Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Belajar Membuat Rumus Excel SUMIF dengan AI ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 17-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-09-2024-04-22-063604_x_Thumbnail800.jpg

Excel merupakan spreadsheet yang populer dan sering digunakan untuk mengorganisir dan menganalisis data. Dengan menggunakan berbagai rumus dan fungsi yang tersedia di Excel, kalian dapat dengan mudah mengolah data apapun dan mendapatkan insight yang berharga untuk pengambilan keputusan


Namun kadang, Excel memiliki banyak rumus yang sulit untuk dihafalkan. Nah, dengan menggunakan Chat GPT, kalian bisa dengan mudah membuat rumus Excel tanpa harus menghafalnya. Bagaimana produk artificial intelligence satu ini dapat menyederhanakan proses analisis penjualan? Yuk simak tutorial berikut!


1. Fungsi SUMIF dalam Olah Data

Dengan menggunakan SUMIF, kalian dapat menghitung total dari sel-sel yang memenuhi kriteria yang ditetapkan secara lebih mudah. Misalnya dalam data penjualan, SUMIF dapat digunakan untuk menjumlahkan total penjualan dari produk tertentu atau dari wilayah penjualan tertentu. Dengan cara ini, kalian bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan secara lebih cepat untuk kepentingan penyusunan strategi pemasaran atau alokasi sumber daya.


Selain itu, SUMIF juga dapat digunakan secara fleksibel dengan memanfaatkan kriteria yang berbeda, seperti berdasarkan teks, angka, atau bahkan kriteria yang tergantung pada sel-sel lain dalam spreadsheet. Jadi, bisa dikatakan rumus SUMIF membantu menghemat waktu dan upaya dalam melakukan analisis data, serta mendukung pemahaman yang lebih dalam tentang pola dan tren yang ada dalam dataset.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Contoh Penggunaan Rumus SUMIF

Misalkan sebuah toko buku online ingin menganalisis penjualan buku-buku tertentu selama beberapa bulan terakhir. Data penjualan tersebut terdiri dari kolom-kolom seperti judul buku, kategori buku, harga, jumlah yang terjual, dan bulan penjualan. Kalian bisa menggunakan SUMIF untuk menganalisis total penjualan buku-buku dalam kategori tertentu selama bulan-bulan tertentu.

Artificial Intelligence


Dalam skenario ini, toko buku ingin mengetahui total penjualan buku Laskar Pelangi selama bulan Januari. Kalian dapat menggunakan SUMIF untuk melakukan ini dengan mencocokkan kolom Judul buku "Laskar Pelangi" dengan bulan "Januari", kemudian menjumlahkan banyaknya buku yang terjual.


Dengan menggunakan rumus tersebut, kita akan mendapatkan total penjualan buku "Laskar Pelangi" selama bulan Januari, yaitu 100. Ini memberikan pemahaman yang berguna bagi toko buku untuk memantau kinerja penjualan buku-buku dan membuat keputusan strategis yang lebih baik berdasarkan data tersebut.


3. Cara Membuat Rumus SUMIF dengan ChatGPT

Untuk memahami cara membuat rumusnya, kita gunakan data di atas dengan disalin terlebih dahulu pada Excel. Misalnya tata letak baris dan kolomnya adalah sebagai berikut.

Artificial Intelligence


Dalam contoh di atas, kalian bisa menjelaskan bahwa Excel memiliki lima kolom dan sebutkan range dari masing-masing kolom. Seperti Judul Buku di A1:A7 dan seterusnya. Detail range ini berfungsi agar ChatGPT mampu membuatkan rumus Excel yang lebih spesifik seperti kondisi Excel kalian sebenarnya. Sehingga nantinya, rumus yang diberikan cukup kalian salin ke Excel. Berikut detail contoh membuat rumus SUMIF lewat ChatGPT

Artificial Intelligence


Secara otomatis, ChatGPT akan membantu membuatkan rumus sesuai kondisi yang kalian deskripsikan. Contohnya seperti ini.

Artificial Intelligence


Kalian cukup salin rumus yang direkomendasikan pada Excel sebelumnya.

Artificial Intelligence

Rumus ini akan mencari nilai "Laskar Pelangi" di kolom "Judul Buku" (kolom A) dan akan menjumlahkan nilai di kolom "Terjual" (kolom D) yang sesuai dengan kriteria tersebut. 


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


4. Kegunaan ChatGPT Lainnya

ChatGPT memiliki berbagai kegunaan yang berkaitan dengan Excel. Pertama, ChatGPT dapat digunakan sebagai alat bantu untuk memberikan solusi cepat dan tepat terkait pertanyaan atau masalah yang berkaitan dengan penggunaan Excel. Misalnya, tentang rumus-rumus tertentu, fungsi-fungsi kompleks, atau cara menggunakan fitur-fitur khusus dalam Excel.


Kedua, ChatGPT dapat berperan sebagai pembimbing dalam mempelajari Excel. Pengguna dapat menggunakan ChatGPT untuk meminta panduan atau tips tentang cara menggunakan Excel secara efektif, memahami konsep-konsep dasar, atau bahkan meminta contoh-contoh latihan atau studi kasus untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang penggunaan Excel. 


Wah, ternyata ChatGPT sangat membantu untuk mempercepat pekerjaan analisis data, ya? Dengan ini kalian tidak perlu repot untuk menghapal setiap rumus Excel lagi. Cukup dengan menjelaskan secara detail pada ChatGPT apa yang kalian butuhkan, maka secara otomatis, rumus Excel yang diinginkan akan jadi.


Yuk, eksplorasi lebih jauh lagi penggunaan ChatGPT bersama DQLab. Modul ajar di platform ini dilengkapi studi kasus yang membantu kalian belajar memecahkan masalah dari berbagai industri. Jadi, tidak terbatas seperti contoh di atas, nih. DQLab juga mengintegrasikan modul dan ChatGPT , sehingga:

  • Membantu kalian menjelaskan lebih detail rumus yang sedang dipelajari

  • Membantu menemukan rumus yang salah atau tidak sesuai

  • Memberikan solusi atas problem yang dihadapi pada rumus

  • Membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Selain itu, DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Tunggu apa lagi, segera Sign Up dan persiapkan diri untuk menguasai Excel dari level apapun! 


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login