Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

4 Langkah Tutorial ChatGPT untuk Belajar Bahasa SQL

Belajar Data Science di Rumah 30-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-09-2023-11-01-102036_x_Thumbnail800.jpg

Keberadaan ChatGPT memang memberikan kemudahan bagi banyak orang. Tidak hanya berguna untuk menjawab pertanyaan yang bersifat ringan dan mudah, ChatGPT juga kerap kali digunakan untuk mempermudah proses belajar seseorang. Termasuk untuk proses belajar bahasa pemrograman, ChatGPT bisa memberikan solusi jika kita sedang menghadapi kesulitan untuk memecahkan error atau menentukan coding yang tepat.


Kemampuan ChatGPT untuk membantu dalam pemrograman tidak hanya terbatas pada bahasa pemrograman umum seperti Python atau Java. Kita juga bisa memanfaatkan ChatGPT untuk membantu kita dalam penulisan kode SQL (Structured Query Language) yang sering digunakan dalam manajemen basis data.


Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tahapan yang bisa dilakukan agar bisa memanfaatkan ChatGPT untuk belajar SQL. Yuk, lihat pembahasannya!


1. Akses Platform ChatGPT yang Tersedia

Artificial Intelligence


Tahapan awal yang harus dilakukan adalah mengakses platform yang mendukung ChatGPT. Teknologi ini bisa diakses melalui berbagai cara, kita bisa langsung mengakses melalui web resmi ChatGPT, aplikasi yang memuat ChatGPT, serta platform ketiga yang terintegrasi dengan ChatGPT.


Namun yang harus dijadikan catatan adalah kita harus memiliki akses yang memadai dan memahami cara menggunakan platform tersebut.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Tanyakan Permasalahan yang Ingin Diselesaikan

Artificial Intelligence


Begitu kita berhasil mengakses platform ChatGPT, kita bisa mulai dengan menuliskan pertanyaan atau menjabarkan permasalahan yang sedang dihadapi. Untuk proses merumuskan pertanyaan ini, kita tidak harus memahami query SQL khusus, karena kita cukup menuliskan pertanyaan atau deskripsi tugas yang kita terima dalam bahasa manusia yang mudah dimengerti.


Misalnya, kita bisa mengajukan pertanyaan seperti, "Tolong buatkan query SQL untuk mengambil data pelanggan yang melakukan pembelian lebih dari 5 kali". 


3. Interaksi dengan ChatGPT

Artificial Intelligence

Setelah kita mengajukan pertanyaan atau menjabarkan deskripsi tugas, nantinya ChatGPT akan merespons dengan solusi atau kode SQL yang relevan dengan permintaan yang kita tulis. Tidak bisa dipungkiri, terkadang ChatGPT akan memberikan jawaban yang tidak begitu sesuai dengan kebutuhan.


Oleh karena itu, kita bisa melakukan interaksi lanjutan dengan ChatGPT, misalnya dengan mengajukan pertanyaan tambahan, meminta penjelasan tentang kode yang dihasilkan, atau meminta saran untuk peningkatan. ChatGPT dapat membantu dengan berbagai jenis perintah SQL, termasuk SELECT, INSERT, UPDATE, dan DELETE.


4. Evaluasi dan Pemahaman Kode SQL

Artificial Intelligence


Setelah menerima kode SQL dari ChatGPT, penting untuk mengerti kode tersebut dengan baik. Kita bisa memeriksa apakah kode tersebut sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai atau apakah ada perbaikan yang perlu dilakukan.


Kita juga bisa menjalankan kode di SQL environment yang kita miliki untuk memastikan apakah kode tersebut berfungsi dengan benar. Selalu ingat untuk melakukan uji coba dan pemecahan masalah saat menggunakan kode yang dihasilkan oleh ChatGPT.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login