JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 9 Jam 48 Menit 47 Detik

Apakah Boleh Membuat Rumus Excel dengan AI Bot?

Belajar Data Science di Rumah 26-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-09-2024-03-25-213641_x_Thumbnail800.jpg

Era kecerdasan buatan (AI) mulai merasuk ke berbagai aspek kehidupan termasuk dalam perangkat lunak seperti Excel. Sejalan dengan hal tersebut, pengguna tentu diuntungkan karena tidak perlu repot untuk mencari cara dan menuliskan rumus yang begitu panjang. Cukup dengan menuliskan pertanyaan berupa perintah maupun pernyataan soal rumus Excel yang kamu butuhkan, AI langsung mengabulkan permintaanmu. Namun, selain ChatGPT, ternyata ada lagi pesaing baru yang patut diwaspadai yakni Excel Bot. 


Sama halnya dengan ChatGPT atau asisten AI lainnya, Excel Bot juga dirancang untuk membantu pengguna dalam membuat rumus Excel dengan cepat dan efisien. Namun, perbedaannya terletak pada fokusnya yang lebih spesifik pada penggunaan Excel dan kemampuannya untuk berinteraksi secara langsung dengan aplikasi spreadsheet tersebut.


Dengan menggunakan Excel Bot, pengguna dapat mengajukan pertanyaan atau perintah mengenai rumus Excel yang mereka butuhkan, dan bot akan secara otomatis menghasilkan rumus tersebut tanpa perlu menulisnya secara manual. Hal ini tentu saja memberikan kemudahan bagi pengguna yang mungkin tidak terlalu familiar atau terampil dalam menggunakan Excel secara mendalam. Kali ini, DQLab akan membahas tentang apa boleh membuat rumus Excel dengan Excel Bot? Simak penjelasannya lewat artikel berikut, yuk!


1. Apa itu Excel Bot

Excel Bot adalah program atau aplikasi yang dirancang untuk membantu pengguna dalam membuat rumus Excel atau melakukan tugas lainnya dalam lingkungan spreadsheet. Biasanya, bot semacam ini menggunakan kecerdasan buatan atau pemrograman tertentu untuk mengenali perintah dari pengguna dan menghasilkan output yang diinginkan dalam bentuk rumus Excel.

Artificial Intelligence

Sumber Gambar: eWrite Tech


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Lebih praktis dalam penggunaan

Excel Bot dinilai lebih praktis dalam penggunaannya. Hal ini karena bot dapat diakses dan digunakan kapan saja dan di mana saja melalui berbagai platform, seperti desktop, web, atau bahkan perangkat mobile. Selain itu, kemampuan bot untuk menyediakan bantuan secara real-time dan mendukung pengguna dalam membuat rumus Excel dengan cepat dan efisien membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi banyak individu dan organisasi.


Dengan Excel Bot, pengguna juga dapat mengakses berbagai fitur tambahan, seperti analisis data lanjutan, visualisasi grafis, dan integrasi dengan sistem lainnya. Hal ini memperluas kemungkinan penggunaan Excel dan meningkatkan produktivitas dalam berbagai konteks, mulai dari manajemen keuangan hingga analisis bisnis.


3. Terkadang Bot juga bisa salah terka dan salah duga akan hasilnya

Meskipun Excel Bot bisa membantu manusia dalam proses penggunaannya, terkadang output yang dikeluarkan juga bisa salah terka dan salah duga. Hal ini dapat terjadi karena Excel Bot hanya dapat menghasilkan output berdasarkan instruksi yang diberikan oleh pengguna atau pemrogramnya.


Jika instruksi yang diberikan tidak tepat atau tidak lengkap, maka hasil yang dihasilkan oleh bot juga dapat menjadi tidak akurat. Selain itu, kegagalan bot untuk mengenali konteks atau kondisi tertentu dalam data juga dapat menyebabkan kesalahan dalam output yang dihasilkan.


Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk memeriksa dan memvalidasi hasil yang dihasilkan oleh Excel Bot secara manual. Hal ini memungkinkan untuk mendeteksi dan memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi sebelum hasil tersebut digunakan untuk pengambilan keputusan atau analisis lebih lanjut. Selain itu, pengguna juga perlu terus memantau dan memperbarui bot sesuai dengan perubahan dalam kebutuhan atau kondisi lingkungan yang relevan.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Membuat Rumus Excel dengan Excel Bot, Sebuah Inovasi atau Kemunduran?

Balik lagi ke pertanyaan awal, kira-kira boleh atau tidak sih membuat rumus Excel dengan Excel Bot? Kira-kira sebuah inovasi atau justru kemunduran? Jawabannya mungkin tidaklah hitam atau putih, karena tergantung pada konteks penggunaannya. Sebagai sebuah inovasi, penggunaan Excel Bot bisa dianggap sebagai langkah maju dalam otomatisasi dan efisiensi pekerjaan menggunakan spreadsheet.


Namun, jika penggunaannya menyebabkan pengguna kehilangan pemahaman terhadap konsep dasar yang mendasari rumus Excel, itu bisa dianggap sebagai kemunduran dalam kapasitas pengguna untuk secara mandiri memecahkan masalah dan menerapkan analisis data.


Perlu diingat bahwa teknologi, termasuk Excel Bot, hanyalah alat. Bagaimana alat itu digunakan sepenuhnya tergantung pada penggunaannya. Jika digunakan dengan bijak, Excel Bot dapat menjadi alat yang sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas pekerjaan. Namun, jika digunakan tanpa pemahaman yang memadai tentang proses yang mendasarinya, risiko kesalahan dan kehilangan kontrol dapat meningkat.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login