Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

5 ChatGPT Prompts untuk Membuat Rumus Excel

Belajar Data Science di Rumah 02-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-09-2023-11-02-143710_x_Thumbnail800.jpg

Membuat rumus di Excel bisa menjadi tugas yang menakutkan, terutama jika kamu belum terbiasa dengan berbagai sintaks dan fungsi yang tersedia. Namun, saat ini ada solusi yang mengagumkan: ChatGPT.


ChatGPT adalah model kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang dapat membantu kamu membuat rumus Excel dengan mudah. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa contoh prompt ChatGPT yang dapat membantu kamu membuat rumus Excel tanpa perlu menjadi seorang ahli matematika atau programmer.


Dengan bantuan ChatGPT, kamu dapat menghemat waktu dan upaya dalam pekerjaan sehari-hari. Selamat mencoba!


1. Rata-Rata Data

Artificial Intelligence


Salah satu tugas umum dalam Excel adalah menghitung rata-rata data. Untuk melakukannya dengan bantuan ChatGPT, kamu hanya perlu mengetikkan prompt seperti, "ChatGPT, tolong buatkan saya rumus untuk menghitung rata-rata dari kolom A1 hingga A10."


ChatGPT akan segera merespons dengan rumus yang sesuai, seperti "=AVERAGE(A1:A10)." Ini sangat berguna untuk menghindari kesalahan manusia dalam pengetikan rumus.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Menghitung Total Data

Artificial Intelligence


Menghitung total data dalam Excel juga bisa menjadi tugas yang rumit. Namun, dengan ChatGPT, kamu dapat dengan mudah meminta bantuan. Cukup gunakan prompt seperti, "ChatGPT, saya butuh rumus untuk menjumlahkan kolom B1 hingga B5."


ChatGPT akan memberikan rumus yang benar, misalnya, "=SUM(B1:B5)." Dengan cara ini, kamu dapat menghemat waktu yang seharusnya kamu habiskan untuk mencari sintaks yang tepat.


3. Persentase Data

Untuk menghitung persentase dalam Excel, seperti persentase pertumbuhan penjualan, ChatGPT dapat memberikan rumus yang akurat. Misalnya, kamu dapat mengetikkan, "ChatGPT, bagikan kolom C1 dengan kolom C2 dan hasilnya tampilkan dalam format persentase." ChatGPT akan memberikan rumus yang sesuai, seperti "=C1/C2*100%" untuk menghitung persentase pertumbuhan.


4. Penggunaan Fungsi IF

Fungsi IF dalam Excel digunakan untuk membuat pernyataan logika. Untuk membuat rumus IF yang sesuai, kamu hanya perlu memberikan prompt seperti, "ChatGPT, bagaimana cara membuat rumus IF di Excel yang menghasilkan 'Lulus' jika nilai di kolom D1 lebih besar dari 70, dan 'Gagal' jika tidak?" ChatGPT akan memberikan rumus IF yang tepat, seperti "=IF(D1>70, 'Lulus', 'Gagal')."


5. Menampilkan Tanggal dan Waktu

Excel juga digunakan untuk bekerja dengan tanggal dan waktu. Untuk menampilkan tanggal atau waktu dalam format tertentu, kamu dapat menggunakan ChatGPT.


Misalnya, jika kamu ingin menampilkan tanggal hari ini dalam format "dd/mm/yyyy," cukup ketik, "ChatGPT, tolong buatkan rumus untuk menampilkan tanggal hari ini dalam format 'dd/mm/yyyy'." ChatGPT akan memberikan rumus yang sesuai, seperti "=TEXT(TODAY(), 'dd/mm/yyyy')."


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Jika kamu ingin menguasai lebih banyak cara mengoptimalkan penggunaan Excel dalam analisis data, jangan ragu untuk bergabung dengan kursus Data Science di DQLab. Kursus-kursus kami akan membantu kamu memahami lebih dalam tentang penggunaan Excel, serta konsep data science lainnya.


Yuk, buat sistem yang serupa dengan chat GPT dan gali pengalaman kamu tentang machine learning dengan mulai membangun pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning”.


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn. Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar bersama Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login