Yuk, Ikuti 4 Cara Belajar Data Science Efektif untuk Siap Hadapi Industri Masa Kini

Belajar Data Science 25-Februari-2020

Untuk memulai karir menjadi praktisi data, kamu harus memiliki ilmu dasar dari Data Science. Dengan mempelajari Data Science, tentunya kamu akan lebih siap menghadapi era teknologi yang kian hari, kian berkembang. 

Kebutuhan praktisi data yang tidak seimbang dengan talent yang ada membuka kesempatan untuk kamu yang ingin berkecimpung di dunia data. Namun, untuk memulai belajar Data Science secara efektif bagaimana ya?

Bersama Trisna, Data Scientist PT. Buma, DQLab sebagai platform belajar online berkolaborasi untuk membagikan tips-tips belajar efektif Data Science untuk menghasilkan talent praktisi data yang kompeten. Yuk, simak selengkapnya!

1. Niat dan Komitmen

Untuk memulai karir di bidang data, tentu hal yang paling utama adalah mengumpulkan niat kemudian mempraktekkannya. Niat dan komitmen belajar merupakan kunci awal untuk kamu memulai karir sebagai praktisi data, lho!

Selain niat dan komitmen yang kuat, kamu juga dituntut untuk memiliki kreatifitas. Mengapa demikian? Karena ilmu Data Science merupakan gabungan dari banyak ilmu, keingintahuan yang tinggi juga nilai plus untuk siap menjadi praktisi data yang mumpuni.

“Data science seperti research, hal ini terkadang memerlukan kreatifitas jg. Data Science juga gabungan dari banyak ilmu diantaranya, statistik, matematika, programming, bisnis. Jadi, harus niat dan komit untuk terus belajar. Data Science seperti research, sering trial error dalam training model. Jadi, kalo niat nya belum maksimal, bisa gampang menyerah.” Tutur Trisna. 

2. Pelajari Bahasa Pemrograman 

Mengenal dasar bahasa pemrograman merupakan salah satu hal yang harus kamu kuasai untuk mulai berkarir di dunia data. Mengolah data menggunakan bahasa pemrograman akan melatih daya keingintahuan kamu serta ketelitian untuk menghasilkan insight menarik dari sekumpulan data-data.

“Pelajari programming language khususnya untuk Data Analysis dan Machine Learning. Bisa belajar dengan R atau Python. Tidak perlu expert, tapi paling tidak logika dasar pemrograman-nya paham.” 

3. Mulai Berlatih dan Berlatih

Mulai lah berlatih dari studi kasus maupun data set yang tersedia di berbagai sumber data. Terus belajar untuk maju merupakan salah satu kunci yang harus kamu terapkan dalam dalam proses belajar Data Science. “Belajar Data Science tanpa adanya praktik, tidak akan berhasil. So, Learning by Doing. Sebagai tahap awal, pilih studi kasus atau dataset yg mudah dan disenangi.” Ujarnya.

Untuk menciptakan hasil yang maksimal, berlatih Data Science bersama DQLab merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan diri agar lebih matang menjadi praktisi data yang kompeten. 

4. Pelajari Dasar Data Science

Kuasai dasar ilmu Data Science terlebih dahulu. Banyak cara untuk kamu memulai Data Science, salah satunya dengan belajar online maupun melalui belajar langsung menggunakan buku-buku. “Belajar basic Data Science, bisa dari online course, tutorial, buku, dan masih banyak lagi.” Tutupnya. 
Jangan khawatir, DQLab.id sebagai salah satu platform belajar online siap membantu kamu untuk memulai karir di bidang data. Kamu bisa belajar Data Science secara efektif, praktis dan aplikatif lho! Tunggu apa lagi? Yuk, persiapkan diri kamu untuk menjadi praktisi data yang kompeten dengan belajar bersama DQLab.id Sekarang!

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!