SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 14 Jam 8 Menit 43 Detik

Buat CV Bidang Data Menarik dengan Optimalisasi ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 17-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-09-2024-05-19-091620_x_Thumbnail800.jpg

ChatGPT adalah salah satu teknologi canggih yang mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Dengan memanfaatkan Natural Language Processing, ChatGPT bisa diajak berinteraksi layaknya manusia. Teknologi ini bisa memahami, menerjemahkan, serta memberikan output yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak heran jika modern ini ChatGPT dimanfaatkan untuk membantu meringankan tugas manusia.


Salah satu kemampuan ChatGPT adalah bisa membuat Curriculum Vitae (CV). CV adalah dokumen penting yang bisa dijadikan sebagai gambaran seorang kandidat. User bisa memanfaatkan CV untuk proses screening awal. Membuat CV bidang data dengan bantuan ChatGPT dapat sangat membantu karena ChatGPT dapat memberikan saran, format, dan konten yang relevan. Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana menggunakan ChatGPT dalam membuat CV di bidang data. Yuk, simak pembahasannya!


1. Kumpulkan Informasi Pribadi dan Profesional

Artificial Intelligence

Tahapan awal sebelum memulai pembuatan CV di ChatGPT adalah kita harus sudah memiliki semua informasi penting yang ingin dimasukkan dalam CV, seperti:

  • Data pribadi, seperti Nama, alamat, nomor telepon, email.

  • Professional summary, yang berupa deskripsi singkat tentang diri kita dan tujuan karir yang ingin dicapai.

  • Pengalaman kerja. Kita bisa menjelaskan detail tentang pekerjaan sebelumnya, termasuk nama perusahaan, jabatan, dan tanggung jawab.

  • Pendidikan, seperti institusi, gelar, dan tanggal kelulusan.

  • Skill. Kita bisa memberikan informasi mengenai skill yang dimiliki, baik itu skill teknis maupun non teknis yang relevan.

  • Project. Jika kita memiliki project data yang pernah dikerjakan, kita bisa memberikan deskripsi project tersebut, terutama yang relevan dengan bidang yang akan di apply.

  • Sertifikasi, khususnya sertifikat yang relevan dengan bidang data.

  • Publikasi dan konferensi, seperti artikel yang diterbitkan atau presentasi yang pernah disampaikan.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Menulis Konten CV

Artificial Intelligence

Jika kita adalah pemula yang takut salah format dalam penulisan CV, kita dapat meminta ChatGPT untuk memberikan struktur CV yang tepat dan membantu menulis bagian-bagian spesifik dari CV. Misalnya:

ChatGPT Prompt:

“Tuliskan ringkasan profesional untuk CV bidang data dengan pengalaman 5 tahun di data analysis dan machine learning.”

Respon ChatGPT:

“Analis data berpengalaman dengan lebih dari 5 tahun di industri teknologi, mahir dalam analisis data dan pengembangan model machine learning. Memiliki keahlian dalam penggunaan Python, SQL, dan R untuk mengolah dan menganalisis data besar. Berhasil mengimplementasikan solusi data-driven yang meningkatkan efisiensi operasional dan mendukung keputusan bisnis. Berkomitmen untuk terus belajar dan menerapkan teknik analisis terbaru untuk memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti.”


Kita bisa memilih untuk langsung menggunakan hasil dari ChatGPT atau kembali mengedit nya jika terdapat informasi yang kurang sesuai dengan kebutuhan.


3. Optimasi dan Penyesuaian CV

Artificial Intelligence

Setelah melengkapi CV, kita juga bisa memanfaatkan ChatGPT untuk memberi saran agar bisa mengoptimalkan CV tersebut. Misalnya:

ChatGPT Prompt:

“Bagaimana saya bisa memperbaiki bagian pengalaman kerja dalam CV saya untuk posisi data scientist?”

Respon ChatGPT:

“Pastikan untuk menyertakan detail pencapaian spesifik yang dapat diukur. Misalnya, alih-alih menulis ‘Mengembangkan model machine learning,’ tuliskan ‘Mengembangkan model machine learning yang meningkatkan akurasi prediksi penjualan sebesar 15% dalam tiga bulan.’ Selalu gunakan kata kerja aksi dan fokus pada hasil yang dicapai.”


Dengan adanya optimasi seperti contoh di atas, kita bisa membuat CV kita terlihat lebih realistis karena ada angka yang bisa diukur.


4. Review dan Edit CV

Artificial Intelligence

Setelah CV kita telah selesai dibuat, kita bisa menggunakan ChatGPT untuk melakukan proofreading dan memberikan saran pengeditan.

ChatGPT Prompt:

“Tolong review CV saya untuk kesalahan tata bahasa dan berikan saran perbaikan”

Response ChatGPT:

ChatGPT akan memeriksa teks untuk kesalahan tata bahasa dan memberikan saran perbaikan atau perubahan untuk meningkatkan kualitas bahasa dan kesesuaian konten.

Adanya proses review dari ChatGPT bertujuan untuk membuat CV kita terhindar dari penggunaan bahasa yang tidak baku, serta mengurangi kesalahan (typo) penulisan dan tanda baca. 


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login