekerjaan kantor. Bahkan Excel merupakan aplikasi yang populer yang banyak digunakan untuk kebutuhan olahan data atau manajemen data.


Microsoft Excel cukup yang populer melalui kegunaannya dalam membuat grafik/diagram. Grafik atau bagan merupakan salah satu bentuk penyajian dari data-data tabel, seperti laporan keuangan, statistik pengunjung, dan lain-lain. Melalui grafik, pembaca akan lebih mudah dalam membaca dan memahami data numerik. Dengan mengetahui cara membuat grafik tentu akan memudahkan pekerjaanmu jadi lebih ringkas dan efisien.

 

Pada artikel ini akan dibahas cara membuat grafik menggunakan excel. Simak hingga selesai ya


1. Mengenal Ragam Grafik di Excel

Excel

Photo by Giorgio Tomassetti on Unsplash


Sebelum membuat grafik, terlebih dahulu kita perlu mengetahui jenis-jenis grafik yang tersedia di Microsoft Excel. Beberapa contohnya adalah:

  • Line Chart

Grafik ini cocok untuk menampilkan data berkelanjutan (continuous data) dan sangat efektif dalam mengidentifikasi pola atau tren. Oleh karena itu, orang biasanya menggunakan grafik tersebut untuk menunjukkan tren data pada interval waktu tertentu.

  • Pie Chart

Grafik ini berupa diagram lingkaran. Pada grafik yang menggunakan diagram ini, kamu akan mengetahui jumlah data yang dimasukkan. Kamu juga dapat melihatnya dalam bentuk persentase (%).

  • Bar Chart

Grafik ini sering digunakan untuk membandingkan beberapa item. Misalnya, menampilkan secara grafis pertumbuhan penduduk di suatu tempat dalam kurun waktu tertentu.


2. Menyiapkan Data

Pada contoh ini, kita akan menggunakan data acak sebagai berikut:

Excel

Berdasarkan data diatas, maka grafik yang dipilih adalah Bar Chart. Sehingga kita bisa membandingkan nilai di kolom Y berdasarkan kolom X yang ada.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


3. Membuat grafik

Untuk membuat grafik, kita bisa lakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Blok data yang ingin dibuatkan grafik;

  • Pilih Insert

  • Lalu pilih Insert Chart

  • Terakhir pilih Bar Chart


Cara di atas bisa diikuti sesuai GIF berikut:


Excel



Untuk hasil grafiknya sebagaimana yang ditampilkan berikut:


Excel


4. Kostum Grafik

Tentunya grafik yang dibuat bisa diedit guna menambah informasi maupun untuk estetika dari grafik. Sebagai contoh untuk mengubah judul grafik, bisa dilakukan dengan mengklik 2 kali pada grafik. Selanjutnya akan muncul kotak format grafik di sebelah kanan seperti berikut:


Excel

Selanjutnya klik pada bagian Chart TItle. Lalu ubah nama grafik seperti yang diinginkan. Misal kita akan rubah menjadi “Grafik Batang Kasus Z”.


Excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Tertarik meningkatkan skill excel? Tidak perlu ragu lagi untuk belajar Microsoft Excel bersama DQLab. Terdapat banyak modul yang siap meningkatkan kapasitas mu dalam penggunaan Microsoft Excel. Beberapa modul yang tersedia:

  • Modul Excel Dasar

  • Modul Excel: Data Cleaning


Jika kamu masih ragu, atau mau coba-coba terlebih dahulu. DQLab memfasilitasi modul Microsoft Excel yang bisa diakses secara gratis loh. Penasaran? Yuk cari jawabannya dengan Sign up di DQLab.id, sekarang! 

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :