PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 6 Jam 46 Menit 52 Detik

Buat Rumus Excel dengan Chat GPT dengan Satu Kalimat

Belajar Data Science di Rumah 15-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-09-2023-08-15-212744_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini, excel menjadi basic tools yang sudah menjadi standar dalam pengolahan data di dunia industri. Hampir setiap recruitment yang berhubungan dengan data mencantumkan excel pada syaratnya. Sayangnya tidak semua orang ahli menggunakan excel dengan ribuan fitur dan formulanya. Kabar baiknya di era modern seperti saat ini, hal tersebut sudah tidak menjadi masalah karena saat ini teknologi human assistant sudah mulai masif dikembangkan. Hanya dengan mengetikkan pertanyaan yang ingin kita ketahui, kita bisa mendapatkan jawaban sedetail mungkin. Tidak hanya dalam bentuk text, namun penjelasan dalam bentuk gambar maupun video. 


Saat ini menulis rumus excel sudah tidak sulit karena kita bisa menggunakan teknologi human assistant untuk membantu kita mengembangkan rumus excel yang kita butuhkan. Salah satu teknologi human assistant yang sedang mendapat sorotan adalah ChatGPT, chatbot AI baru dari perusahaan artificial intelligence OpenAI. Dengan teknologi ini, kita tidak hanya bisa mencari informasi seperti wikipedia, namun kita juga bisa menulis rumus excel. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas cara menggunakan Chat GPT untuk mendapatkan rumus Excel yang kita butuhkan beserta cara menggunakannya. Penasaran? Let’s get started.


1. Mempersiapkan Data

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah data yang akan kita hitung menggunakan rumus excel. Dalam contoh ini, kita memiliki tabel sederhana yang berisi produk, layanan, harga yang diproyeksikan, dan harga aktualnya. Dengan menggunakan rumus Excel yang ditulis oleh ChatGPT, kita ingin menghitung selisih antara harga yang diproyeksikan dan harga sebenarnya untuk setiap produk atau layanan yang tercantum (Kolom D), dan subtotal Kolom B, C, dan D. berikut adalah contoh datanya.

Excel


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Masukkan Rumus yang Ingin Dicari

Pada step ini, kita harus membuka laman ChatGPT kemudian masuk ke akun OpenAI. Kita akan melihat screen new chat pada website Chat GPT. Di new screen chat, ketikkan pertanyaan kita di box send message... di bagian bawah layar obrolan. Kemudian tekan Enter pada keyboard.


Berdasarkan contoh di poin satu, kita ingin mengisi sel kolom Perbedaan (Kolom D) dengan jawaban dari mengurangkan nilai kolom C dan kolom B. kita bisa menuliskan pada box send message dengan pertanyaan ‘Please write an Excel formula subtracting the value in C2 from the value in B2’.

Excel


3. Copy Hasil Jawaban dari Chat GPT

Setelah kita enter pertanyaan kita, maka ChatGPT akan memberikan jawaban sebagai berikut.

Excel

Jika kita baca dari jawaban di atas, formula untuk mendapatkan selisih harga asli dan harga proyeksi adalah dengan mengurangkan value di kolom B2 dan C2. Kita harus copy formula tersebut pada lembar excel kita. Berikut adalah contohnya.

Excel


4. Drag Hingga Cell Terakhir

Pada step terakhir ini, kita akan mengisi semua value di kolom D. caranya mudah, setelah formula di-copy, kemudian tekan enter pada keyboard. Setelah itu, posisikan kursor pada kanan bawah cell D2 hingga membentuk tanda +. Setelah itu, tarik kursor hingga baris terakhir dan enter. Berikut adalah hasil akhir dari contoh kita.

Excel


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Yuk perdalam pemahaman kamu mengenai excel dan dibantu dengan chat GPT bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner berikut untuk informasi lebih lengkapnya!

Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login