PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 41 Menit 13 Detik 

Yuk, Kenali Jenis Teknik Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif!

Belajar Data Science di Rumah 23-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2952d7dfd0f1b0e122d2058458907c8b_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data merupakan suatu metode penelitian yang digunakan dalam pengolahan data agar menghasilkan informasi dari data yang telah ada sebelumnya. Terdapat beberapa jenis teknik analisis data yang dapat digunakan sesuai dengan jenis penelitian yang dilaksanakan. Pemilihan teknik analisis data yang sesuai merupakan poin penting yang harus dilaksanakan. Secara garis besar, teknik analisis data terbagi menjadi dua yaitu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.


Teknik analisis data kualitatif merupakan teknik analisis data yang diterapkan pada penelitian kualitatif. Adapun pengertian dari penelitian kualitatif merupakan penelitian yang berguna untuk meneliti kondisi objek sesuai dengan tema permasalahan yang diangkat. Begitu pula dengan teknik analisis data kuantitatif, yaitu teknik analisis data yang diterapkan pada penelitian kuantitatif. Adapun penelitian kuantitatif adalah penelitian yang dilakukan melalui perhitungan ilmiah yang bertujuan untuk mengembangkan atau menggunakan model-model matematis. Setelah mengetahui secara umum pengertian serta jenis teknik analisis data, pada artikel kali ini akan sedikit diulas teknik analisis data apa saja yang saat ini sering digunakan.


1. Analisis Naratif

Naratif berasal dari kata to narrate yang berarti menceritakan sesuatu dengan detail. Pada penelitian kualitatif yang menggunakan analisis naratif, artinya peneliti menganalisis peristiwa atau fenomena yang terjadi, kemudian disajikan dalam bentuk cerita atau narasi. Terdapat beberapa bentuk penelitian naratif antara lain dengan menggunakan pendekatan kronologis seperti menguraikan peristiwa demi peristiwa atau bisa pula dilakukan dengan cara menyempitkan dan memfokuskan pembahasan. 


Baca juga : Gampang Banget! Ini Teknik Analisis Data Regresi dan Contohnya


2. Analisis Konten

Konten adalah informasi yang tersedia melalui media elektronik yang tersusun dalam bentuk ide, konsep, prinsip atau perencanaan dan solusi. Penelitian kualitatif dapat dianalisis menggunakan analisis konten, yaitu metode yang menganalisis isi teks dengan mengidentifikasi berbagai karakteristik secara objektif, sistematis dan generalis. Analisis konten ini dapat diterapkan dalam berbagai media komunikasi baik media cetak seperti koran, makalah, jurnal, dan sebagainya, atau media elektronik seperti radio, iklan televisi, dll. Namun terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi dalam menggunakan analisis konten, antara lain:

  • data mayoritas terdiri dari bahan-bahan yang terdokumentasi

  • terdapat kerangka teori tertentu sebagai metode pendekatan terhadap data

  • peneliti memiliki kemampuan teknik untuk mengolah data/bahan


3. Analisis Regresi

Setelah mengetahui beberapa teknik analisis data kualitatif, kita perlu mengetahui pula teknik analisis data kuantitatif, salah satunya adalah analisis regresi. Analisis regresi ini merupakan salah satu teknik yang sering digunakan dalam penelitian yang bertujuan untuk  mengetahui hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Selain itu, teknik analisis ini dapat pula digunakan untuk melakukan prediksi dan amalan. Contoh penerapan analisis regresi adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pendapatan rumah tangga dengan gizi balita di keluarga tersebut.


4. Analisis Deskriptif

Selain analisis regresi, terdapat pula teknik analisis data kuantitatif lainnya yaitu analisis deskriptif. Analisis deskriptif biasanya merupakan analisis awal yang dilaksanakan dalam proses analisis data. Analisis deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui gambaran data secara umum baik secara verbal maupun numerik, antara lain seperti nila rata-rata, nilai tengah, nilai modus, maksimum, minimum, dan lain-lain. Salah satu hal yang perlu diketahui dari analisis deskriptif adalah, gambaran data yang diambil secara keseluruhan itu tidak dimaksudkan untuk membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum.


Baca juga : Teknik Analisis Data Deskriptif pada Penelitian Kualitatif


5. Perdalam Belajar Teknik Analisis Data di DQLab

Teknik analisis data merupakan salah satu bagian penting dalam proses pengolahan data. Terdapat berbagai macam teknik analisis data yang dapat digunakan sesuai dengan jenis data. Beragam teknik analisis data tersebut dapat dipelajari secara mendalam di DQLab. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Cara bergabungnya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :