SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 17 Menit 54 Detik

4 Cara Memaksimalkan ChatGPT untuk Buat Rumus Excel

Belajar Data Science di Rumah 16-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-09-2024-05-17-153700_x_Thumbnail800.jpg

ChatGPT merupakan singkatan dari "Generative Pre-trained Transformer," yang merupakan teknologi kecerdasan buatan (AI) berbasis pembelajaran mesin. Teknologi ini dikembangkan oleh OpenAI dan memang sengaja dirancang untuk memahami dan menghasilkan teks yang mirip dengan bagaimana manusia berkomunikasi. Model ini dilatih menggunakan sejumlah data dari internet, yang mencakup berbagai topik dan gaya bahasa, sehingga memungkinkan ChatGPT untuk menjawab pertanyaan, memberikan saran, menjelaskan konsep, dan bahkan terlibat dalam percakapan yang mendalam tentang topik tertentu.


Perkembangan teknologi membuat banyak orang bisa belajar dari mana saja. Keberadaan ChatGPT termasuk salah satu teknologi yang cukup membantu untuk mendapatkan informasi tertentu. Salah satunya adalah dalam membuat rumus Excel. ChatGPT dapat membantu pengguna memahami berbagai fungsi dan rumus dalam Excel dengan memberikan penjelasan mendetail, contoh penggunaan, dan tips untuk menerapkan fungsi tersebut dalam konteks pekerjaan sehari-hari.


Dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara memanfaatkan ChatGPT dalam pembuatan rumus Excel. Simak pembahasannya, yuk!


1. Menggunakan ChatGPT untuk Membuat Rumus Excel yang Kompleks

Artificial Intelligence

Banyak pengguna Excel yang merasa kesulitan ketika harus berhadapan dengan pembuatan rumus yang kompleks. Di sinilah ChatGPT bisa menjadi solusi. ChatGPT dapat membantu pengguna untuk merumuskan fungsi-fungsi Excel yang rumit dengan cara yang lebih mudah dipahami.


Anggap saja kita perlu membuat rumus yang melibatkan beberapa fungsi seperti IF, VLOOKUP, dan SUMIF, maka kita bisa meminta bantuan ChatGPT untuk menyusun rumus tersebut. Cukup jelaskan kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai dalam bahasa yang sederhana, dan boom! ChatGPT akan memberikan rumus yang tepat beserta penjelasannya.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Belajar Fungsi Baru dengan Bantuan ChatGPT

Artificial Intelligence

Excel terkenal sebagai salah satu tool yang memiliki banyak fungsi. Bagi sebagian orang, mereka hanya akan menggunakan fungsi yang berkaitan dengan pekerjaannya, sementara yang tidak berkaitan tidak akan dieksplor lebih jauh. ChatGPT dapat digunakan untuk belajar tentang fungsi-fungsi tersebut. 


Misalnya, jika kita ingin mengetahui cara kerja fungsi `XLOOKUP`, kita bisa bertanya kepada ChatGPT. Nantinya, ChatGPT akan memberikan penjelasan tentang fungsi tersebut, termasuk cara penggunaannya dan contoh aplikasi dalam worksheet. Hal ini akan sangat membantu untuk memperluas pengetahuan yang kita miliki tentang Excel sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.


3. Menyelesaikan Error dalam Rumus Excel dengan Cepat

Artificial Intelligence

Sama seperti tools analisis data lainnya, menghadapi error dalam rumus Excel pun adalah hal yang umum terjadi. ChatGPT dapat membantu kita mendiagnosis dan memperbaiki error tersebut. Sebagai contoh, jika kita mendapatkan error ‘#VALUE!’, kita bisa bertanya kepada ChatGPT mengenai penyebab error tersebut dan bagaimana cara memperbaikinya. Dengan penjelasan yang diberikan, maka kita dapat memahami kesalahan yang terjadi dan memperbaiki rumus dengan lebih efisien.


4. Membuat Rumus Kustom yang Spesifik untuk Kebutuhan Bisnis

Artificial Intelligence

Setiap bisnis memiliki kebutuhan yang unik dalam pengolahan data. Dengan menggunakan ChatGPT, kita bisa dengan mudah untuk meng-kustom rumus sesuai dengan kebutuhan spesifik bisnis yang sedang kita jalankan.


Contohnya, kita membutuhkan rumus untuk menghitung komisi penjualan berdasarkan beberapa kriteria, maka kita bisa menjelaskan kriteria tersebut kepada ChatGPT. Lalu ChatGPT akan membantu merancang rumus yang tepat sesuai dengan skenario bisnis tersebut, sehingga kita bisa mendapatkan hasil yang akurat dan relevan dengan mudah.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Kemampuan ChatGPT dalam membuat rumus Excel menjadi teknologi yang sangat berguna untuk berbagai tingkat pengguna, baik untuk beginner hingga di level advanced. Kemampuan teknologi ini dalam memahami bahasa manusia dan memberikan solusi yang efisien dapat membantu meningkatkan produktivitas kita dalam penggunaan Excel.


Untuk merasakan sensasi belajar Excel dengan ChatGPT, kamu mungkin bisa mencoba untuk membeli modul Excel di DQLab. DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login