Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Cara Mudah Akses ChatGPT & Fiturnya

Belajar Data Science di Rumah 27-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-09-2-2023-07-28-111341_x_Thumbnail800.jpg

Belakangan ini, ramai diperbincangkan soal teknologi chatbot yang bisa menjawab berbagai keperluan manusia. Yap, salah satunya adalah Chat GPT. Kini Chat GPT banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Usut punya usut teknologi ini dinilai lebih cerdas daripada Google. Mungkin selama ini kalian berpikir bahwa Google akan lebih banyak tahu segala hal yang pengguna ingin cari. Namun, sejak kemunculan Chat GPT justru ia bisa melakukan lebih banyak dari itu.



Sedikit berbeda dengan Chatbot pada umumnya, Chat GPT adalah Chatbot berbasis Machine Learning digunakan untuk membantu menghasilkan ide konten, esai, bahkan menyelesaikan pertanyaan matematika. Diluncurkan pada November 2022 lalu, platform ini telah memantapkan posisinya di berbagai perusahaan industri teknologi dan internet.



Berikut adalah beberapa fitur-fitur dari ChatGPT yang membuatnya menjadi salah satu model bahasa alami terbaik di dunia. Daripada penasaran, langsung aja yuk kita bahas ya fitur-fiturnya!



1. Memahami Lebih Lanjut ChatGPT

ChatGPT adalah singkatan dari "Chat Generative Pre-trained Transformer". Ini merujuk pada model bahasa yang dikembangkan oleh OpenAI, yang berbasis pada arsitektur Transformer dan diperkuat dengan teknik pembelajaran yang disebut pre-training.



ChatGPT adalah salah satu implementasi dari GPT (Generative Pre-trained Transformer), yang dirancang khusus untuk tujuan percakapan atau dialog. GPT sendiri adalah model yang menggunakan pembelajaran mesin berbasis jaringan saraf untuk menghasilkan teks yang terstruktur dan koheren. Model ini dilatih pada dataset yang sangat besar yang mencakup berbagai jenis teks, sehingga dapat mempelajari pola bahasa dan menghasilkan teks yang responsif dan informatif.



Dalam konteks ChatGPT, model dilatih menggunakan dataset yang mencakup dialog atau percakapan manusia. Hal ini membantu model untuk belajar bagaimana merespons dan berinteraksi dengan pengguna manusia secara lebih alami. ChatGPT bertujuan untuk memberikan pengalaman percakapan yang menyerupai berbicara dengan manusia melalui teks.



Baca juga: Bootcamp Machine Learning dan AI for Beginner


2. Pengetahuan Umum dengan Berbagai Topik

ChatGPT dilatih menggunakan dataset yang besar, yang mencakup berbagai topik dan domain. Oleh karena itu, ia memiliki pengetahuan umum yang luas dan dapat menjawab pertanyaan dalam berbagai bidang, seperti sains, sejarah, matematika, olahraga, dan banyak lagi.


3. Penjelasan, Konsep hingga Definisi

Jika kamu membutuhkan penjelasan tentang konsep, definisi, atau istilah tertentu, ChatGPT dapat memberikan penjelasan yang jelas dan informatif. Kamu dapat mengajukan pertanyaan tentang apa pun yang ingin kamu ketahui, dan ChatGPT akan berusaha memberikan informasi yang sesuai.


Baca juga : Artificial Intelligence vs Machine Learning


4. Bantuan Membuat Rumus dan Perhitungan

Jika kamu memerlukan bantuan dalam membuat rumus atau perhitungan, ChatGPT dapat membantu kamu. Kamu dapat memberikan informasi tentang tugas atau perhitungan yang ingin kamu lakukan, dan ChatGPT akan berusaha membantu kamu menyusun rumus yang benar atau memberikan contoh penggunaan rumus yang sesuai.



5. Menerjemahkan Teks

Jika kamu memiliki teks dalam bahasa asing dan membutuhkan terjemahan, ChatGPT dapat membantu kamu dalam menerjemahkan teks tersebut ke bahasa yang kamu inginkan. Ini dapat membantu dalam memahami teks asing atau berkomunikasi dengan orang yang berbicara bahasa yang berbeda.



DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 



Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab.id. Daftar sekarang dan kejar impianmu dengan ikuti Bootcamp Machine Learning dan AI for Beginner!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login