Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

4 Hal Penting dalam ChatGPT untuk Buat Rumus Excel

Belajar Data Science di Rumah 27-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-09-2023-10-30-150057_x_Thumbnail800.jpg

ChatGPT merupakan salah satu teknologi yang cukup membantu dalam berbagai aspek. Perkembangan era digital membuat teknologi yang ada menjadi terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari.


ChatGPT sendiri merupakan salah satu representasi dari teknologi kecerdasan buatan, sebuah teknologi canggih yang digunakan untuk meniru manusia dari segi berpikir nya. Adanya ChatGPT tentu melahirkan solusi-solusi baru untuk menjawab berbagai permasalahan yang ada.


Salah satu contoh pemanfaatan ChatGPT adalah dalam pembuatan rumus Excel. Fitur formula dalam Excel memang dibuat untuk mempermudah penggunanya melakukan analisis data. Bagi pemula yang tidak pernah bekerja dengan Excel, rumus Excel adalah hal yang rumit.


Kesalahan dalam peletakan urutan posisi akan menghasilkan data yang tidak valid. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai beberapa hal yang harus diketahui dari ChatGPT untuk membuat rumus Excel. Yuk, simak pembahasannya!


1. Keterampilan Bahasa Manusia yang Superior

Artificial Intelligence


Seperti banyaknya teknologi Artificial Intelligence di luar sana, teknologi ini memang sengaja dirancang untuk memahami bahasa yang digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-harinya. Hal ini membuat kita tidak perlu berbicara menggunakan kode atau bahasa teknis tertentu saat ingin membuat rumus Excel.


Kita bisa mengajukan pertanyaan atau deskripsi masalah yang sedang kita hadapi dengan menggunakan bahasa sehari-hari, dan ChatGPT akan memberikan jawaban yang sesuai.


Misalnya, kita dapat mengajukan pertanyaan sederhana seperti, "Bagaimana cara membuat rumus Excel untuk menghitung total kriteria tertentu dari sekelompok data?" ChatGPT akan memberikan jawaban yang mudah dimengerti untuk membantu Anda menciptakan rumus yang sesuai.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Kemampuan Menyusun Rumus yang Kompleks

Artificial Intelligence


Tidak hanya berguna untuk membuat rumus sederhana, dengan menggunakan kecerdasannya ChatGPT juga bisa membantu kita untuk membuat rumus yang kompleks.


Misalnya, kita perlu membuat rumus Excel yang melibatkan beberapa fungsi dan variabel yang rumit, Anda bisa menanyakan ChatGPT, "Bagaimana caranya membuat rumus Excel yang menggabungkan fungsi IF, VLOOKUP, dan SUMIF untuk mengevaluasi data penjualan berdasarkan kriteria tertentu?".


Dan Boom! ChatGPT akan memberikan rumus yang tepat untuk tujuan ini lengkap dengan langkah pengerjaannya.


3. Mendapatkan Penjelasan yang Mudah Dimengerti

Artificial Intelligence


Selain untuk membuat rumus, ChatGPT juga bisa digunakan untuk memberikan penjelasan detail dan mendalam tentang cara kerja rumus tertentu. Hal ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin memahami logika di balik rumus Excel.


Contoh pertanyaan yang bisa diajukan adalah "Mengapa saya harus menggunakan fungsi INDEX dan MATCH untuk mencari data dalam tabel Excel?". Selanjutnya ChatGPT akan memberikan penjelasan yang mudah dimengerti tentang konsep tersebut.


4. Validasi dan Koreksi Rumus

Artificial Intelligence


Kemampuan lain yang dimiliki oleh ChatGPT adalah teknologi ini juga dapat digunakan untuk memeriksa dan memvalidasi rumus yang telah dibuat sebelumnya. Contoh pertanyaan yang bisa diajukan adalah "Bisakah Anda memeriksa rumus Excel saya untuk melihat apakah ada kesalahan?" atau "Apakah rumus Excel ini sudah benar untuk perhitungan pajak tahunan?"


ChatGPT akan membantu kita untuk menemukan dan memperbaiki potensi kesalahan dalam rumus Excel yang telah dibuat sebelumnya.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Kemampuan ChatGPT dalam membuat rumus Excel menjadi teknologi yang sangat berguna untuk berbagai tingkat pengguna, baik untuk beginner hingga di level advanced. Kemampuan teknologi ini dalam memahami bahasa manusia dan memberikan solusi yang efisien dapat membantu meningkatkan produktivitas kita dalam penggunaan Excel.


Untuk merasakan sensasi belajar Excel dengan ChatGPT, kamu mungkin bisa mencoba untuk membeli modul Excel di DQLab. DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT. 


Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login