SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 14 Jam 42 Menit 17 Detik

Apa Saja Fitur AI untuk Coding di DQLab?

Belajar Data Science di Rumah 29-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-09-2024-05-29-203645_x_Thumbnail800.jpg

Istilah kecerdasan buatan atau artificial intelligence beberapa tahun belakangan ini cukup sering muncul dan mencuri perhatian khalayak umum yang mengikuti trend perkembangan teknologi. Padahal kita juga sering menonton atau bahkan menggunakan sendiri penerapan teknologi kecerdasan buatan tersebut. Dalam artificial intelligence sendiri terdapat berbagai penerapan, salah satunya seperti Chat GPT. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa fitur AI Chat GPT untuk coding DQLab.


Perkembangan teknologi masa kini perlu dimbangi dengan dengan bidang ilmu yang sesuai. Salah satu cara menyesuaikan dengan ilmu yang sebanding adalah mempelajari beberapa hal yang berkaitan, salah satunya adalah dengan mempelajari artificial intelligence. AI ini memiliki beberapa keunggulan dan bisa membantu proses otomatisasi data, bisa mempelajari pola dalam data, membantu di berbagai aspek. Untuk lebih lanjut yuk simak artikel berikut ini!


1. Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan merupakan suatu sistem yang dirancang untuk meniru kecerdasan manusia untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Istilah Artificial Intelligence sudah ada sejak tahun 1956. Cara kerja dari artificial intelligence adalah sesuai dengan algoritma pemrograman yang ada di dalam sistem komputer sesuai dengan apa yang telah diberikan saat pembuatannya.


Penggunaan artificial intelligence bukanlah hal baru bagi kita dan justru inovasinya yang semakin berkembanglah menjadi daya tarik yang menarik perhatian.Walau demikian, teknologi AI tidak dimaksudkan untuk menggantikan manusia.

Artificial Intelligence

sumber: itbox


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Cara Menggunakan Chat GPT

Chat GPT memiliki cara penggunaan yang mudah diterapkan, berikut langkah-langkahnya:

  • buka browser dan ketik situs Open AI (https://chat.openai.com/)

  • jika belum memiliki akun, klik sign up. Kamu bisa sign up atau registrasi menggunakan akun google yang dimiliki

  • masukkan nomor pribadi yang aktif yang nantinya akan digunakan untuk menerima kode verifikasi

  • jika kode verifikasi telah diterima, masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan

  • tunggu beberapa saat lalu akan dialihkan ke dashboard Chat GPT

  • jika sudah berhasil masuk, masukkan pertanyaan yang diinginkan dan tunggu sampai Chat GPT berhasil menjawab -pertanyaan

Artificial Intelligence


3. Fitur Chat GPT

Chat GPT hampir sama seperti beberapa sistem kecanggihan teknologi artificial intelligence lainnya yaitu memiliki ciri khas dan berbagai fitur yang dapat digunakan. Untuk proses coding, beberapa fitur Chat GPT untuk coding antara lain seperti memiliki pemahaman bahasa alami yang canggih, termasuk ke dalam kecerdasan buatan tingkat lanjut, memiliki kemampuan generasi bahasa alami, tersedia selama 24 jam, memiliki kemampuan multi bahasa, skalabilitas yang tinggi dan terintegrasi dengan aplikasi serta layanan lainnya.

Artificial Intelligence


4. Contoh Penerapan AI

Artificial intelligence  adalah salah satu bentuk kecanggihan teknologi yang bisa dipelajari di masa kini. Penerapan artificial intelligence pun telah banyak kita jumpai dalam keseharian di berbagai bidang. Beberapa contoh penerapan artificial intelligence dalam kehidupan sehari-hari antara lain seperti personalisasi konten, asisten virtual, belanja virtual, tersedianya m-banking, smart city, e-commerce, aplikasi kesehatan, menganalisis data lebih mudah, dan lain-lain.

Artificial Intelligence

sumber : perkim.id


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Artificial intelligence merupakan sebuah teknologi kecerdasan buatan yang perlu dipelajari di masa kecanggihan masa kini. Dasar-dasar artificial intelligence bisa dipelajari oleh siapapun. Bahkan kini telah banyak tempat belajar secara online seperti DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti  Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login