3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 37 Menit 5 Detik

Belajar Coding While Python dengan AI ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 15-Desember-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-09-2023-12-15-142036_x_Thumbnail800.jpg

Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh praktisi data karena memiliki struktur syntax yang mudah dipahami. Tapi, tentu bagi para pemula mempelajari hal baru tetaplah ada tantangannya. Jangan khawatir, ChatGPT bisa kalian andalkan untuk memahami berbagai proses coding di Python. Salah satunya untuk mengenal perulangan while.


ChatGPT adalah inovasi dari artificial intelligence yang bisa secara real-time menjawab setiap pertanyaan yang kalian berikan dalam bentuk prompt. Tidak hanya menjelaskan konsep dasar, produk AI satu ini juga bisa memberikan contoh penggunaan coding while Python dalam berbagai studi kasus. Penasaran bagaimana menggunakannya? Simak langsung pada pembahasan berikut ini!


1. Mengenal Konsep Coding Perulangan

Perulangan dalam pemrograman, atau yang sering disebut sebagai looping, adalah suatu konsep yang memungkinkan sebuah blok kode dieksekusi secara berulang-ulang selama kondisi tertentu terpenuhi. Dengan menggunakan perulangan, kita dapat menghindari penulisan kode yang berulang dan membuat program lebih efisien.


Dalam praktiknya, perulangan sangat berguna untuk menangani tugas-tugas yang memerlukan pengulangan atau pemrosesan data berulang. Contohnya, ketika kita ingin melakukan operasi yang sama pada setiap elemen dalam array atau mengulangi suatu tugas sampai kondisi tertentu tercapai. Penggunaan perulangan dengan bijak dapat meningkatkan efisiensi kode dan menghasilkan program yang lebih terstruktur dan mudah dipahami.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Macam-macam Perulangan di Python

Pertama, perulangan for digunakan untuk mengulangi blok kode sejumlah elemen dalam suatu urutan, seperti list atau string. Misalnya, untuk setiap elemen dalam list, blok kode akan dieksekusi. Berikut syntax umumnya.

Artificial Intelligence


Perulangan while digunakan untuk mengulangi blok kode selama suatu kondisi terpenuhi. Blok kode akan dieksekusi terus menerus hingga kondisi tidak lagi terpenuhi. Bentuk umumnya adalah:

Artificial Intelligence


Ada juga fungsi range() dapat digunakan bersama perulangan for untuk membuat deret angka atau indeks yang berurutan. Ini sering digunakan untuk mengakses elemen berdasarkan indeks atau untuk melakukan iterasi sejumlah tertentu kali.

Artificial Intelligence


Lalu, perulangan enumerate() digunakan untuk mengambil indeks dan nilai dari suatu urutan, seperti list. Hal ini berguna saat kita perlu mengakses nilai dan indeks secara bersamaan.

Artificial Intelligence


3. Belajar While Python dengan ChatGPT

Lalu bagaimana menggunakan ChatGPT untuk paham coding perulangan while? Pertama, kalian harus menyiapkan prompt deskripsi yang spesifik. Jelaskan apa yang ingin dipelajari beserta contoh studi kasus yang mudah dipahami. Contoh promptnya seperti ini.

Artificial Intelligence


Secara langsung, ChatGPT akan membantu kalian untuk belajar mulai dari konsep dasarnya hingga praktik penggunaannya secara sederhana.

Artificial Intelligence


Kalian juga bisa belajar bentuk perulangan lainnya dengan contoh studi kasus yang sama untuk memahami perbedaan struktur perulangan satu sama lain. Misalnya contoh perulangan while di atas, ternyata bisa dibuat dengan bentuk perulangan for atau range. Berikut promptnya.

Artificial Intelligence


ChatGPT akan otomatis menjelaskan alternatif lainnya yang bisa dipakai selain while. Berikut penjelasannya.

Artificial Intelligence


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Nah, proses belajar coding Python jadi lebih mudah kan? Yuk, eksplorasi lebih jauh lagi penggunaan ChatGPT bersama DQLab. Modul ajar di platform ini dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Jadi, tidak terbatas seperti contoh di atas, nih. DQLab juga mengintegrasikan modul dan ChatGPT, sehingga:

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada code

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun

Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner dan persiapkan diri untuk mahir membuat code dan menjadi praktisi data yang andal! 

Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :