Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Bedah Modul R DQLab dengan Chatbot AI

Belajar Data Science di Rumah 19-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-09-2023-11-17-184211_x_Thumbnail800.jpg

Sekarang ini, belajar data science tidak perlu ribet. Apalagi dengan keberadaan fitur Artificial Intelligence layaknya ChatGPT, kamu bisa belajar coding dan bahasa pemrograman kesukaan kamu. Salah satu kursus belajar data yang sudah menerapkan teknologi berbasis AI adalah DQLab.


Melalui fitur Ask AI Chatbot, peserta atau member bisa memanfaatkannya secara cuma-cuma apabila ada kesalahan atau kekeliruan dalam melakukan penulisan sintaks maupun coding. Berbagai modul yang disediakan DQLab membantu member untuk memahami dan fokus pada bahasa pemrograman mereka. Misalnya ketika ingin mendalami dan menguasai bahasa R, kamu bisa mempelajari lebih dalam tentang seluk-beluk R. Begitu juga Python, SQL maupun yang lainnya.


Pada kesempatan kali ini, kita akan melakukan bedah modul yang dimiliki oleh DQLab. Bisa dibilang modul ini merupakan salah satu modul kesukaan seluruh member dan most wanted ketika ingin belajar lebih dalam di DQLab.


Sebelum mereka subscribe ke akun premium, kamu bisa mencoba modul ini. Namanya adalah Introduction to Data Science with R. Namun, ada sedikit pembaruan dalam modul ini. Terdapat sentuhan fitur AI yang memudahkan kamu mengetahui letak kesalahan atas coding yang kamu tulis dan jawaban yang kamu ketikkan setelah disubmit.


Hal ini berbeda dengan modul yang dulu hanya materi saja plus coding tanpa dijelaskan salahnya dimana. So, kali ini kita akan bedah lebih jauh modul Introduction to Data Science with R menggunakan Ask AI. Simak penjelasan yuk sahabat DQLab!


1. Hello World di R

Dalam setiap pembelajaran pemrograman, menampilkan tulisan "Hello World" sebagai tradisi dunia pada saat mulai belajar pemrograman. Mari kita lakukan hal yang sama dengan menggunakan bahasa R di halaman ini melalui Code Editor.

ChatGPT


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Comment pada R

Comment merupakan teks untuk menambahkan keterangan pada kode yang ditulis. Penambahan keterangan ini akan mengingatkan kita kembali ketika membuka code tersebut di suatu waktu di masa depan. 


Comment tidak dianggap sebagai code yang dapat dieksekusi. 


Penggunaan comment dalam bahasa R dapat dilakukan dengan mengawali suatu teks dengan tanda '#'.


Berikut ini merupakan contoh penggunaan comment dengan menggunakan Ask AI Chatbot

ChatGPT


3. Vector pada R

Vector merupakan sebuah struktur data yang dapat menyimpan lebih dari satu data yang akan digunakan di R.


Penggunaannya sangat sederhana, yaitu menggunakan fungsi c disertai data-data yang ingin disimpan. Perhatikan potongan kode berikut

c(5, 10, 20)


ini artinya kamu akan menyimpan nilai 5, 10 dan 20 dalam satu struktur yang disebut vektor. Selanjutnya, jika kamu ingin menyimpan rangkaian angka yang terurut, misalkan angka 1 sampai dengan 20, maka kamud dapat dapat mengetikkan potongan kode berikut

c(1:20)


Berikut ini merupakan contoh penggunaan vector dengan menggunakan Ask AI Chatbot

ChatGPT


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Penggunaan Fungsi Summary

Kekuatan bahasa pemrograman R terdapat pada fungsi-fungsi bawaan yang kaya untuk dipergunakan dalam analisis data. Salah satu fungsi ini  adalah fungsi bernama summary yang bisa digunakan untuk menyimpulkan data yang lagi kita proses. Kesimpulan ini berupa nilai statistik deskriptif dari data yang dimiliki, diantaranya nilai minimum, nilai kuartil pertama, nilai tengah (median), nilai kuartil ketiga, dan nilai maksimum data.


Berikut ini merupakan contoh penggunaan fungsi summary dengan menggunakan Ask AI Chatbot

ChatGPT


Yuk, eksplorasi ChatGPT untuk kebutuhan belajar tentang data bersama DQLab. Kenapa harus DQLab? Sebagai platform belajar online terbaik, modul ajarnya dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. DQLab juga mengintegrasikan modulnya dengan ChatGPT, sehingga:


  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner dan persiapkan diri untuk menjadi praktisi data yang andal! 


Penulis: Reyvan Maulid




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login