PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 21 Jam 32 Menit 51 Detik 

Tutorial String Split Python dengan Beberapa Separator

Belajar Data Science di Rumah 21-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/26c6cf173e6f6cc50916c201f688f89e_x_Thumbnail800.jpg

Fungsi manipulasi string dalam Python yang digunakan untuk memecah string yang lebih besar menjadi beberapa string yang lebih kecil disebut fungsi split() dalam Python. Fungsi split() mengubah string sebagai list.


Hal yang perlu diperhatikan untuk menggunakan fungsi split() python adalah fungsi ini masih berfungsi  jika pemisah tidak ditentukan sehingga white space secara otomatis akan digunakan sebagai pemisah untuk memisahkan string atau kalimat yang diinput.


Manipulasi string diperlukan untuk semua program yang berhubungan dengan string. Fungsi split() pada python bekerja dengan memindai string atau kalimat yang diberikan berdasarkan pemisah yang diteruskan sebagai parameter ke fungsi split(). Seperti yang telah dijelaskan di atas, kita perlu mendefinisikan parameter yang akan digunakan untuk memisahkan string. 


Jika tidak, maka fungsi akan secara otomatis mendeteksi white space atau spasi sebagai separator atau pemisah. Ada beberapa separator yang bisa kita gunakan untuk memisahkan string atau kalimat menjadi komponen yang lebih kecil. Bagaimana caranya? Yuk kita simak bersama!


1. Penulisan Umum Fungsi Split

Secara umum fungsi split ditulis sebagai berikut.

python

  • Separator adalah komponen yang menentukan pemisah yang akan digunakan saat memisahkan string. Komponen ini bersifat optional. Secara default (jika komponen tidak diisi) maka fungsi akan secara otomatis menggunakan spasi sebagai pemisah.

  • Maxsplit juga bersifat opsional. Komponen ini digunakan untuk menentukan berapa banyak split yang harus dilakukan. Nilai default-nya adalah -1, yang merupakan "all occurrences"


Baca juga: Belajar Coding Python Simpel dengan Live Code Editor DQLab


2. Separator Koma

Karakter koma merupakan karakter yang sering digunakan untuk menjadi separator. Artinya, kita menggunakan tanda koma untuk memisahkan beberapa kalimat atau kata yang panjang menjadi beberapa kalimat atau kata yang lebih pendek.


Selain koma, kita juga bisa menggunakan separator lain seperti tanda petik, hashtag, tanda seru, titik, dan karakter lainnya. Kita hanya perlu mengubah koma di script code menjadi karakter lain. Berikut adalah contoh dan hasil splitnya.

python


3. Separator Tidak Didefinisikan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika separator tidak didefinisikan maka spasi akan secara otomatis digunakan sebagai pemisah. Berikut adalah contohnya.

python


4. Separator dan Maxsplit Didefinisikan

Jika komponen maxsplit didefinisikan, maka kita bisa menentukan berapa banyak potongan kalimat yang kita mau. Misalnya kita ingin memotong satu kalimat menjadi dua bagian dengan separator koma, maka kita harus mendefinisikan maxsplit dengan angka satu yang artinya hanya satu separator yang digunakan untuk membagi kalimat menjadi dua bagian. Berikut adalah contohnya.

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


Yuk belajar menulis script python bersama DQLab! Biasakan diri menulis script python tanpa tools tambahan dengan live code editor dari DQLab. Coba langsung live code editor dari DQLab dengan klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id dan akses FREE MODUL “Introduction to Data Science with Python” sebagai pengenalan dengan bahasa pemrograman python.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :