TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 3 Jam 7 Menit 11 Detik

Berikut Fitur Chat GPT untuk Permudah Proses Coding

Belajar Data Science di Rumah 12-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-09-2023-09-13-112939_x_Thumbnail800.jpg

Istilah kecerdasan buatan atau artificial intelligence beberapa tahun belakangan ini cukup sering muncul dan mencuri perhatian khalayak umum yang mengikuti trend perkembangan teknologi.


Padahal kita juga sering menonton atau bahkan menggunakan sendiri penerapan teknologi kecerdasan buatan tersebut. Dalam AI sendir terdapat berbagai penerapan, salah satunya seperti Chat GPT. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa fitur AI Chat GPT untuk coding DQLab.


Chat GPT merupakan suatu produk kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Open AI dan diluncurkan pada tahun 2022 lalu. Chat GPT kini pun sudah sering kita jumpai dalam website. Chat GPT tentu memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan.


Beberapa kelebihannya seperti dapat menjawab dengan cepat serta responsif serta menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Adapun kekurangannya antara lain dapat memberikan jawaban yang salah, perlu update dengan isi masa kini, dan tidak bisa menggeser pekerja kreatif.


1. Pemahaman Bahasa Alami yang Canggih

Seperti yang telah kita ketahui Chat GPT merupakan suatu layanan yang membantu pengguna dengan menjawab pertanyaan yang diberikan. Pada umumnya orang-orang mengajukan pertanyaan dalam Chat GPT tidak selalu menggunakan bahasa yang sangat formal.


Salah satu fitur dari Chat GPT antara lain mampu memahami bahasa alam manusia dengan canggih sehingga dapat menjawab pertanyaan yang diajukan dengan tepat sasaran.

Chat GPT


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Kecerdasan Buatan Tingkat Lanjut

Artificial intelligence atau kecerdasan buatan merupakan suatu bentuk dari kecanggihan teknologi yang penerapannya sangat sering kita jumpai di masa kini. Salah satu yang populer belakangan ini adalah Chat GPT, yang mana ini termasuk ke dalam kecerdasan tingkat lanjut yang mana dapat merespon teks dengan mudah.


Chat GPT tidak hanya dapat menjawab pertanyaan yang diajukan saja, melainkan dapat memberikan tutorial dan sebagainya.


3. Membantu Proses Coding

Chat GPT juga dapat berperan penting dalam proses coding. Coding atau pengkodean ini merupakan poin utama yang perlu dikuasai oleh para programmer atau praktisi data sekalipun, yang mana dalam proses kerjanya melakukan pengkodean yang berisi baris-baris perintah untuk dieksekusi oleh komputer.


Dalam eksekusinya, coding dapat digunakan pada berbagai tools dengan bahasa pemrograman yang digunakan masing-masing. Jika masih bingung terkait caranya, pengguna dapat mengetahui tutorial coding di Chat GPT.

Chat GPT


4. Pengenalan Pola

Chat GPT merupakan bagian dari artificial intelligence yang cara kerjanya salah satunya adalah dengan mengenali pola. Pengenalan pola dalam sistem AI ini memiliki tujuan untuk mengenali objek berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki oleh objek atau pola tersebut.


Dengan sistem pengenalan pola dalam Ai atau Chat GPT tentu memiliki peranan penting dalam proses tanya jawab dengan pengguna yang mampu mengajukan berbagai macam pertanyaan.

Chat GPT


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Chat GPT sama seperti beberapa teknologi Ai lainnya yang memiliki fungsi serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun dari semua itu ilmu dasar yang perlu dikuasai adalah data science.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :