PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 23 Jam 57 Menit 0 Detik

Tutorial Implementasi Rumus NPV/IRR di Excel

Belajar Data Science di Rumah 11-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-08-2024-03-13-134744_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft excel merupakan salah satu tools atau aplikasi yang cukup familiar dan sering dipelajari mulai dari tingkat sekolah dasar atau menengah. Microsoft excel ini tersedia berbagai formula yang memiliki manfaat masing masing. Ada formula yang bisa digunakan untuk proses analisis data, keuangan, visualisasi data, dan masih banyak lainnya. Sebagai contoh dalam bidang keuangan, terdapat fungsi keuangan NPV atau IRR yang sudah sering digunakan oleh para pengguna untuk memudahkan perhitungan mereka.


Pada era perkembangan zaman seperti sekarang ini, kita dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan zaman salah satunya dengan bisa menggunakan tools atau software pendukung seperti microsoft excel, python, sql, matlab, dan lainnya. Selain mengerti cara menggunakannya, kita juga perlu mengetahui kapan software tersebut diperlukan untuk kepentingan pengguna. Pada artikel kali ini kita akan mengenali secara singkat apa itu excel dan fungsi keuangan di excel.


1. Microsoft Excel

Microsoft excel termasuk software yang mudah dipelajari. tampilan dari microsoft excel juga termasuk sederhana dan mudah dipahami. aplikasi keluaran dari microsoft kni bisa digunakan untuk menganalisis data, visualisasi data, menghitung keuangan, dan lainnya. sebagai contoh dalam bidang keuangan kita bisa menggunakan rumus keuangan dalam excel yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Manfaat Excel

Saat ini kita mungkin sering mendengar berbagai bahasa pemrograman yang beragam dan sering digunakan untuk pemula. Namun, bagi sebagian besar orang microsoft excel tetap menjadi primadonanya. Selain mudah dipelajari dan dikenal lebih dulu, microsoft excel ini memiliki berbagai manfaat seperti

- Dapat digunakan untuk membuat laporan keuangan

- ⁠Menghitung kumpulan data dengan berbagai operasi perhitungan

- ⁠Membuat daftar nilai

- ⁠Menyajikan data atau visualisasi data dengan berbagai bentuk

- ⁠Menghitung kurs mata uang

- ⁠Dan masih banyak lainnya

Excel


3. Fungsi IRR

IRR atau Internal Rate of Return merupakan tingkat bunga atau rate of return pada saat nilai sekarang dari net cash flow dikurang dengan investasi awal sama dengan nol. IRR ini berkaitan erat dengan NPV, fungsi nilai bersih saat ini . Tingkat pengembalian yang dihitung oleh IRR adalah suku bunga yang sesuai dengan nilai bersih 0 (nol) saat ini. Berikut rumus sintaks IRR dalam excel

Excel

dengan argumen Nilai, yaitu array atau referensi ke sel yang berisi angka yang ingin dipakai untuk menghitung tingkat pengembalian internal. Argumen Perkiraan merupakan angka yang diperkirakan mendekati hasil IRR.


4. Fungsi NPV

NPV atau biasa dikenal dengan Net Present Value merupakan sebuah konsep penting dalam suatu perusahaan yang berguna untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menjalankan investasinya yang nantinya akan berdampak pada cash flow perusahaan.


Jika NPV bernilai positif, maka proyek tersebut diharapkan akan memperoleh keuntungan, dan bila NPV bernilai negatif maka diharapkan tidak mengeluarkan biaya yang berlebihan. Secara umum sintaks dari rumus NPV dalam excel adalah sebagai berikut.

Excel

Jika n adalah jumlah arus kas dalam daftar nilai, maka rumus untuk NPV adalah

Excel



Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Microsoft excel seringkali digunakan sebagai software yang berguna untuk memudahkan pekerjaan, terutama bagi seseorang yang sering berurusan dengan angka atau di bidang keuangan. Beragam fungsi yang tersedia di dalamnya dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti  Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login