Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Yuk Kenali Semi-Supervised Learning

Belajar Data Science di Rumah 26-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-07-2024-04-26-191524_x_Thumbnail800.jpg

Algoritma Machine Learning merupakan bagian penting dalam Machine Learning. Algoritma ini  berbentuk perhitungan secara matematis atau statistik yang bertujuan untuk melatih model berdasarkan data yang telah disediakan. Algoritma akan berperan untuk menemukan pola antara fitur dan label dari data. Pemilihan algoritma harus dilakukan dengan hati-hati karena pemilihan algoritma yang tepat sangat penting dalam memastikan kita mendapatkan model yang efektif dan akurat.


Pada dasarnya, algoritma Machine Learning dapat dikelompokkan dalam beberapa tipe, salah satunya adalah Semi-Supervised Learning yang merupakan kombinasi dari tipe Supervised Learning dan Unsupervised Learning untuk meningkatkan kinerja prediksi. Tipe ini menawarkan solusi yang menarik untuk memecahkan masalah dimana data yang telah dilabeli sulit didapatkan, namun data yang tidak dilabeli tersedia dalam jumlah besar. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang Machine Learning tipe Semi-Supervised Learning. Yuk, simak pembahasannya!


1. Pemanfaatan Informasi Tidak Dilabeli

Machine Learning

Pict by Gayatri Sharma in Medium.com


Salah satu keunggulan dari Machine Learning tipe Semi-Supervised Learning adalah kemampuannya untuk memanfaatkan informasi yang terdapat dalam data yang tidak dilabeli. Meskipun data yang tidak dilabeli tidak bisa memberikan informasi tentang output yang diinginkan, namun data ini tetap bisa memberikan insight tentang struktur data dan hubungan antara fitur.


Dengan memanfaatkan informasi ini, model dapat meningkatkan kinerjanya dalam memprediksi label pada data yang dilabeli. Pendekatan ini akan sangat berguna untuk mengatasi situasi dimana mendapatkan data yang telah dilabeli membutuhkan waktu dan biaya yang besar.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Kombinasi antara Supervised dan Unsupervised Learning

Machine Learning

Pict by Christophe Atten in Medium


Secara konsep, Semi-Supervised Learning akan menggabungkan prinsip-prinsip dari Supervised Learning (data terlabeli) dan Unsupervised Learning (data tanpa label). Dengan menggunakan data yang dilabeli, model dapat belajar dari contoh-contoh yang sudah memiliki label yang jelas.


Di sisi lain, dengan menggunakan data yang tidak dilabeli, model dapat menemukan struktur tersembunyi dalam data yang mungkin tidak dapat ditemukan hanya dengan menggunakan data yang dilabeli saja. Singkatnya, Semi-Supervised Learning memungkinkan model untuk memanfaatkan informasi dari dua sumber yang berbeda untuk meningkatkan kinerjanya.


3. Aplikasi dalam Berbagai Bidang

Machine Learning

Semi-Supervised Learning dapat diterapkan dalam berbagai bidang. Contohnya seperti klasifikasi dokumen, dimana terdapat banyak dokumen yang tidak dilabeli tetapi masih dapat memberikan informasi yang berharga tentang topik atau kategori dokumen tersebut. Selain itu, Semi-Supervised Learning juga digunakan dalam pengenalan wajah, pengenalan ucapan, dan klasifikasi citra, dimana data yang tidak dilabeli dapat membantu meningkatkan akurasi pengenalan.


4. Tantangan dan Penyesuaian Model

Machine Learning

Meskipun memiliki potensi yang besar, Machine Learning tipe Semi-Supervised Learning juga memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah penyesuaian model terhadap data yang tidak dilabeli. Hal ini akan membuat  data memiliki tingkat noise yang tinggi atau struktur yang kompleks.


Selain itu, pemilihan jumlah data yang dilabeli dan tidak dilabeli yang tepat juga merupakan faktor kunci dalam kesuksesan semi-supervised learning, sehingga penentuan jumlah data ini perlu dilakukan dengan pertimbangan yang matang. 


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner

Dengan memahami konsep Semi-Supervised Learning dan potensinya dalam memanfaatkan data yang dilabeli dan tidak dilabeli, kita dapat mengembangkan model Machine Learning yang lebih efisien dan akurat. Dengan terus melakukan penelitian dan inovasi dalam bidang Semi-Supervised Learning, kita dapat mengoptimalkan penerapannya dalam berbagai bidang aplikasi dan menghasilkan solusi yang lebih canggih dan adaptif.


Kita bisa memulai dengan  mempelajari Machine Learning di DQLab. Selain modul pembelajaran, kita juga bisa mengikuti Bootcamp Machine Learning & AI for Beginner yang diadakan oleh DQLab. 


DQLab merupakan platform belajar online dengan fokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI). Platform ini telah menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Selain itu, materi yang ada di DQLab telah dibuat menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.

 

Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login