SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 15 Jam 0 Menit 27 Detik

4 Manfaat Artificial Intelligence di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 18-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-09-2024-05-19-093559_x_Thumbnail800.jpg

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah teknologi yang berkembang pesat dengan pengaplikasian yang luas dan beragam. Teknologi ini merupakan bagian dari ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan sistem dan mesin sehingga mampu melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia. Singkatnya, teknologi ini dibuat untuk memudahkan pekerjaan manusia, namun tidak untuk menggantikan tugas manusia secara keseluruhan.


Teknologi AI dalam menjalankan tugasnya, biasanya akan melibatkan berbagai aspek, misalnya Machine Learning membuat mesin belajar dari data dan pengalaman tanpa diprogram secara eksplisit untuk tugas tertentu; Natural Language Processing yang bisa membuat komputer berinteraksi dengan manusia; Computer Vision yang digunakan untuk pengenalan objek dari foto dan video; serta Expert System yang merupakan program komputer yang meniru kemampuan pengambilan keputusan dari seorang pakar manusia.


Dalam artikel ini, kita akan banyak membahas mengenai manfaat dari teknologi AI yang bisa meringankan pekerjaan manusia. Yuk, lihat apa saja manfaatnya!


1. Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas

Artificial Intelligence

Salah satu manfaat terbesar AI adalah kemampuannya untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai sektor. AI dapat mengotomatisasi tugas-tugas yang harus dilakukan secara rutin dan berulang. Hal ini bisa membuat pekerja manusia untuk fokus pada tugas yang lebih kompleks dan bernilai tinggi. 


Contohnya, dalam industri manufaktur, robot yang didukung AI dapat melakukan perakitan dan kontrol kualitas secara cepat dan akurat. Di sektor layanan pelanggan, chatbot AI dapat menangani pertanyaan dasar dari pelanggan, sehingga bisa mengurangi beban kerja pada staf dan mempercepat respons. Dengan begitu, perusahaan dapat menghemat waktu dan biaya sambil meningkatkan output dan kualitas layanan.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Analisis Data yang Lebih Mendalam dan Akurat

Artificial Intelligence

Teknologi AI juga memiliki kemampuan untuk menganalisis data dalam jumlah yang besar dengan kecepatan dan akurasi yang jauh melampaui kapasitas manusia. Hal ini akan sangat dibutuhkan dalam bidang seperti keuangan, marketing, dan kesehatan, dimana keputusan berdasarkan data diperlukan dengan cepat namun harus tetap akurat. 


Misalnya, dalam bidang kesehatan, AI dapat menganalisis data medis untuk mengidentifikasi pola data, lalu memberikan diagnosis lebih cepat dan lebih akurat dibandingkan metode konvensional. Dalam bidang marketing, AI dapat mengolah data pelanggan sehingga akan didapatkan insight mengenai perilaku konsumen yang nantinya bisa digunakan untuk memprediksi tren pasar. Hal ini bisa membantu perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih baik dan tepat sasaran.


3. Pengembangan Produk dan Layanan Inovatif

Artificial Intelligence

Teknologi AI mampu mendorong lahirnya inovasi dengan memungkinkan pengembangan produk dan layanan baru yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan. Contoh nyata adalah kendaraan otonom yang menggunakan teknologi AI untuk menavigasi dan mengemudi tanpa intervensi manusia. Selain itu, AI juga digunakan dalam pengembangan aplikasi kesehatan yang dapat memantau kondisi pasien secara real-time dan memberikan peringatan dini tentang potensi masalah kesehatan. 


4. Peningkatan Keamanan dan Pengelolaan Risiko

Artificial Intelligence

AI memegang peranan penting dalam meningkatkan keamanan dan pengelolaan risiko di berbagai bidang. Dalam keamanan siber, AI umumnya digunakan untuk mendeteksi dan merespons ancaman secara real-time, serta melindungi data dan sistem dari serangan yang semakin canggih.


Selain itu, AI juga digunakan dalam manajemen risiko bencana dengan memprediksi kejadian alam seperti gempa bumi dan badai, sehingga memungkinkan tindakan pencegahan yang lebih efektif dan penyelamatan yang lebih cepat.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Manfaat AI sangat luas dan mencakup berbagai aspek dalam kehidupan manusia. Dengan terus berkembangnya teknologi AI, kita bisa mengharapkan lebih banyak inovasi dan perbaikan dalam berbagai sektor, membawa kita ke masa depan yang lebih efisien, aman, dan cerdas.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login