PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 4 Jam 50 Menit 3 Detik 

Yuk, Kenali Skill Data Scientist yang Perlu Dimiliki Kamu Kuasai

Belajar Data Science di Rumah 26-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ac0a3eb674050ee4a1fbf3480c692781_x_Thumbnail800.png

Perkembangan dunia digital saat ini secara tidak langsung "membangkitkan" profesi yang sudah ada sejak lama namun belum banyak dikenal orang. Profesi apakah itu? Ya, data scientist lah jawabannya Data scientist secara umum bertanggung jawab terhadap pengelolaan dan analisis data terutama dalam jumlah yang sangat besar (big data). Skill data scientist yang harus dikuasai pun bermacam-macam. Hal ini dikarenakan data scientist tidak hanya bekerja sendirian atau dengan tim di belakang layar, akan tetapi juga menjelaskan secara singkat kepada pengguna.


Data scientist merupakan profesi terseksi di abad ini. Saat ini yang tertarik dengan profesi ini bukan hanya orang yang memiliki latar belakang pendidikan statistika, matematika, IT, dll yang berkaitan saja. Bahkan diluar latar belakang pendidikan itu pun masih sangat banyak peminatnya. Mereka belajar secara otodidak atau mengikuti kelas kursus data science. Bagaimana menurutmu? Profesi ini sangat menarik bukan? Lalu untuk bergabung menjadi data scientist apa saja skill yang perlu dimiliki? Simak penjelasan di bawah ini ya!


1. Memahami Analisis Statistik

Statistika merupakan ilmu yang mempelajari tentang data mulai dari pengenalan data, teknik pengumpulan data, sampai dengan interpretasi data. Analisis statistik diperlukan untuk memperbaiki perencanaan dan pengawasan serta mengidentifikasi masalah. Oleh karena itu, sebagai seorang data scientist memerlukan pemahaman analisis statistik yang lebih dalam mulai dari tingkatan dasar sampai tinggi, yang mana tujuannya agar semakin terbiasa dan untuk memudahkan dalam pekerjaan.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Kemampuan Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan sederet barisan kode yang berisikan perintah untuk dieksekusi oleh komputer. Bahasa pemrograman merupakan salah satu skill yang perlu dimiliki oleh data scientist dikarenakan dapat membantu dalam mengatur sampai menganalisis data terstruktur maupun tidak terstruktur. Terdapat banyak bahasa pemrograman yang dapat digunakan oleh data scientist. beberapa yang populer diantaranya adalah Python, R, Java, C atau C++, SQL, dll.


3. Manajemen Database

Manajemen database merupakan salah satu kegiatan mengelola database yang akan digunakan dalam analisis data serta menjalankan operasi atau manipulasi terhadap data. Dengan memiliki skill manajemen database yang baik akan memudahkan data scientist dalam proses penyimpanan, akses, serta update data sehingga data yang digunakan benar-benar data yang berkualitas. Selain itu manajemen database dapat membantu dalam proses penyimpanan data yang besar sehingga dapat meningkatkan kinerja aplikasi yang membutuhkan penyimpanan data. 


4. Pemahaman Bisnis

Seorang data scientist tidak hanya bekerja untuk diri sendiri, melainkan melibatkan perusahaan terutama dalam bidang bisnis. Agar lebih maksimal dalam menjalankan peran dan tanggung jawabnya, data scientist harus memiliki pemahaman bisnis atau intuisi bisnis sehingga akan lebih mampu menyelesaikan permasalahan dengan tujuan bisnis yang lebih berkembang. Begitu pula sebaliknya, jika pemahaman terkait bisnis kurang tajam maka kemungkinan akan kurang maksimal dalam membantu perusahaan dan melihat peluang baru.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Melangkah Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!

Data scientist saat ini menjadi profesi yang diidam-idamkan dalam profesi bidang data. Untuk menjadi seorang data scientist diperlukan beberapa keterampilan soft skill maupun hard skill. Beberapa keterampilan seperti ilmu machine learning, ilmu dasar matematika dan statistika bisa kita peroleh di DQLab . Cara memulai belajar di DQLab cukup mudah, yaitu dengan cara sign in di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab yang berisikan dengan bahasa pemrograman penunjang seperti Python, R, dan SQL.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :