FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 16 Menit 14 Detik 

Kisah Abiyyu Seorang NON-IT Sukses Beralih Profesi Jadi Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 15-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5c6c77370e4bab81d9b8181d2b35014d_x_Thumbnail800.jpg

Lagi-lagi kisah Abiyyu Fathin menambah sejarah dalam dunia data science. Ia mampu membuktikan, jika semua orang dengan beragam latar belakang pendidikan, memiliki kesempatan yang sama untuk bisa berprofesi sebagai praktisi data. Abiyyu, seorang yang tidak memiliki background pendidikan di bidang IT, kini sukses memiliki karir sebagai data analyst di salah satu perusahaan aplikasi sosial commerce, KitaBeli.


œMenjadi seorang data analyst adalah sebuah challenge yang sangat menarik. Setiap harinya, saya mengolah data-data perusahaan seperti sales, data stok, dan juga data keuangan menggunakan SQL & Python, ungkap Abiyyu.


Nah, kali ini Abiyyu akan berbagi cerita perjalanan dan pengalamannya dalam meraih kesuksesan di industri data. Intip kisahnya yuk Sahabat DQ!


1. Tertarik pada Dunia Data Sejak Kuliah

Dalam dunia kerja, mungkin tidak sedikit orang yang melakukan banting setir tanpa perencanaan sebelumnya. Tapi beda halnya dengan apa yang dilakukan Abiyyu, ia sadar betul bahwa ia justru merencanakan hal ini sejak kuliah dan makin mantap pada saat mendapatkan pekerjaan pertamanya, dimana dirinya belum berkecimpung di ranah data. 


Dengan kegigihannya dalam belajar, Abiyyu berhasil membuktikan kecintaannya terhadap data dan mulai belajar science yang akhirnya kini membawanya sebagai data analyst. 


œSedari awal, saya memang berencana untuk switch career, karena saya menyukai bidang AI (Artificial Intelligence). Bermula dari rencana tersebut, saya memulai langkah saya untuk belajar dengan mandiri di DQLab, katanya.

Baca juga : Mulai Berkarir Jadi Data Project Manager Tanpa Background IT!


2. Belajar Data Science Otodidak, Persiapan Abiyyu Berpindah Karir


Mempelajari Python dan SQL

Bagi Abiyyu, memahami Python dan SQL merupakan salah satu kompetensi wajib yang harus dimiliki setiap praktisi data. Selain mudah digunakan, dengan 2 tools tersebut kamu bisa mempelajari banyak ilmu dasar tentang data science di sana.


Mengasah Soft Skill dan Hard Skill Melalui Bootcamp

Dalam dunia kerja, tentu kita perlu memiliki skill untuk bisa melakukan pekerjaan yang kita jalani. Begitupun dalam dunia data science, tidak melulu soal hard skill. Di industri data kamu juga perlu mengasah soft skillmu menjadi lebih baik, Sahabat DQ! Soft skill dalam dunia data di antara lain seperti dalam berkomunikasi, memiliki ketekunan & kegigihan, serta bersikap skeptis (tidak mudah percaya, sehingga memungkinkan kamu untuk selalu double check pada hasil kerjamu). 


Membangun Portofolio Data 

Pada tahap melamar kerja, bisa dikatakan portofolio merupakan senjata yang bisa kamu andalkan nih, Sahabat DQ, dalam meluluhkan hati rekruter! Sebab melalui portofolio, rekruter bisa melihat hasil karyamu yang bisa dijadikan bahan pertimbangan, apakah layak atau tidak untuk bekerja dalam perusahaan tersebut. Kamu bisa memperkaya portofolio datamu dengan mengerjakan sejumlah proyek data yang ada.


3. Belajar - Bangun Portfolio - Mengikuti Event - Repeat 

Menurut Abiyyu, dalam mencapai kesuksesan di dunia data ada beberapa hal yang perlu kamu ingat nih, Sahabat DQ! Yang pertama adalah konsisten dalam belajar. Dengan memiliki konsistensi, kamu tidak akan mudah menyerah dalam kondisi apapun. 


Konsisten juga memungkinkan kamu untuk terbiasa dalam mempraktikkan ilmu yang kamu pelajari. Hal kedua adalah mengikuti berbagai kelas, bootcamp, workshop, dan sebagainya.


Jika kamu sudah memiliki pemahaman tentang teori-teori, kamu bisa mulai untuk mengaplikasikan ilmu tersebut dengan mengikuti sejumlah program yang tadi disebutkan ya! Yang terakhir adalah fokus dan jangan mudah terganggu dengan sekitar.


Baca juga : Siapkan Diri sebagai Praktisi Data, Pahami Python Bersama DQLab secara GRATIS!


4. Mulai Konsisten Belajar Data Science & Ikuti Jejak Abiyyu Sebagai Data Analyst

Sahabat DQ, bagaimana cerita perjalanan karir Abiyyu? Menginspirasi bukan? Sahabat DQ juga bisa kok seperti Abiyyu, dengan mulai konsisten mempelajari data science dari sekarang! Di era sekarang, kamu bisa memilih caramu sendiri dalam belajar. Mau otodidak bisa, mencari teman bisa, atau memilih tempat belajar yang terpercaya.


DQLab sebagai salah satu platform belajar data science berbasis online, bisa kamu jadikan pilihan yang tepat nih, Sahabat DQ. Di sini, kamu akan mempelajari data science dari dasar dan secara bertahap. 


Materi yang dikemas dalam bentuk modul bisa kamu akses secara gratis di DQLab.id. Pembelajaran yang fleksibel juga memungkinkan kamu untuk belajar dimana saja dan kapanpun kamu mau. Tentunya ini menjadi solusi bagi kamu yang ingin belajar di rumah saja, tapi bingung untuk mulai belajar dari mana.


Penulis : Sandi Sabar Rahman

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :