[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 11 Menit 7 Detik 

Wajib untuk Pemula Kenali Teknik Analisis Data Secara Lebih Dekat

Belajar Data Science di Rumah 23-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c8c91f8e7f4ed6594513096b391b2bb2_x_Thumbnail800.jpg

Istilah analisis data saat ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Analisis data merupakan salah satu proses penting dalam penelitian, yaitu proses pengolahan data menjadi informasi. Ketika menganalisis data, dibutuhkan sebuah teknik analisis data. Pengertian teknik analisis data adalah suatu metode atau cara yang digunakan untuk mengolah data sehingga menjadi informasi yang mudah dipahami. Informasi tersebut dapat dijadikan sebagai solusi permasalahan yang ada dalam kegiatan penelitian kita. 


Teknik analisis data dapat dilakukan dengan memeriksa semua instrumen penelitian. Berdasarkan jenis penelitiannya, secara umum teknik analisis data terbagi menjadi dua, yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Kedua jenis teknik ini memiliki berbagai macam metode di dalamnya yang dapat digunakan sesuai dengan tujuan penelitian. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan mengenali teknik analisis data lebih dekat, mulai dari jenisnya sampai dengan langkah-langkahnya.


1. Analisis Data

Analisis data adalah proses pengolahan data menjadi informasi sebagai dasar pengambilan keputusan. proses analisis data ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena akan mempengaruhi hasil penelitian. Proses analisis data meliputi berbagai kegiatan di dalamnya, mulai dari mengumpulkan data, membersihkan data, menyeleksi data sampai data benar-benar siap untuk dianalisis. Pada proses analisis data pun harus menggunakan teknik yang sesuai agar hasilnya lebih akurat. Hasil analisis data yang diperoleh kemudian dapat diambil kesimpulan dan dipresentasikan dalam bentuk visual yang lebih menarik. 


Baca juga : Gampang Banget! Ini Teknik Analisis Data Regresi dan Contohnya


2. Fungsi dan Tujuan Analisis Data

Teknik Analisis Data


Setelah mengetahui pengertian dari analisis data, seringkali orang bertanya-tanya apakah fungsi dan tujuan analisis data, beberapa diantaranya yaitu:

  • Sebagai bahan evaluasi

  • Untuk menanggapi suatu permasalahan

  • Sebagai solusi untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan

  • Hasil analisis dapat digunakan sebagai acuan kegiatan sebelumnya

  • Menjelaskan data secara lebih detail dan mudah dimengerti

  • Mendapatkan hasil pengukuran yang lebih jelas

  • Dapat mengidentifikasi hal-hal yang lebih penting dan lebih andal.


3. Langkah Teknik Analisis Data

Teknik analisis data memiliki beberapa langkah atau tahapan yang perlu dilaksanakan dengan baik dan benar, adapun tahapannya adalah sebagai berikut:

  • pengolahan data, yaitu proses mengolah data yang telah dikumpulkan. pengolahan data terdiri dari beberapa tahap yaitu penyuntingan dan pengkodean.

  • penganalisisan data, yaitu proses mencari data dan menentukan hipotesis uji

  • penafsiran hasil analisis, bertujuan untuk menemukan kesimpulan dari kegiatan penelitian


4. Jenis Teknik Analisis Data

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, secara umum teknik analisis data terbagi menjadi dua yaitu teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif merupakan teknik analisis data yang biasa digunakan untuk mengolah data numerik, yang terbagi lagi menjadi dua yaitu analisis data kuantitatif deskriptif dan analisis data kuantitatif inferensial. Adapun teknik analisis data kualitatif merupakan teknik analisis data yang digunakan untuk data non numerik dengan membahas secara konseptual dari suatu permasalahan. Beberapa contoh teknik analisis data kualitatif antara lain analisis naratif, analisis konten, analisis wacana, analisis kerangka kerja, dan teori beralas.


Baca juga : Teknik Analisis Data Deskriptif pada Penelitian Kualitatif


5. Perdalam Belajar Teknik Analisis Data di DQLab

Teknik analisis data merupakan salah satu bagian penting dalam proses pengolahan data. Terdapat berbagai macam teknik analisis data yang dapat digunakan sesuai dengan jenis data. Beragam teknik analisis data tersebut dapat dipelajari secara mendalam di DQLab. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Cara bergabungnya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!